Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

33 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Pelajar Online yang Bikin Dompet jadi Beken

Pekerjaan sampingan bisa diartikan sebagai aktifitas yang tidak mengganggu kesibukan, Meskipun disebut pekerjaan sampingan, Tetapi bisa menghasilkan cuan. Pekerjaan sampingan online bisa dilakukan oleh siapa saja, Faktanya paling banyak pencari kerja sampingan online adalah mahasiswa dan pelajar, Sedangkan sisanya masyarakat umum.

Dinamika dunia kerja tak lepas dari dunia bisnis, banyak orang dengan berbagai cara melakukan pekerjaan sampingan online untuk menghasilkan cuan.

Meskipun tidak langsung menghasilkan uang, pekerjaan sampingan online cukup besar peminatnya seperti para mahasiswa dan pelajar.

Melansir dari laman Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menyebutkan bahwa terdapat peningkatan pencari kerja lebih dari 4 juta orang pada tahun 2022. Hal tersebut menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun persaingan kerja semakin kompetitif. Kaum Millenial, Gen Z, dan generasi selanjutnya harus lebih mahir dan cerdik agar dapat pekerjaan yang sesuai di masa yang akan datang.

Dari data BPS tersebut bisa kita simpulkan bahwa kompetisi pasar kerja sangat ketat dan harus ada solusi, Yaitu pekerjaan sampingan online. Pekerjaan sampingan online tidak bisa dianggap remeh, karena sudah banyak yang menggeluti.

Para pelajar dan mahasiswa sebaiknya mulai mencari peluang kerja sedini mungkin. Menjalankan usaha sampingan bisa dilakukan secara online yang penting ada niat dan usaha. Lalu apa saja pekerjaan sampingan online yang cocok yang bisa dicoba bagi pelajar mahasiswa?. Yuk, simak selengkapnya berikut ini

Jenis Pekerjaan Sampingan Online untuk Mahasiswa dan Pelajar
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak sekali peluang kerja sampingan bagi mahasiswa dan pelajar di era digital ini. Bahkan, beberapa di antaranya tidak menuntut kita untuk memiliki pengalaman terlebih dahulu. Justru pekerjaan tersebut yang akan menjadi bekal pengalamanmu. Berikut adalah pilihan pekerjaan sampingan online untuk pelajar dan mahasiswa

Kerja Sampingan sebagai Voice Over Online

Mengisi suara pada konten video, iklan, atau live event adalah tugas utama seorang voice over talent. Pekerjaan ini cocok Untuk mahasiswa pelajar sebagai sampingan yang bisa dilakukan secara online. Untuk bisa menggeluti bidang ini, kamu harus memiliki penekanan dan intonasi yang baik saat menyampaikan pesan.

Selain mengisi suara, kamu juga biasanya dituntut untuk dapat mengedit audio tersebut dengan meminimalkan suara bising selama perekaman suara. VO talent termasuk pekerjaan online yang mudah bagi pelajar karena bisa dilakukan di rumah. 

Kerja Sampingan Bisnis Produk Digital

Pekerjaan sampingan online selanjutnya adalah bisnis produk digital. Selain menjual barang fisik seperti baju, makanan, dan lain sebagainya, kamu bisa mencoba peluang bisnis produk digital. Produk digital sendiri mencakup penjualan aplikasi, software, ebook, hingga game. Tak perlu repot, kamu bisa menjualnya hanya menggunakan gadget saja lho!

Kerja Sampingan jadi Admin Online Shop

Berkecimpung dalam bisnis online, tidak melulu harus menjadi penjualnya. Kamu bisa mencoba peluang kerja sampingan sebagai admin online shop yang mana tugas utamanya adalah berkomunikasi dengan konsumen. Tak jarang kamu juga akan diminta untuk mengunggah foto dan membuat caption untuk menarik perhatian konsumen.

Kerja Sampingan Online Sebagai Youtuber

Masih memiliki keterkaitan dengan poin sebelumnya, kamu juga bisa mencari kerja sampingan tanpa modal sebagai Youtuber. Udah banyak contoh Youtuber asal Tanah Air yang sukses dan mendapatkan penghasilan cukup banyak setiap bulannya.

Angkanya juga lumayan bervariasi, ada yang mendapatkan ratusan ribu Rupiah hingga puluhan juta Rupiah tergantung jumlah penonton dan subscriber yang dimiliki.

Kerja Sampingan Sebagai Gamer Online

Kamu juga bisa mendapatkan uang dari bermain game dengan cara meningkatkan level karakter dan mengumpulkan barang berharga yang ada dalam sebuah permainan. Lalu setelah terkumpul banyak, kamu bisa menjual karakter tersebut di media sosial.

Hal semacam ini udah lumrah terjadi di kalangan gamers Tanah Air maupun internasional untuk menambah penghasilan tambahan. Nominal yang didapatkan berkisar di angka Rp250 ribu sampai Rp1 jutaan per karakter yang terjual.

Kalau mau lebih serius lagi, kamu bisa mencoba menjadi atlet E-Sport yang tentunya penghasilannya lebih besar lagi. Tertarik mencoba?

Jual Barang Bekas Online

Barang-barang yang gak terpakai di sekelilingmu bisa dimanfaatkan sebagai pendapatan tambahan. Caranya dengan menjualnya di online shop seperti Tokopedia, Shopee maupun Bukalapak.

Umumnya barang-barang tersebut berupa baju, celana, sepatu atau topi. Cuan yang dihasilkan sangat tergantung dari harga barang tersebut dan kondisinya ya. Kisaran uang uang bisa didapatkan berada di angka Rp 100 ribuan hingga Rp 1 jutaan tergantung berbagai faktor.

Pekerjaan Sampingan Jasa Pembuat Website

Di era digitalisasi ini, banyak pengusaha atau pedagang kecil yang ingin memanfaatkan produk atau jasanya lewat website internet. Jika kamu mempunyai keahlian dalam membuat website, bisa nih digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pertama-tama kamu bisa menawarkan jasa ini ke teman terdekat. Lalu bila hasilnya memuaskan, bisa mengiklankan secara gratis di akun media sosial pribadi.

Pemasukan yang bisa kamu dapatkan dari kerja sampingan online tanpa modal ini berkisar Rp250 ribuan hingga Rp2 jutaan per proyek. 

Kerja Sampingan Jadi Freelance Writer

Pekerjaan sampingan online untuk pelajar mahasiswa yang cukup terkenal adalah menjadi freelance writer. Freelance sendiri adalah istilah yang merujuk pada tipe pekerjaan lepas. Kalau kamu hobi menulis, kamu bisa mengambil peluang kerja yang satu ini. Gunakan kata kunci tersebut saat mencari pekerjaan di Job Portal.

Banyak media di Indonesia yang seringkali membutuhkan freelance writer, misalnya seperti IDN Times, Kumparan, Remotivi, dan media lainnya. Untuk hasil yang maksimal, pastikan kamu melakukan banyak latihan seperti membaca banyak topik hingga melatih kemampuan menulis.

Freelance Graphic Designer

Selain dalam bidang kepenulisan, graphic designer juga cukup banyak dicari saat ini. Pekerjaan utama seorang freelance graphic designer adalah membuat desain bagi klien. Desain tersebut bisa untuk keperluan poster, produk, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu bisa membuat portofolio yang menarik secara visual lho!

Untuk mendapat perhatian calon konsumen, kamu bisa menawarkan jasamu dengan strategi Word of Mouth yaitu mulut ke mulut melalui teman ataupun mempromosikannya melalui akun sosial media kamu.

Freelance Video Editor

Konten visual baik gambar maupun video merupakan salah satu jenis konten yang sangat disukai masyarakat. Tak heran apabila pekerjaan freelance video editor cukup banyak dicari saat ini. Biasanya influencer yang menggunakan YouTube sebagai channel utamanya membutuhkan video editor.

Untuk mengedit video yang menarik, tentu dibutuhkan skill yang mumpuni seperti menggunakan aplikasi pengedit video seperti Adobe Premiere Pro, Lightworks, Final Cut Pro, Sony Vegas, dan aplikasi lainnya.

Freelance Data Entry

Memasukkan atau menginput data penting merupakan tanggung jawab utama seorang freelance data entry. Kalau kamu menguasai Microsoft Excel dan memahami data berupa angka, kamu bisa coba peluang kerja online yang satu ini. Selain terhitung mudah, penghasilan yang kamu dapatkan cukup menjanjikan.

Bisnis Online

Apabila kamu suka berjualan atau memiliki minat dalam berwirausaha, kamu bisa coba bisnis online. Satu hal yang wajib kamu lakukan selama berbisnis adalah konsisten. Contoh barang yang bisa kamu jual adalah makanan ringan, kue, kerajinan tangan, hampers, dan lain sebagainya.

Sama seperti freelance graphic designer, kamu bisa menarik calon konsumen melalui strategi Word of Mouth dan promosi melalui sosial media. Buatlah campaign yang unik sehingga calon konsumen melakukan transaksi.

Kerja Sampingan sebagai Dropshipper

Serupa dengan poin yang sebelumnya, pekerjaan online untuk pelajar yang satu ini tidak perlu memikir persediaan barang hingga pengiriman barang. Mengapa demikian? Sebab yang menyediakan barang dan mengirimkannya adalah pihak supplier. Tugas seorang dropshipper adalah menarik konsumen untuk membeli barang tersebut.

Singkatnya, dropshipper berperan sebagai perantara antara konsumen dengan supplier. Penghasilan yang kamu dapatkan berasal dari keuntungan barang yang dijual. Tidak terlalu merepotkan dan cocok untuk pelajar mencari pengalaman berwirausaha.

Kerja Sampingan jadi Reseller

Apabila dropshipper cukup menarik konsumen, reseller mengatur persediaan barang sekaligus mengirimkannya. Baik dropshipper maupun reseller, keduanya sama-sama menjual barang dari supplier atau tangan pertama. Keuntungan yang mereka dapatkan berasal dari laba penjualan barang.

Penerjemah Online

Apakah kamu jago berbahasa asing? Jika iya, maka pekerjaan translator atau penerjemah cocok untukmu. Biasanya pekerjaannya seputar menerjemahkan dokumen hingga menerjemahkan transkripsi percakapan. Istilah lain dari pekerjaan ini yang cukup banyak dicari adalah localization atau lokalisasi sehingga hasil terjemahan terasa familiar bagi para pembacanya.

Kerja Sampingan Guru privat Online

Menjadi guru privat atau biasa dikenal dengan sebutan guru les merupakan jalan ninja sebagian pelajar di Indonesia. Saat ini, banyak platform yang membantu kamu untuk menawarkan jasa privat. Tak hanya itu, banyak juga startup edutech yang seringkali membutuhkan guru privat untuk mengajar muridnya secara online.

Pekerjaan tersebut bisa kamu cari melalui Job Portal. Tak lupa untuk membuat CV dan cover letter yang baik agar lamaranmu dapat dipertimbangkan ya!

Guru Musik Online

Tak hanya pelajaran formal saja, kamu juga bisa mencoba menjadi guru musik. Baik itu pekerjaan paruh waktu atau freelance, pekerjaan online bagi pelajar yang satu ini cukup menjanjikan. Hal yang harus kamu kuasai tentunya alat musik tertentu dan membaca tangga nada. Terlebih, kalau kamu sangat mencintai musik maka kamu dapat bekerja sekaligus menjalankan hobi. Menyenangkan bukan?

Fotografi

Kerja online untuk pelajar yang cukup banyak peminatnya adalah fotografi. Apabila kamu memiliki foto-foto berkualitas bagus dan beresolusi tinggi di galeri, cobalah menjualnya melalui situs jual beli foto. Contohnya adalah iStockphoto, Dreamstime, dan Shutterstock. Tentunya penghasilan yang kamu dapatkan cukup memuaskan.

Influencer

Pekerjaan terakhir yang cocok untuk pelajar lakukan secara online adalah menjadi influencer atau endorser product. Sebagai influencer, biasanya kamu mendapatkan penghasilan dengan mempromosikan produk atau bisnis kepada para pengikutmu. Bidang pekerjaan ini sangat bergantung pada peran sosial media. Jadi, skill utama yang harus kamu miliki adalah menggunakan sosial media untuk menarik audiens.

Pekerjaan sampingan online yang Mana yang Cocok Untukmu? Cukup pilih salah satu saja pekerjaan sampingan online yang bisa kamu lakukan. Sesuaikan dengan bidang masing-masing supaya maksimal dan berkesinambungan karena jika konsekuen pastinya akan memiliki penghasilan yang menjanjikan.

Setiap pekerjaan tersebut memerlukan kemampuan khusus yang tidak bisa disamaratakan. Pilihlah pekerjaan sampingan yang membuatmu nyaman dan jangan lupa untuk selalu optimis akan masa depan. Itulah ulasan tentang pekerjaan sampingan online untuk mahasiswa dan pelajar