Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pertempuran 13 Februari 1942 Jepang Menyerang Palembang



Peristiwa Sejarah pada bulan Februari 1942 adalah Pertempuran Palembang melawan Jepang yang terjadi mulai pada tanggal 13 Februari 1942. Pertempuran ini adalah bagian dari pertempuran di kawasan Pasifik pada Perang Dunia II.

Pertempuran Palembang ini di fokuskan pada Kilang minyak Shell di dekat Plaju dan Sungai Gerong, tujuan utama Kekaisaran Jepang menyerang Palembang karena embargo minyak yang dilakukan terhadap Jepang oleh Amerika Serikat, Belanda dan Inggris Raya.

Dengan persediaan bahan bakar dan lapangan udara yang banyak, Palembang merupakan basis militer yang potensial baik untuk sekutu maupun Jepang.

13 Februari 1942 pagi hari, tentara Jepang menyerang Kota Palembang, persiapan dilaksanakan dari pangkalan militer perang Jepang di Malaysia dengan kekuatan udara Jepang bersiap menyerang Palembang yang saat itu masih diduduki oleh Belanda. Kekuatan Angkatan Laut Jepang juga ikut bergerak menuju Palembang.

Akhir Pertempuran Palembang
 


Pada 15 Februari 1942 sore hari, Jepang menginginkan semua pesawat Sekutu diperintahkan ke Jawa. Unit udara Sekutu pun telah ditarik dari Sumatera bagian selatan pada 16 Februari 1942 malam.

Sementara anggota lainnya dievakuasi lewat Bandar Lampung menggunakan kapal ke Jawa atau India. Dengan begitu, Jepang berhasil memenangkan Pertempuran Palembang atas Sekutu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertempuran Palembang 1942: Latar Belakang, Kronologi, dan Akhir"