Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Asal Mula julukan Negara Paman Sam Amerika


Apa yang anda ketahui tentang Negara / Negeri Paman Sam? Istilah julukan untuk negara Amerika yang sudah tidak asing dengan kita dan seringkali kita dengar. Julukan negara paman sam untuk negara amerika memiliki sejarah yang unik.

Banyak negara di dunia yang memiliki julukan dari ciri khas negara tersebut. Misalnya Australia dijuluki negara Kanguru karena hewan kanguru berasal dari sana, atau Jepang dijuluki Negeri Sakura karena dari negara tersebutlah bunga Sakura berasal. 

Namun agak berbeda dengan Amerika Serikat, yang memiliki julukan negeri Paman Sam. Sebenarnya apa dan siapa paman Sam ini dan mengapa namanya tercatut jadi julukan negara Amerika? Berikut penjelasannya.

Mengutip dari Britannica dari laman viva.co.id, hal ini bermula dari seorang pria bernama Samuel Wilson yang berprofesi sebagai pedagang daging yang berasal dari New York. selama Perang Dunia 1812. Saat itu, Samuel bertugas mengirimkan daging ke medan perang. Lalu pada barrel atau tong berisi daging, ia membuat cap bertuliskan U.S yang artinya United States. Namun, para tentara berkelakar dan mengia bahwa U.S tersebut adalah kepanjangan dari Uncle Sam atau Paman Sam.

Mendengar kesalahpahaman yang lucu tersebut, surat kabar lokal memuat dan menyebarkan cerita itu hingga julukan Paman Sam bagi pemerintahan federal Amerika Serikat diterima luas. Paman Sam, Julukan yang Disematkan untuk Amerika Serikat.

Setelah itu, nama Paman Sam pun dikenal. Pada akhir 1860-an hingga 1870-an, seorang kartunis politik bernama Thomas Nast mulai mempopulerkan kartun “Paman Sam”. Dalam kartun buatan Nast, “Paman Sam” digambarkan sebagai pria berjanggut putih serta mengenakan setelan bintang-dan-garis.

Selain Nast, seniman James Montgomery Flagg juga ikut mempopulerkan gambar fisik Paman Sam. Dalam versi Flagg, “Paman Sam” digambarkan sebagai pria yang memakai topi tinggi dan jaket biru dengan jari menunjuk lurus ke depan. Bahkan, saat Perang Dunia I, kartun “Paman Sam” buatan Flagg ditambah tulisan “I Want You For The US Army” yang digunakan sebagai poster untuk merekrut tentara Angkatan Darat AS untuk berperang. Poster itu pun jadi sangat terkanl dan tak hanya di Amerika namun juga hingga internasional. Hingga kini, nama Paman Sam dan sosok Paman Sam masih digunakan dimana - mana