Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

inilah 15 Ikan Hias paling Mahal di Dunia Bisa ratusan juta Harganya

Deretan ikan mahal di dunia dibawah ini memilik harga mahal bahkan hampir tak masuk akal, tetapi faktanya banyak kolektor ikan hias berlomba untuk memelihara sebagai koleksi.

Memelihara jenis ikan hias mahal ini juga tak boleh sembarangan. Sejumlah ikan memerlukan perawatan khusus yang juga membutuhkan biaya lebih.

Jenis ikan hias mahal bisa mencapai harga ratusan juta rupiah. Berikut 17 jenis ikan ikan hias mahal di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber

Ikan Termahal di Dunia #Cichlid louhan
Louhan Cichild salah satu ikan termahal di dunia

Cichlid louhan atau Flowerhorn Cichlids dikembangkan dan dipopulerkan di Malaysia, Thailand, dan Taiwan pada tahun 1990-an. Ikan ini sebenarnya adalah hibrida dari empat spesies Cichlid Amerika Tengah yang terkait erat: keduanya adalah dua spesies Red Devil, Midas, dan Quetzal Cichlids.

Garis keturunan campuran mereka adalah upaya yang berhasil untuk menggabungkan dan memaksimalkan punuk nuchal jantan, pola biru kebiruan, hitam dan merah, bibir yang menonjol, dan sirip yang mengalir dari orang tua mereka menjadi satu ikan. Ikan termahal yang pernah ditemui berharga Rp 8 milyar.

Ikan Termahal di Dunia #Arwana Asia
Arwana salah satu ikan termahal di dunia
Arwana Asia, atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini masuk kedalam daftar ikan mahal di dunia. Di Asia, jenis ikan mahal ini menjadi simbol kemakmuran. Nama Cina mereka diterjemahkan menjadi "Ikan Naga," menggambarkan sirip mereka yang mengalir, dan sisik yang besar dan cerah. Harga ikan ini bisa mencapai Rp 14 juta sampai Rp 400 juta.

Ikan Termahal di Dunia #Neptune Grouper
Neptune Grouper salah satu ikan termahal di dunia

Neptune Grouper adalah ikan akuarium yang indah dan sangat berharga. Dengan tubuh berwarna merah jambu/oranye, dengan garis-garis kuning, ikan ini benar-benar unik dalam penampilan. Ikan ini biasanya lebih mahal sebagai remaja, karena mereka merasa lebih mudah untuk beradaptasi dengan kehidupan tangki daripada spesimen yang lebih tua. Harga ikan hias mahal ini bisa mencapai Rp 8 juta.

Ikan Termahal di Dunia #Masked Angelfish
salah satu ikan termahal di dunia

Masked Angelfish (Genicanthus personatus) adalah spesies endemik Hawaii. Jenis ikan hias mahal ini bisa mencapai harga Rp 300 juta. Masked Angelfish hanya dikembangbiakkan di penangkaran beberapa kali, membuat mereka menjadi salah satu ikan yang paling mahal untuk dikoleksi. Angelfish muda betina berwarna putih dengan tanda hitam, sementara jantan dewasa memiliki topeng dan sirip oranye cemerlang.

Ikan Termahal di Dunia #Clarion Angelfish
salah satu ikan termahal di dunia

Clarion Angelfish adalah salah satu ikan hias air asin paling terkenal. Mereka berasal dari Pasifik Tengah Timur dan mencapai panjang 10 inci. Mereka memiliki tubuh berwarna kuning, dengan garis-garis biru cerah yang mengalir di tubuh dan wajah mereka. Sirip mereka juga berujung dengan warna biru cerah yang sama. Jenis ikan hias mahal ini biasanya dikembangbiakkan di Bali dan harganya berkisar dari Rp 36 juta hingga Rp 40 juta tergantung pada ketersediaannya saat dibeli.

Ikan Termahal di Dunia #Basslet Bladefin
Basslet Bladefin salah satu ikan termahal di dunia

Ikan kecil yang lucu ini biasanya ditemukan di Karibia. Alasan kelangkaan dan harganya yang mahal adalah karena sangat kecil dan sulit ditangkap. Karena faktor-faktor ini, Bladefin Basslet dihargai masing-masing sepuluh ribu dolar atau mencapai Rp 145 juta. Ikan ini berwarna indah dan dapat ditemukan bervariasi dari putih hingga oranye terang. Ikan dengan panjang setengah inci ini adalah salah satu yang paling dicari oleh kolektor dan peminat.

Golden Basslet

Golden Basslet dianggap sebagai salah satu ikan yang paling dicari di dunia. Ikan ini ditemukan jauh di dalam laut dan merupakan salah satu ikan yang sulit ditangkap oleh penyelam. Golden Basslet bisa dibanderol hingga Rp 100 juta.

Izumo Nankin Goldfish

Ikan mas adalah pemandangan umum di toko hewan peliharaan di seluruh dunia. Namun, Izumo Nankin adalah varietas yang sangat langka dari Jepang. Dikembangkan sekitar tahun 1750 di Prefektur Shimane modern, Izumo Nankin adalah ikan top-view yang ditujukan untuk kolam.

Bentuk segitiga tanpa sirip punggung memberikan penekanan pada pola punggung yang berani dan ukuran yang kuat dari Ikan Mas ini. Harga ikan ini mencapai Rp 2 juta sampai 4 juta untuk 2-3 inci ukuran seekor ikan.

Arapaima

Arapaima merupakan jenis ikan hias mahal dengan ukuran besar. Arapaima gigas, juga dikenal sebagai pirarucu, adalah spesies arapaima asli lembah Sungai Amazon. Ikan ini memiliki ukuran 7-12 kaki. Arapaima akan mengkonsumsi apa saja yang bisa masuk ke dalam mulut mereka yang luas; ikan, burung, reptil, mamalia berenang, serangga, dan banyak lagi. Arapaima dibanderol mulai dari Rp 2 juta sampai puluhan juta jika sudah dewasa.

Royal Clown Loach

Royal Clown Loaches adalah anggota terbesar dari keluarga Botiid. Royal Clown Loaches pemalu, karnivora nokturnal, seperti Botiids lainnya. Namun, ukuran, kecepatan, dan mulutnya yang besar memungkinkan mereka untuk menelan ikan yang lebih kecil dengan mudah. Harga ikan ini bisa mencapai Rp 2 juta.

Discus

Discus adalah beberapa ikan yang paling tidak biasa dan paling mahal yang biasa terlihat di toko hewan peliharaan. Ikan cantik ini sangat cerdas, dan setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda. Seperti ikan cupang, Discus dengan cepat belajar mengenali pemeliharanya dan dapat diajari untuk makan langsung dari tangan pemiliknya. Jenis ikan hias mahal bisa dibanderol dengan harga Rp 20 juta.

Zebra Pleco

Pleco kecil ini berasal dari wilayah Big Bend di Rio Xingu, anak sungai Amazon. Perairan ini mengalir deras, teroksigenasi dengan baik, dan murni, yang membuatnya lebih sulit untuk dipelihara daripada Plecostomus biasa dan beberapa ikan paling mahal. Harga ikan ini bisa dibanderol mulai Rp 2 juta.

Blue Eyed Pleco

Pleco Bermata Biru dan kerabatnya (spesies Panaque) adalah spesialis pengumpan kayu apung. Tanpa akses ke kayu yang tergenang air bergizi mereka akhirnya akan lemas dan mati. Setelah dewasa sepenuhnya, Pleco Bermata Biru menumbuhkan kumis berbulu tebal di sepanjang insang dan duri di duri dada mereka, memberi mereka penampilan yang garang. Harga ikan ini bisa mencapai Rp 8 juta.

Pari Polka Dot

Ikan pari kecil namun berwarna mencolok ini berasal dari Lembah Sungai Xingu di Brasil, tempat mereka berburu invertebrata seperti udang dan kerang. Ikan Pari Polka Dot memiliki rahang yang kuat untuk melahap mangsanya, cangkangnya, dan semuanya. Dan sesuai dengan namanya, mereka juga memiliki duri berbisa di sepanjang ekornya untuk mencegah pemangsa. Ikan ini kerap jadi incaran para kolektor ikan hias. Harga pari polkadot bisa mencapai Rp 5 juta sampai Rp 20 juta.

Peppermint Angelfish

Angelfish sangat populer sebagai ikan hias. Tapi jenis Peppermint Angelfish adalah varietas yang sangat langka. Ikan berpita putih dan merah berwarna cerah ini sangat sulit ditangkap di terumbu. Dilansir dari The Spruce Pets, dengan panjang 2,5 inci, konon ini adalah ikan karang paling mahal per incinya. Peppermint Angelfish bisa dibanderol hingga Rp 400 juta.