Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

123 Bisnis modal kecil Untung Besar untuk Pelajar

Di era digitalisasi saat ini faktor usia bukan alasan untuk menjalankan bisnis. Mungkin hanya sebagian kecil anak sekolah yang menjalankan bisnis, Karena asumsi masyarakat bahwa pelajar jangan dulu bisnis fokus saja belajar.

Kendati demikian, Lambat laun asumsi tersebut pudar seiring pesatnya peluang bisnis di era milenial saat ini. Pelajar bisa menjalankan bisnis dari rumah dengan bimbingan atau dampingan orang tua. Artinya seorang pelajar ketika terjun berbisnis perlu mendapatkan support dari lingkungan atau keluarga sebagai salah satu penunjang agar bisnis yang dijalankan berkembang.

Lalu apa saja bisnis yang cocok untuk pelajar? Kalau misalnya permasalahan nya di modal, Apakah ada bisnis modal kecil untuk pelajar tapi hasilnya besar? tentu Ada, Berikut beberapa pilihan terbaik tentang pilihan atau ide Bisnis modal kecil untung besar untuk pelajar:

Reseller atau Dropshipper

Meskipun kamu masih pelajar, Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk yang sedang tren. Misalnya, mainan atau aksesori yang sedang digemari teman-temanmu. 

Untuk mendapatkan produk tersebut, kamu bisa mencarinya di toko dekat rumah atau toko online yang meyediakan jasa reseller atau dropshipper. Setelah itu, jangan lupa mempromosikan secara langsung ke teman atau lewat media online.

Cuci Motor

Bisnis yang bisa menjadi pilihan buat kamu seorang pelajar adalah membuka jasa cuci motor di rumah. Kamu hanya perlu memanfaatkan halaman rumah, kamu sudah bisa memulai bisnis ini.

Untuk modalnya pun murah, kamu hanya butuh selang, air, dan juga sabun cuci. Meski terlihat sederhana, bisnis ini bisa menjanjikan keuntungan, apalagi jika di musim hujan. Di mana, banyak orang yang akan sering mencuci motornya.

Menjual Kerajinan Tangan

Kreasi bisnis bagi pelajar juga cocok menjalankan bisnis kerajinan. Bagi kamu yang suka membuat kreasi seperti sulam, gelang tangan, boneka dari benang wall, dan sebagainya, kamu bisa mulai menjual kerajinan tangan.

Selain hobi mu tersalurkan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa besar. Apalagi saat ini banyak orang Indonesia yang telah membuktikan kesuksesan bisnis kerajinan tangan hingga ke luar negeri. Peluang usaha yang menggiurkan bukan?

Makanan Ringan

Banyak remaja yang suka ngemil dan membawa cemilan ke sekolah ataupun ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Nah, kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ini dengan menjual makanan ringan bagi teman-temanmu. 

Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa kamu jual, mulai dari kerupuk makaroni, chiki, wafer, dan sebagainya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok bagi kamu yang masih pelajar dan ingin memulai usaha dengan modal minim, bahkan di bawah Rp50 ribu.

Selebgram

Bagi kamu yang suka eksis di sosial media, khususnya Instagram, kamu bisa menjadi seorang selebgram. Hanya dengan bermodal jumlah followers yang banyak dan engagement yang cukup besar, kamu bisa menjadi seorang selebgram.

Kamu bisa mulai dengan membuat content yang menarik dan mengundang banyak interaksi untuk meningkatkan followers dan engagement. Setelahnya, kamu hanya perlu menunggu brand atau bisnis meminta bantuan kamu untuk mempromosikan produknya. Untuk penghasilan, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Endorser

Jika kamu memiliki pengikut di media sosial, maka bisa memanfaatkan peluang itu untuk menjadi endorser. Nantinya kamu diminta untuk me-review produk dan mempostingnya di akun media sosial kamu.

Freelance Writer

Bagi yang hobi menulis, menjadi freelance writer adalah pilihan yang tepat. Tak cuma menyalurkan hobi, tapi hasil dari tulisanmu bisa menghasilkan uang.

Beberapa perusahaan atau media biasanya membuka kesempatan menjadi freelance writer yang dibayar per artikel.

YouTuber

Dibanding hanya menjadi penonton channel YouTube, kamu bisa menjadi YouTuber. Bagi pelajar sudah banyak lho yang sukses jadi youtuber dengan menghasilkan konten dan mendapatkan penghasilan.

Tapi kamu harus kreatif untuk menciptakan konten yang menarik dan cocok untuk kamu serta memiliki ciri khas. Beberapa di antaranya, review barang, tutorial, traveling, masak atau fashion. Kamu bisa menggunakan smartphone yang dimiliki untuk syuting. Sementara untuk mengedit pun, bisa melihat tutorialnya di internet. Setelah itu, video tinggal di-upload.

Kursus untuk anak-anak

Jika saat ini kamu pelajar SMA, maka kamu bisa memberikan kursus untuk anak-anak yang usianya di bawah kamu. Misal untuk anak SMP atau SD.

Jualan Makanan

Bisnis lainnya yang bisa kamu jajal adalah jualan makanan. Bagi yang hobi memasak atau membuat kue, bisa banget bisnis kuliner nih dengan menjual makanan ke teman di sekolah, dititipkan ke warung atau lewat media sosial.

Menjual Karya Seni

Selain menjual makanan, kamu juga bisa menjual karya seni. Misalnya kamu jago menggambar, desain atau membuat pernak-pernik, enggak ada salahnya untuk membuatnya dan menjualnya di kala senggang atau libur sekolah.

Fotografer

Bagi kamu yang gemar fotografi, bisa menawarkan jasa foto untuk acara-acara tertentu atau foto produk. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya langsung secara online ke www.istockphoto.com, shutterstock.com dan lainnya untuk mendapatkan royalti jika foto terjual.

Admin Media Sosial

Bisnis lain yang bisa jadi peluang usaha bagi anak sekolah adalah admin media sosial. Namun untuk menjadi admin media sosial, kamu perlu mengetahui topik yang bakal jadi bahan untuk di posting.

Nah, itulah beberapa pilihan bisnis yang cocok untuk pelajar untuk menghasilkan uang. Kamu berminat untuk mencoba salah satunya