Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Sukses Memulai Usaha Tralis

 

Bisnis bengkel tralis merupakan salah satu usaha rumah tangga yang bisa mendatangkan penghasilan besar, karena prospek pelanggan nya terbuka luas. Usaha tralis menyasar seluruh rumah tangga baik di desa maupun kota.

Saat ini penggunaan tralis mencakup pembuatan pagar rumah, pintu dan jendela. Sama halnya usaha atap spandek, pelanggan nya juga banyak.

Di samping sebagai pengaman rumah, Pemasangan tralis sebagai keharusan karena material kayu sudah semakin jarang digunakan. Prospek bisnis tralis bisa anda jalankan dari rumah atau sewa ruko di pinggir jalan.

Peluang usaha bengkel las tralis sudah pasti menyangkut produk lain, biasanya pembeli tidak hanya membuat tralis tapi juga menyediakan pembuatan Kanopi, rak jemuran, rak bunga, dan lain-lain. Usaha tralis tidak akan ada matinya selama ada pembangunan rumah. Jika kamu ingin mencoba memulai usaha tralis, simak Cara sukses untuk pemula dibawah ini.

7 Tips Sukses Memulai Usaha Tralis

Untuk memulai usaha tralis perlu di buat perencanaan yang matang baik dari segi modal usaha maupun keterampilan yang dimiliki. Sisi manajemennya harus bisa ditampilkan agar usaha ini tidak mandeg atau gagal ditengah jalan. Untuk itu perlu strategi dan tips memulainya. Apa saja tips-tipsnya? Mari ikuti penjelasan berikut ini.

Modal

Setiap usaha pasti perlu modal yaitu berupa dana yang siap digunakan untuk membeli atau menyewa tempat usaha dan membeli perlengkapan peralatan usaha serta bahan baku.

Dalam usaha tralis, modal dihitung dengan cermat karena modal ini memegang peranan penting.


Lokasi

Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau membuat bengkel usaha tralis bisa dengan mudah dilihat oleh masyarakat. Tempat usaha tralis juga harus memiliki luas yang cukup untuk menampung pekerjaan dan bahan baku, dan harus mempunyai instalasi listrik yang memadai dan kapasitas besar untuk menunjang power dari mesin-mesin produksi.

Lokasi bengkel dan kantor bisa saja menjadi satu namun tetap ruangan kantor diberikan space yang cukup sebagai pusat administrasi dan promosi kepada calon pengguna jasa.

Peralatan dan perlengkapan produksi

Dalam usaha tralis dibutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang menunjang proses produksi. Alat-alat yang dibutuhkan seperti peralatan las, peralatan potong metal, peralatan finishing seperti gerindra tangan, alat cat duco dan alat poles.

Kemudian alat bantu lainnya seperti meteran, palu, amplas, kikir, kuas, tang, compressor dan lain-lain. Perlengkapan dan peralatan ini wajib dimiliki untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan tralis.


Bahan baku

Bahan baku dalam usaha tralis ini adalah besi batangan. Besi-besi ini dibentuk berdasarkan desain yang dipilih pembeli. Karena fungsi tralis tidak hanya sebagai pengaman dan pembatas ruangan namun juga sebagai desain interior mempercantik ruangan maka sebagai pemilik tempat bengkel las harus bisa memberikan berbagai pilihan desain dan motif.


Kendaraan

Ketersediaan kendaran yang bisa memudahkan urusan operasional seperti mengantar tralis yang telah selesai ke pembeli. Biasanya berupa mobil pick up.


Karyawan

Untuk mengerjakan proses desain motif tralis yang diinginkan pembeli maka diperlukan jasa desainer tralis dan juga karyawan bagian produksi. Bisa merekrut dari lulusan sekolah kejuruan. Karyawan diberi arahan dalam melakukan tugas dan diberi pengawasan.

Hal-hal tersebut perlu mendapat perhatian jika ingin memulai usaha tralis. Selanjutnya dilakukan usaha promosi agar usaha anda dikenal luas dan yang terpenting adalah selalu memberikan kualitas dan pelayanan yang ramah kepada pengguna jasa atau pembeli. Selamat berwirausaha.