Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peluang Usaha Aquascape


Belakangan ini muncul sebuah hobi baru yang berkaitan dengan dunia air dan ikan hias. Namanya aquascape. Walau belum terlalu familiar namun mulai menunjukkan banyak peminatnya. Aquascape merupakan kegiatan mendekorasi aquarium dengan membuat pemandangan yang menyerupai pemandangan di bawah air.


Perbedaan dengan aquarium adalah jika aquarium hanya fokus pada pemeliharaan satu atau dua jenis ikan saja sedangkan aquscape menggabungkan beberapa unsur yang bisa dibuat menjadi suatu tema pemandangan. Unsur seperti kayu, batu, tanaman bawah air dan pasir di buat secara seni, ketelitian dan kesabaran tinggi agar bisa menampilkan pemandangan bawah air yang diinginkan.


Dalam aquascape, ikan hias tidak menjadi unsur yang penting seperti pada aquarium. Ikan hias dibutuhkan yang bentuknya kecil-kecil saja agar tidak merusak tanaman dan bisa di tambahkan udang hias dan keong laut.


Usaha aquascape mulai diminati seiring dengan adanya permintaan untuk pembuatan aquascape. Tidak semua orang bisa membuat aquascape yang bernilai estitika tinggi. Namun banyak orang yang menggemari pemandangan aquscape, bisa ditaruh dalam ruangan untuk menambah interior agar suasana menjadi santai dan nyaman.


Aquascape bisa di buat dengan air tawar maupun air laut. Disesuaikan dengan permintaan konsumen. Efek yang bisa menenangkan dan membuat mata segar serta mempercantik ruangan di rumah membuat permintaan aquascape mulai naik. Usaha aquascape pun menjadi peluang usaha yang bisa diperhitungkan untuk menghasilkan keuntungan.


Usaha aquascape bisa dilakukan sebagai usaha rumahan. Sebagai pemula anda bisa mulai dengan menjual berbagai perlengkapan untuk membuat aquascape seperti aquarium dengan berbagai ukuran, pasir, batu hias, peralatan, aksesoris dan ikan hias. Anda bisa mencoba untuk melakukan budidaya tanaman air dan ikan hias yang biasanya digunakan di aquscape.



Jika sudah memahami seluk beluk aquascape, anda bisa menambah peluang usaha aquascape dengan menyediakan jasa set up aquascape, mulai dari membuat desain sampai eksekusi memasukkan unsur-unsur yang diperlukan. Pelajari berbagai desain unik yang bisa anda cari di internet atau belajar dengan para senior yang sudah duluan merambah dunia aquascape. Hasil karya yang memiliki estetika tinggi bisa membuat nama anda terkenal, bisa menjadi lahan promosi bagi usaha anda. Jangan berhenti untuk terus eksplore kemampuan untuk membuat aquscape.


Intinya dalam melakukan suatu usaha jangan malu untuk selalu bertanya dan belajar. Semakin banyak hal yang kita ketahui dari usaha aquascape ini maka usaha pun semakin jauh dari kata gagal, dan bisa menambah peluang-peluang lain di seputaran dunia aquascape.