Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Usaha Paling Laku Dipasar


Mendengar kata pasar yang ada dalam pikirin kita adalah suasana yang ramai, banyak orang dan kendaraan lalu lalang, banyak pedagang dengan barang dagangannya yang beraneka macam dan bentuk.

Pasar merupakan tempat dimana pedagang dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi jual beli. Hampir semua kebutuhan hidup manusia dijual di pasar dari mulai kebutuhan pangan, sandang dan papan tersedia di pasar.

Pasar yang mudah ditemui disekitaran kita biasanya adalah pasar tradisonal, pasar yang menjual aneka kebutuhan harian rumah tangga seperti sayur, ikan, daging sapi dan ayam, dan produk pertanian lainnya.

Kemudian ada pasar modern yang lebih tertata bentuk dan lokasi pedagangnya, biasanya yang dijual juga lebih lengkap. Ada pedagang grosir dan eceran produk fashion seperti pakaian, jilbab, dan keperluan anak-anak.

Ada juga yang menjual produk yang berkaitan dengan sparepart kendaraan, alat tulis, kosmetik, perhiasan dan alat-alat bangunan. Kemudian ada pasar super modern seperti pusat perbelanjaan atau mall. Suasananya lebih tertata rapi dan bersih.

Produk yang dijual pasar modern tidak jauh berbeda dari pasar tradisional maupun modern namun dikemas dengan packing yang cantik dan kualitas produknya pun lebih bagus karena yang dijual adalah produk-produk branded. Kemudian disini juga ada pusat penjualan gadget.

Di antara sekian banyak jenis usaha yang ada di pasar, pernahkah kita menganalisa usaha apa yang paling laku di pasar. Paling laku artinya yang paling banyak dicari dan dibeli oleh pembeli. Kira-kira usaha apa saja ya? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

Menurut pengamatan penulis, untuk melihat laku atau tidaknya usaha di pasar mari lihat jumlah pengunjungnya, jika ramai dipastikan usahanya laku. Usaha tersebut dapat kita rinci sebagai berikut :

Usaha sembako

Jualan sembako tidak akan sepi peminat. Lihat toko sembako selalu ramai pembeli. Kebutuhan harian rumah tangga biasanya beli di toko sembako seperti beras, gula pasir, minyak goreng, terigu, telur, mie instant, sabun cuci, sabun mandi,odol, garam, kopi, teh dan lain-lain. Di pasar tradisonal ada yang usaha sembako eceran ada yang gosir. Di mall pun ada bagian penjualan sembako yaitu di supermarket.

Usaha jualan sayur mayur

Jenis usaha ini pun selalu laku. Sayur merupakan kebutuhan pokok harian rumah tangga dan usaha restoran atau warung makan. Berton-ton setiap hari sayur mayur beredar di pasar dan itu berlangsung setiap hari artinya usaha ini memang tidak ada matinya.

Usaha jualan daging ayam, ikan dan sapi

Manusia selalu membutuhkan asupan protein hewani. Ikan, daging ayam maupun sapi selalu laku terjual setiap hari baik oleh ibu rumah tangga maupun industri makanan.

Usaha makanan

Di pasar biasanya juga kita temui pedagang makanan baik makanan ringan maupun berat. Usaha ini menyediakan kebutuhan makan minum bagi pedagang maupun pembeli. Mulai dari model kaki lima, restoran, warung makan, model food court dan makanan siap saji selalu ramai pembeli, terutama jika memiliki rasa yang enak, tempat yang bersih dan harga yang terjangkau.

Usaha peralatan rumah tangga

Jenis usaha ini bisa menarik mata pembeli karena biasanya produk yang dijual punya warna cerah, bentuk yang unik dan ditata cantik. Namun setiap rumah tangga memang membutuhkan peralatan seperti ember, peralatan dapur, alat masak, alat makan, dan masih banyak barang kebutuhan rumah yang bisa di temukan di toko perlatan rumah tangga. Termasuk di dalam mall dapat kita temui usaha yang menjual kebutuhan ini.

Usaha pakaian

Usaha pakaian merupakan jenis usaha yang tidak pernah sepi peminatnya. Trend fashion selalu berganti setiap tahun sehingga membuat masyakarat tidak mau ketinggalan model. Toko-toko pakaian baik untuk anak maupun dewas dengan berbagai jenis model dan warna selalu ramai dikunjungi pembeli terutama pada masa menjelang hari raya. Termasuk usaha turunan dari fashion seperti toko jilbab, selalu ramai pembeli.

Usaha kosmetik

Perawatan wajah dan tubuh saat ini merupakan trend masyakarat baik yang hidup di kota maupun desa, terutama setelah munculnya era internet dimana banyak bermunculan tutorial make up dan perawatan wajah, membuat kosmetik banyak diburu terutama oleh kaum muda. Toko kosmetik pun mulai banyak bermunculan, menyediakan berbagai merk baik lokal maupun import.

Usaha perhiasan

Hampir setiap wanita menyukai perhiasan, baik yang terbuat dari emas maupun perak. Sifat emas yang mudah dijual membuat perhiasan emas mempunyai nilai investasi. Sehingga double fungsi bisa sebagai perhiasan dan sekalian investasi.

Toko perhiasan mudah ditemui di pasar tradisional maupun modern. Biasanya umur toko perhiasan sudah puluhan tahun dan turun temurun, hal ini menandakan bahwa usaha perhiasan merupakan usaha yang laku di pasar.

Rincian usaha ini hanya sedikit dari masih banyak jenis usaha yang laku di pasar dan sifatnya usaha yang umum ditemui di banyak pasar di berbagai tempat. Namun apapun usahanya jika ingin langgeng maka berikan pelayanan yang ramah kepada pembeli dan mengedepankan kualitas, pembeli akan merasa senang dan tidak kapok malah besok-besok jika ingin berbelanja ia akan datang kembali ke tempat usaha anda.