Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Ikan Hias yang Kuat Hidup di Akuarium Aquascape

Halo para pecinta ikan hias jika kamu Berencana memelihara ikan hias, Pastikan ikan hias akan kamu beli adalah jenis ikan hias yang kuat hidup di akuarium atau kolam. Karena keuntungan memelihara ikan yang kuat hidup adalah untuk jangka panjang sehingga kita tidak terlalu sering ganti ikan peliharaan.

Dunia ikan hias memang tidak ada habisnya, banyak jenis ikan hias yang bermunculan, yang diiringi dengan perkembangan akuarium menjelma menjadi aquascape.

Keindahan yang ditawarkan oleh aquascape menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Bahkan banyak orang menata ulang aquarium nya dengan konsep minimalis seperti aquascape.

Tak heran, bila dalam beberapa waktu terakhir, aquascape menjadi hobi baru dan dijadikan unsur dekorasi di dalam rumah.

Bila kamu tertarik dengan aquascape, selain estetika ada beberapa hal yang harus kamu penuhi. Semisal memilih jenis tanaman air yang tepat dan jangan lupa untuk memelihara ikan hias di dalamnya.

Daftar Jenis Ikan Hias Yang Kuat Hidup

Berbicara ikan hias, banyak sekali pilihan yang tersedia di pasaran. Salah satu pilihan yang bisa kamu coba adalah ikan hias yang kuat hidup. 

Karena jenis ikan hias yang kuat hidup relatif mudah dirawat, apalagi jika kamu terbilang pemula di bidang aquascape. Melansir laman ruparupa.com dan infoikan.com, berikut ulasan lengkap jenis ikan hias yang kuat hidup.

Ikan Neon Tetra
Urutan pertama jenis ikan hias yang kuat hidup adalah ikan Neon Tetra. ikan ini Serupa dengan guppy, neon tetra merupakan jenis ikan yang lumrah dipelihara via aquascape.

Menurut berbagai sumber, neon tetra adalah golongan cardinal fish atau ikan tawar yang sering membentuk gerombolan.

Ikan Soaboa
ikan Soaboa 

Pernah mendengar ikan soaboa? yah ikan Soaboa juga termasuk jenis ikan yang kuat hidup lho gaes. 

Walau cukup asing didengar, nyatanya ikan soaboa masuk ke dalam ikan hias yang kuat. Ciri utama ikan soaboa terletak pada kepalanya yang berwarna merah atau oranye.

Ikan Zebra Danio
Zebra danio adalah rekomendasi jenis ikan hias yang kuat hidup berikutnya. Ikan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan terkenal tahan banting.

Maka dari itu, zebra danio cocok dipelihara untuk pemula. Sekadar saran, Peliharalah zebra danio dalam kelompok yang banyak. Sebab bila sedikit, ia mudah menggigit jenis ikan yang lain.

Ikan Molly

Ikan aquascape yang kuat berikutnya bernama ikan molly.

Bentuk tubuhnya kecil, tapi badannya tampak gemuk, sehingga menarik sekali bila kita pelihara. Konon, tanpa pompa oksigen pun molly sanggup bertahan hidup!

Ikan Platy

Bentuk ikan platy cukup mirip dengan molly.

Hal yang membedakannya dari segi corak warna, platy warna tubuhnya lebih mencolok dibanding molly. Namun, keduanya sama-sama mudah untuk kamu rawat, khususnya bagi pemula.

Ikan Pedang atau Swordtail

Dinamai ikan pedang atau swordtail karena bentuk ekornya panjang serupa pedang.

Ia termasuk ke dalam golongan ikan yang aktif, tapi damai. Berbagai sumber pun menyebut, jika swordtail mudah untuk dirawat, kuat, dan cocok bagi pemula.

Ikan Louhan

Jenis ikan yang kuat hidup selanjutnya yaitu ikan louhan.

Mungkin di antara kamu tak asing dengan jenis ikan yang satu ini karena banyak dipelihara masyarakat luas.

Cara memelihara louhan relatif sama dengan ikan hias yang lain. Ia merupakan ikan aquascape yang kuat asal dirawat dengan tepat.

Ikan Guppy

Kecil, imut, dan warnanya sungguh menggemaskan adalah karakteristik ikan guppy.

Ikan ini sendiri tergolong tahan banting dan harganya cukup terjangkau…Alhasil, ia menjadi pilihan banyak orang saat hendak membuat aquascape sendiri.

Ikan Cupang

Kalau jenis ikan aquascape yang kuat satu ini, pasti tak asing. Ikan cupang merupakan ikan hias penuh pesona yang masyhur karena kuat hidup

Bagaimana tidak, cupang mampu hidup di dalam akuarium kecil walau tanpa peralatan khusus. Sangat kami rekomendasikan bila kamu mencari jenis ikan hias yang kuat hidup.

Ikan Manfish

Ikan manfish jamak digunakan sebagai hiasan di dalam aquascape. Ikan ini tergolong jenis ikan yang kuat hidup

Bentuknya yang cantik; berbadan pipih dan siripnya memanjang, menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta ikan hias.

Ikan CAE

Ikan CAE atau Chinese Algae Eater merupakan ikan hias pemakan alga yang cukup populer.

Ia kami rekomendasikan untuk kamu pelihara karena memiliki daya tahan yang cukup baik.

Ikan Lemon

Rekomendasi ikan hias yang kuat hidup selanjutnya adalah ikan lemon. Nama lemon diberikan bukan tanpa alasan, sebab ikan ini mempunyai warna seperti buah lemon.

Walau kuat, tapi ikan lemon relatif agresif dan kurang cocok jika digabungkan dengan jenis ikan lain.

Ikan Lele Hias

Sepertinya ikan hias yang kuat hidup paling kuat adalah lele hias.

Ikan tersebut bisa kamu pelihara tanpa membutuhkan perawatan dan peralatan khusus.

Selain itu, jenis lele hias tersedia banyak di pasaran dan setiap jenisnya tawarkan warna serta bentuk yang memukau.