Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Tinggi! Ini Cara Daftar Kerja di Bioskop XXI

Lagi nyari tau tentang cara melamar kerja di bioskop XXI ya sob? Beruntung banget, Wokiga akan bahas secara tuntas di artikel ini.

Teknologi mungkin memudahkan kita menyaksikan film atau serial drama secara online tapi menonton film di bioskop selalu menjadi suatu keharusan. Bicara tentang bioskop, pernahkah sekali saja kamu memperhatikan pegawai yang bekerja di sana? Atau justru kamu tertarik untuk menjadi salah satu bagian tenaga kerja di bioskop XXI?


Tak kenal maka tak akan sayang. Sebelum melamar pekerjaan di bioskop XXI ada baiknya kamu mencari informasi yang dibutuhkan. Apa saja jenis informasi yang kamu butuhkan? Yuk cek cara melamar kerja di bioskop xxi beserta info lengkapnya berikut ini.

Cara Melamar Kerja di Bioskop XXI

Pekerjaan sebagai crew bioskop memang sangat mengasyikkan apalagi jika kamu hobi menonton film dalam maupun luar negeri. Ada pun cara paling praktis dan efisien yang bisa kamu lakukan untuk melamar pekerjaan adalah dengan mendatangi langsung bioskop tujuanmu melamar pekerjaan.

Kamu bisa sampaikan langsung pada staf atau supervisor bioskop perihal tujuanmu melamar pekerjaan. Bila memang ada posisi yang kosong di bioskop tersebut kamu akan dihubungi untuk jadwal walk interview langsung.

Intinya, tidak ada cara baku untuk melamar pekerjaan di bioskop. Kamu hanya perlu memberanikan diri dan mempersiapkan berkas lamarannya. Pastikan juga jika kamu telah memenuhi persyaratan melamar kerja di bioskop sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya sehingga lamaranmu tidak akan langsung ditolak mereka.

Kamu juga bisa pantau beberapa website lowongan pekerjaan seperti LinkedIn, Glints, Karir, Loker.ID dan lain-lain. Pastikan kamu memahami persyaratannya dan cara melamar kerja di bioskop XXI yang mereka minta ya gaes!

Setiap bioskop memiliki persyaratan yang berbeda untuk hire tenaga kerja mereka. Jika bicara secara umumnya, inilah beberapa persyaratan wajib yang harus kamu penuhi guna melamar pekerjaan di bioskop.

1. Pendidikan

Khusus untuk posisi cinema crew umumnya pendidikan minimal yang dipersyaratkan adalah SMA/SMK sederajat. Sementara untuk posisi yang lebih tinggi syarat pendidikannya pun mengikuti. Agar diterima kerja di bioskop XXI usahakan kamu lulusan dari sekolah perhotelan atau pariwisata.

2. Tinggi Badan / Penampilan

Faktanya, hampir semua bioskop di tanah air mematok syarat tinggi badan dan penampilan pada calon staf mereka. Agar diterima pada tahap satu kamu harus memenuhi ekspektasi mereka dengan memiliki tinggi dan berat badan ideal. Penampilan juga harus terlihat rapi, bersih dan nilai plusnya yaitu good looking.

3. Usia

Bekerja di bioskop membutuhkan kecekatan dan kelincahan karena berhubungan langsung dengan pelayanan ke customer. Itulah mengapa bioskop menambahkan syarat usia pada lowongan pekerjaan mereka. Umumnya usia maksimal yang boleh melamar kerja di bioskop adalah 23 tahun.

4. Attitude

Selain menilai kualitas calon karyawan dari segi fisik dan pendidikannya, HRD perusahaan bioskop XXI juga perlu menilai attitude mereka. Apakah kamu mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerja secara tim? Kedua keterampilan ini sangat penting karena pekerjaan ini memang banyak berhubungan dengan orang baru.

5. Pengalaman

Khusus untuk beberapa posisi terutama yang tinggi, bioskop menambahkan syarat pengalaman kerja terutama di bidang yang sama. Contohnya kamu melamar sebagai supervisor. Agar bisa diterima dengan mudah maka kamu harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun sebagai supervisor.

Gaji Kerja di Bioskop XXI

Sebelumnya kami telah menjelaskan macam-macam pekerjaan yang bisa kamu temukan di bioskop XXI. Hampir sama seperti perusahaan atau sektor pekerjaan lainnya, gaji sebagai karyawan di bioskop XXI juga ditentukan berdasarkan posisi pekerjaannya.

Kamu yang masih magang dan melamar pekerjaan sebagai cinema crew otomatis mendapatkan gaji lebih kecil daripada supervisor atau IT Projectionist, mengapa? Karena bobot pekerjaan dan tanggung jawabnya sangat berbeda. Agar kamu memiliki gambaran kami berikan sedikit bocoran.

Gaji bekerja di bioskop XXI kabarnya sudah UMP alias Upah Minimum Provinsi. Kamu yang penasaran dan ingin tahu berapa gaji kerja di bioskop cukup cari tahu saja UMP provinsi kamu berapa besarannya.

Contohnya UMP Sulsel sekitar Rp3.165.876, hitungan ini masih hitungan mentah karena belum dihitung dengan upah lembur yang kamu lakukan dalam satu bulan.
Cara Melamar Kerja di Bioskop XXI

Posisi Jabatan Kerja di Bioskop

Bioskop hampir sama seperti perusahaan lainnya yang bisa bergerak dengan dinamis dan sistematis karena dijalankan oleh banyak orang. Kamu yang berpikir staf bioskop hanya terdiri dari crew café atau kasir saja maka salah besar.

Sebelum membahas secara lanjut mengenai cara melamar kerja di bioskop XXI, yuk baca dulu macam-macam profesi yang tersedia di bioskop XXI.

1. Supervisor Cinema

Pilihan pertama adalah posisi sebagai Supervisor Cinema yang bertugas sebagai atasan langsung dari semua cinema crew di bawahnya. Kamu yang tertarik melamar pekerjaan pada posisi ini wajib memenuhi persyaratan pendidikan dan pengalaman 2 tahun di bidang serupa.

Adapun program studi yang sesuai dengan lowongan supervisor cinema adalah lulusan studi pariwisata, perhotelan dan sebagainya.
2. Cinema Crew

Profesi selanjutnya lebih sering berhubungan langsung dengan konsumen. Cinema Crew terdiri dari beberapa orang yang bertugas di front depan termasuk kasir café dan ticketing. Agar diterima bekerja di posisi ini, kamu harus memiliki jiwa sosial yang tinggi dan siap untuk melayani konsumen dengan penuh perhatian.

3. IT Projectionist

Khusus bagi yang ahli IT atau digital projector maka pekerjaan sebagai IT Projectionist di bioskop XXI sangat menjanjikan. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena berkaitan langsung dengan jalannya mesin proyektor.

Coba kamu bayangkan ketika mesin proyektor rusak di tengah jalan? Tentunya konsumen akan banyak mengeluh dan kecewa dengan pelayanan yang diberikan.

4. MEP Technician

Tugas dari MEP Technician juga tidak kalah kompleks dan rumit dari IT Projectionist. Staf yang berada pada posisi ini memiliki tanggung jawab untuk memelihara bagian kelistrikan, plumbing dan sebagainya. Tidak heran jika pada lowongan kerja bioskop XXI, posisi ini mengutamakan pendidikan teknik.

l