Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Urutan Jabatan dalam Perusahaan, Jabatan Tertinggi hingga Jabatan Terendah

Mengetahui jabatan seseorang dalam suatu perusahaan itu cukup penting lho gaes supaya kamu memahami bahwa ada struktur tingkatan jabatan. Mengetahui jabatan seseorang dalam perusahan juga berfungsi untuk mengetahui posisi seseorang.

Terkadang hal ini sepele tetapi berdampak besar lho, Jangan sampai kamu menganggap atasan kamu adalah pemilik perusahaan. Coba ketahui yuk Daftar urutan jabatan dalam suatu perusahaan yang tersaji dibawah ini.

Urutan Jabatan dalam Perusahaan Sesuai Level Posisi
Struktur Jabatan itu pasti berlaku untuk semua perusahaan, baik perusahaan sekala kecil maupun besar, ada urutan jabatan dalam perusahaan mulai dari atasan sampai bawahan.

Selain itu, ada juga struktur organisasi yang sangat penting untuk dibuat karena itu menandakan bahwa perusahaan tersebut mempunyai peran yang jelas.

Struktur tersebut disusun agar membuat perusahaan lebih produktif dalam mengembangkan bisnis.

Struktur organisasi perusahaan secara garis besar merupakan urut-urutan garis bertingkat yang berisikan instrumen penyusun perusahaan.

Struktur tersebut menjelaskan adanya kedudukan, fungsi dan hak juga kewajiban dari masing-masing posisi yang ada dalam perusahaan itu sendiri.

# Urutan Posisi Jabatan Dalam Perusahaan #

Struktur organisasi yang umumnya berlaku pada perusahaan baik CV maupun PT perseroan terbatas itu hampir sama tetapi secara umum urutan jabatan dalam suatu perusahaan mengacu pada struktur jabatan perusahaan PT. Berikut untuk komponen-komponennya:

Urutan 1. Dijabat Direksi
Urutan 2. Dijabat Direktur utama
Urutan 3. Dijabat Direktur
Urutan 4. Dijabat Direktur keuangan
Urutan 5. Dijabat Direktur personalia
Urutan 6. Dijabat Manajer
Urutan 7. Dijabat Manajer personalia
Urutan 8. Dijabat Manajer pemasaran
Urutan 9. Dijabat Manajer pabrik
Urutan 10. Dijabat Adm dan pergudangan
Urutan 11. Dijabat Divisi regional

Itulah contoh struktur organisasi yang ada di perseroan terbatas dalam hal urutan jabatan. Dimana, orang-orang yang ditempatkan di urutan jabatan tersebut adalah sumber daya manusia yang berkompeten.

Tidak bisa orang sembarangan. Semua ditujukan untuk mencapai tujuan atau visi misi perusahaan itu sendiri.

Manfaat Struktur Urutan Jabatan dalam Perusahaan

Adanya struktur organisasi perusahaan ini tentunya punya manfaat yang besar. Tak lain untuk memudahkan perusahaan dalam mengatur jalannya pekerjaan juga tanggung jawab dari masing-masing posisi. Selain itu, ada juga manfaat penting lainnya seperti:
  • Membuat detail pekerjaan untuk para karyawan agar tugasnya jadi lebih jelas.
  • Membagi wewenang dan koordinasi menjadi lebih detail.
  • Mengurangi konflik yang terjadi di dalam perusahaan.
  • Membantu tercapainya tujuan perusahaan dengan sangat mudah.
  • Meningkatkan moral dan motivasi para karyawan sebab ada jenjang karir yang jelas.
5 Macam Struktur Organisasi Perusahaan

Selain susunan urutan Jabatan, dalam perusahaan juga Terdapat 5 jenis struktur organisasi perusahaan yang perlu diketahui, antara lain:

1. Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional Merupakan susunan organisasi yang berdasar dengan fungsi dari setiap instrumen. Dalam perusahaan, minimal ada lima bagian utama yang terdiri dari:
  • Divisi Produksi
  • Divisi Pemasaran
  • Divisi Personalia
  • Divisi umum
  • Divisi Pembelanjaan.
2. Struktur Organisasi Usaha

Di sini, susunan organisasinya berlandaskan dengan usaha pengembang produksi dan juga riset-riset usaha. Semua ditujukan untuk membuat instrumen perusahaan akan lebih besar lagi.

3. Struktur Organisasi Matriks

Susunan organisasi ini dibentuk untuk menyelesaikan berbagai jenis proyek yang tengah dikembangkan oleh perusahaan.

Biasanya, dikepalai oleh direktur utama dan bawahannya ada manager proyek. Tugas dari manager tersebut adalah bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyeknya masing-masing.

4. Struktur Organisasi Proyek

Susunan organisasi proyek ini dibentuk untuk menyelesaikan proyek kerja pada perusahaan. Jadi, struktur ini akan ditiadakan jika proyek itu sudah selesai dikerjakan.

5. Struktur Organisasi Tim Kerja

Merupakan struktur yang dibentuk dalam waktu tertentu guna menangani proyek yang sifatnya tidak terduga atau dadakan.

Biasanya, dibuat oleh bagian sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya agar tugas atau proyek tersebut dapat terselesaikan dengan cepat dan lancar.