Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spinjam Tidak Muncul? Begini Cara mudah Memunculkan Shopee Pinjam

Spinjam atau Shopee Pinjam merupakan layanan Pinjaman modal tanpa kartu kredit yang disediakan oleh Marketplace Shopee untuk memudahkan pengguna. SPinjam ini diperuntukkan bagi pengguna yang membutuhkan dana tambahan (modal).

Kebanyakan mitra Shopee lebih memilih layanan SPinjam dibandingkan layanan Pinjaman lainnya karena proses verifikasi yang mudah dan Pinjaman yang cepat dicairkan.

Kenapa SPinjam saya Tidak Muncul?

Pada dasarnya layanan SPinjam bisa kamu dapatkan dengan mudah dengan cara rutin melakukan transaksi lewat akun Shopee. Jika layanan ini sudah muncul, kamu dapat melakukan aktivasi dan mendapatkan limit Pinjaman hingga 5 juta rupiah.

Kenapa Fitur Pinjaman SPinjam tidak muncul di semua akun Shopee? Tentu ada sebab nya. Masalah SPinjam tidak muncul Bisa jadi disebabkan karena akun Shopee kita belum memenuhi syarat.
 

Sebab SPinjam tidak muncul di akun Shopee belum memenuhi Kriteria Peminjam Seperti Riwayat Transaksi, Kredibilitas akun yang belum terjamin, hingga penalti akun Shopee yang belum selesai.

Bagaimana Cara Memunculkan SPinjam Shopee? 

Sampai saat ini belum ada cara khusus untuk memunculkan Shopee Pinjam selain memenuhi  kriteria dan persyaratan tim Shopee. Oleh karena itu, berikut beberapa tips agar Shopee Pinjam muncul di akun Shopee :

Tingkatkan transaksi akun Shopee : Rutin melakukan pembelian serta meningkatkan level Loyalty hingga Gold atau Platinum.


Hindari Pelanggaran Akun : Selalu patuhi syarat dan ketentuan Shopee untuk menghindari akun dibatasi / dimoderasi.

Gunakan layanan cicilan Shopee : Sebaiknya aktifkan Shopee PayLater, kredivo atau Akulaku untuk belanja di Shopee. Jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu.

Jika sudah melakukan hal di atas kemudian SPinjam masih belum muncul berarti penyebabnya bisa jadi karena wilayah / area domisili, akun baru dibuat dibawah 3 bulan dan lain sebagainya. Nah Berikut penyebab kenapa SPinjam tidak muncul di akun saya :

1. Lokasi Pengguna Yang Tidak Terjangkau

Penyebab SPinjam tidak muncul di akun yang pertama terkait dengan lokasi pengguna yang tidak terjangkau oleh Shopee. SPinjam menggunakan sistem pendeteksi lokasi (location tracking) melalui perangkat yang digunakan untuk mengetahui lokasi pengguna.

Mengapa lokasi menjadi pertimbangan Pinjaman? Hal ini untuk menghindari indikasi kecurangan dalam penggunaan Pinjaman serta untuk memudahkan penagihan lapangan (field collection) jika sewaktu - waktu pengguna menunggak pembayaran tagihan.

Oleh karena itu, pastikan lokasi kamu terdaftar dan masih bisa dijangkau oleh tim Shopee untuk memunculkan Shopee Pinjam di akun Shopee kamu ya.

2. Kurangnya Riwayat Transaksi

Dikutip dari laman resmi Shopee, SPinjam merupakan produk layanan Pinjaman tunai untuk Pengguna (Pembeli) di aplikasi Shopee. Maka pertimbangan berikutnya adalah riwayat transaksi akun Shopee yang belum mencukupi.

Hal ini berkaitan dengan “kredibilitas” akun yang belum tercapai. Misalnya untuk akun yang baru didaftarkan, maka tidak ada data penilaian yang didapatkan karena tidak ada history transaksi di akun Shopee. 

3. Usia Akun Shopee Belum 3 Bulan Atau Lebih

Shopee Pinjam tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan karena usia akun Shopee yang belum memenuhi kriteria.

Rata - rata usia akun Shopee yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan fitur SPinjam adalah 3 bulan atau lebih (data survei pengguna Shopee).

Tentunya akun Shopee juga harus memiliki riwayat transaksi rutin dan aktif untuk meningkatkan kemungkinan layanan SPinjam ini muncul.

4. Akun Shopee Belum Diverifikasi

Untuk mendapatkan fitur Shopee seperti ShopeePay, Shopee PayLater hingga Shopee Pinjam, pengguna harus memverifikasi data pribadi di akun Shopee. 

Data - data yang harus dilengkapi antara lain :
  • Nama lengkap.
  • NIK sesuai KTP.
  • Kartu Identitas (KTP, KITAS, SIM atau KK)
  • Foto Selfie + KTP.
  • Selain itu, ada juga verifikasi Email dan Nomor HP berupa kode OTP (One Time Password).
Perlu kamu ketahui, pengguna yang belum melakukan verifikasi Shopee atau belum melengkapi data pribadinya, kemungkinan besar tidak akan mendapatkan fitur Shopee Pinjam di kemudian hari. 

Jadi, untuk mendapatkan kesempatan menikmati SPinjam, silahkan lengkapi data diri kamu sesuai KTP Kamu.

5. Level Loyalti Shopee Belum Tercapai

Terdapat juga pengguna yang mengatakan Shopee Pinjam tidak bisa digunakan di toko tertentu karena belum memenuhi Loyalti “Gold” member. Tentunya fakta ini bisa benar bisa juga salah.

Shopee sendiri tidak pernah menyebutkan kriteria loyalty untuk memunculkan menu Shopee Pinjam di Shopee. Tapi yang pasti, loyalty akun Shopee akan meningkat seiring dengan peningkatan rutinitas belanja akun Shopee.

Jika berdasarkan pengalaman penulis, Shopee Pinjam muncul saat levelnya sudah silver.

Tapi ini bukan patokan, karena jumlah transaksi bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan Shopee Pinjam tidak muncul di metode pembayaran.

6. Akun Shopee Sedang Dimoderasi (Dibatasi)

Pernahkah kamu mendengar istilah akun Shopee dibatasi? Atau yang lebih familiar disebut dengan moderasi akun Shopee.

Yap, akun Shopee yang terkena penalty juga dapat menyebabkan beberapa fitur tidak dapat digunakan di aplikasi Shopee. Salah satunya adalah metode pembayaran Shopee Pinjam ini. Beberapa contoh aktivitas mencurigakan di akun Shopee diantaranya ;
  • Sering membatalkan pesanan.
  • Melakukan FO (Fake Order).
  • Sering membatalkan pesanan tanpa konfirmasi ke penjual.
  • Login akun Shopee di beberapa perangkat.
  • Kamu bisa memastikan apakah akun Shopee-mu sedang dalam pembatasan melalui email atau notifikasi di aplikasi Shopee.
7. Belum Update Akun Shopee

Tidak mengupdate aplikasi Shopee ke versi terbaru juga dapat menyebabkan beberapa fitur Shopee tidak muncul. Salah satunya adalah fitur Shopee PayLater.

Oleh karena itu, pastikan cek pembaharuan aplikasi Shopee di Google Playstore atau AppStore secara berkala untuk memastikan akun Shopee berada pada versi terbaru.