Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Tips Buka Usaha Cafe Sederhana dan Rincian Modal Awalnya

Di era milenium masa kini, tempat kongkow yang cukup digemari adalah cafe. Tak perlu mewah atau wah, Coba bukalah cafe sederhana pinggir jalan yang strategis kemungkinan besar akan ramai. Kamu bisa ikuti tips sukses buka cafe sederhana dibawah ini lengkap dengan rincian modal awalnya.

Cafe sederhana telah menjadi trend bak jamur di musim hujan seiring dengan style masyarakat era kini. Cafe kita ketahui sudah tersebar cepat hingga pelosok nusantara, alasannya karena usaha cafe ini mampu meraup keuntungan yang besar jika dijalankan dengan strategi yang tepat.

Perhatikan konsep, Bahwa Cafe sederhana yang kamu buka nanti harus memenuhi keinginan pelanggan anak muda khusus nya. Karena cafe anda akan menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda yang ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya hanya untuk menghilangkan penat.
 

Tips Sukses Buka Cafe Sederhana yang Menguntungkan

Maka dari itu, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa cafe merupakan bisnis dengan peluang yang besar dikarenakan jumlah populasi anak muda yang akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Lalu seperti apakah tips sukses membangun cafe sederhana yang menguntungkan? Berikut ulasannya

1. Cari Lokasi yang Nyaman

Permasalah besar untuk merancang cafe sederhana biasanya terletak pada modal yang minim, namun bingung dan pusing untuk memperoleh lokasi usaha yang strategis. Karena jika menyewa tempat yang strategis di tengah kota menjadi pusat pasti membutuhkan dana yang cukup besar.

Kamu tidak perlu khawatir karena karakteristik pengunjung itu bermacam-macam, bahkan ada pengunjung yang suka dengan nongkrong di tengah sawah. Hal itu terbukti dari sering kalinya usaha cafe di desa selalu ramai dengan pengunjung karena cafe tersebut memiliki ciri khas tersebut alias unik.

Maka dari itu, buat kamu yang memiliki modal terbatas kamu dapat mencoba membangun cafe di desa, dan ciptakan kondisi senyaman mungkin.

2. Konsep Lah Cafe Sederhana yang Unik dan Menarik

Mulailah membuat konsep cafe sederhana yang unik dari cafe lainnya. Kadang kala ide-ide konyol itu yang dapat menarik pengunjung untuk singgah di cafe mu.

Gunakan konsep yang berbeda di setiap ruangan atau lantai cafe mu, maksudnya kamu dapat mencoba dengan memasukan konsep rumah di dalam ide konsep cafe tersebut.

3. Bikin Spot Lesehan yang Nyaman

Seperti yang disebutkan pada tips pertama dan kedua, maka dari itu cobalah buat satu ruangan dengan spot lesehan. Spot lesehan ini juga dapat dijadikan alternatif pilihan nyaman untuk menghemat rincian modal usaha cafe sederhana.

Dengan spot ini kamu tidak perlu memikirkan anggaran yang terlalu besar, sehingga kamu pun nyaman dan pengunjung pun yang menyukai spot lesehan nyaman.

4. Gunakan Perabotan dan Atribut yang Murah namun Unik

Usaha selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah pemilihan perlengkapan peralatan atau atribut yang murah akan tetapi unik. Sehingga, atribut yang unik tersebut dapat dijadikan spot foto oleh para pengunjung cafe mu.

Kamu dapat memilih bahan-bahan daur ulang untuk hiasan cafe, atau gunakan bahan baku bambu untuk tempat makan dan minum yang diberi alas daun pisang.

5. Buat Menu Lezat sesuai Trend

Belajar dari strategi untuk membangun usaha cafe sukses, kamu dapat memberikan variasi menu yang banyak dan lezat. Sehingga, pengunjung dapat memilih pilihan menu yang mereka sukai, atau bahkan pengunjung akan dapat terus menerus datang untuk mencoba menu-menu yang belum mereka coba.

Dan kamu juga dapat memberikan pilihan menu dengan harga cukup mahal ataupun murah.

6. Supaya Hemat Beli Bahan Baku secara Grosir

Untuk menghemat pengeluaran rincian modal usaha cafe sederhana, kamu dapat membeli bahan baku makanan dan minuman dari pedagang grosir.

Dengan membeli di pedagang grosir kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada membeli bahan baku secara eceran.

7. Fasilitas yang Lengkap Tak Harus Mahal

Jangan lupa berikan pelayanan terbaik dengan melengkapi fasilitas cafe mu, mulailah dari yang paling sederhana yaitu Wi-Fi dan tempat ibadah.

Dua hal ini merupakan fasilitas yang tidak boleh tidak ada di cafe mu, karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan mayoritas penduduk Indonesia adalah milenial.

8. Jangan Mengandalkan Karyawan

Selanjutnya tips sukses membangun cafe sederhana dengan modal terbatas adalah dengan memaksimalkan tenaga sendiri. Jangan berpacu pada karyawan.

Sebuah usaha yang sukses dibutuhkan perjuangan dan pengalaman, sehingga selain meminimalisir dana dengan tenaga sendiri kamu akan mengerti sepak terjang usaha yang kamu rintis untuk mengembangkan dan mencari solusi yang tepat jika terjadi permasalahan.

9. Promosi Secara Tepat dengan Hemat Biaya

Kerap kali semua orang bingung, bagaimana promosi dengan biaya yang minim? Tak perlu khawatir, lagi lagi untuk menghemat rincian modal usaha cafe sederhana kamu dapat menerapkan promosi melalui media sosial.

Memaksimalkan media sosial yang kamu miliki untuk membangun branding dari cafe mu, jangan gunakan akun pribadi akan tetapi gunakan akun atas nama cafe mu. Pengelolaan yang tepat, konsisten dan tekun pasti akan membuahkan hasil yang efektif dan maksimal.

10. Jalin Kerjasama dengan Investor

Jangan lupa untuk menjalin kerjasama dengan investor. Menjalin kerjasama untuk mengembangkan dan meningkatkan keberlanjutan usaha cafe yang kamu miliki.

Carilah teman, sahabat ataupun anggota keluarga untuk mendukung kolaborasi kerjasama berbisnis.

11. Terapkan Karyawan Ramah

Supaya Pelanggan Cafe kamu betah dan nyaman jangan anggap sepele masalah keramahan sebagai wujud apresiasi kita kepada pelanggan. Bagaimana pun posisi pelanggan walaupun hanya memesan secangkir kopi.

12. Jangan Fokus pada Area Padat penduduk

Seringkali kita berasumsi bahwa lokasi yang padat penduduk adalah yang paling utama. Tetapi bukan itu yang jadi acuan, Karena konsep cafe kita sederhana, sebaiknya hindari lokasi cate yang padat penduduk karena tidak efektif.

Misalnya hindari di perapatan, Area sekolah, dekat pasar atau hindari juga area jalan lintas, karena tempat tersebut akan padat sebagai perlintasan, bukan untuk area usaha cafe yang identik dengan kemenangan.

Sebaiknya polih lokasi yang strategis, dalam artian ramai bukan padat lalu lintas. Misalnya area pinggir kota, jauh dari pasar dan lain-lain.   

Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana
Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana


Memulai usaha cafe sederhana tidak perlu membutuhkan modal yang terlalu besar. Dengan modal uang yang kecil pun sebagai pebisnis pemula sudah bisa membangun usaha cafe sederhana.

Walaupun cafe ini akan hadir dengan ukuran yang cukup kecil dibanding cafe lainnya, akan tetapi tidak perlu khawatir karena sudah ada tips sukses membangun cafe di atas yang akan sedikit membantu kamu untuk menciptakan cafe yang berkelanjutan.

Untuk lebih rincinya, berikut gambaran rincian modal usaha cafe sederhana yang perlu kamu siapkan untuk segera beroperasi.

Modal Peralatan Cafe Sederhana

1. Espresso Machine Rp 3.000.000,-
2. Blender Rp 500.000,-
3. Kompor Gas 2 Tungku Rp 300.000,-
4. Mesin Cup Sealer Rp 575.000,-
5. Toko Stainless Rp 80.000,-
6. Tamper Kopi Rp 300.000,-
7. Milk Jug Rp 150.000,-
8. Coffee Electric Grinder Rp 700.000,-
9. 5 Set Meja Kursi Rp 4.500.000,-
10. Etalase Rp 4.000.000,-
11. Kulkas Rp 1.500.000,-
Subtotal Peralatan Rp 15.605.000,-

Modal Perlengkapan Cafe Sederhana

1. Toples Kedap Udara untuk Kopi Rp 150.000,-
2. 30 Cangkir dan Piring Saji Rp. 500.000,-
3. 30 Piring, Sendok, dan Garpu Makan Rp. 500.000,-
Subtotal Perlengkapan Rp 1.150.000,-

Modal Bahan Baku dan Operasional

1. Bahan Baku Makanan(Mie Instan, roti, kentang goreng, dan lain-lain) Rp. 1.500.000,-
2. Bahan Baku Minuman(Biji kopi, susu, bubuk coklat, teh, dan lain-lain) Rp. 2.500.000,-
3. Listrik, Air dan Gas Rp 1.000,.000,-
Subtotal Bahan Baku dan Operasional Rp 5.000.000,-

Total rincian modal usaha cafe sederhana + sewa
: Rp 21.755.000,- + Rp 10.000.000,-
: Rp 31.755.000,-

Rincian modal usaha cafe sederhana di atas dapat diperoleh lebih kecil atau besar tergantung pada lokasi cafe dan dimana kamu membeli peralatan, perlengkapan dan bahan bakunya.