Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini dia 17 Subsektor Ekonomi Kreatif dan Contohnya

 
Apa saja subsektor ekonomi kreatif? Subsektor yang biasa disebutkan itu ada 16, tapi di sini akan diberikan 17 sektor. Ya biar tambah banyak gitu opsinya. Tapi penambahan ini nggak sembarangan, ini udah berdasarkan beberapa referensi terpercaya dan memang mengatakan bahwa subsektor ekonomi kreatif itu ada 17.

Apa saja subsektor ekonomi kreatif? Berikut ini subsektor yang bisa kamu pilih untuk langsung terjun ke dalamnya :
  1. Seni kriya
  2. Musik
  3. Seni rupa
  4. Fashion
  5. Film
  6. Desain produk
  7. Kuliner
  8. Arsitektur
  9. Fotografi
  10. Periklanan
  11. Penerbitan
  12. Seni pertunjukan
  13. Televisi dan radio
  14. Desain komunikasi visual
  15. Desain interior
  16. Aplikasi dan pengembang permainan
  17. Animasi dan video
Jika ada yang bertanya tentang apa saja subsektor ekonomi kreatif, langsung saja jawab dengan 17 subsektor yang telah disebutkan di atas. Dengan itu, kamu bisa keliatan pinter banget, lho. Tapi jangan lupa tujuan utamamu, yakni untuk memilih sub yang akan kamu geluti.

Dari ke semua subsektor di atas, kamu bisa memilih. Misalnya, aplikasi dan pengembang permainan. Subsektor ini merupakan subsektor ekonomi kreatif berupa permainan interaktif memiliki kegiatan yang berkaitan dengan produksi, distribusi, dan kreasi permainan dalam komputer dan juga video yang sifatnya ketangkasan, hiburan, dan juga edukasi.

Jadi nanti, produk yang kamu hasilkan adalah permainan interaktif yang selain menghibur juga memiliki nilai edukasi. Lalu, langsung deh ditawarin ke masyarakat luas. Tapi ingat, harus ada nilai edukasinya loh ya.

Demikian artikel mengenai apa saja subsektor ekonomi kreatif dan contohnya yang bisa Wong Cerdas berikan. Semoga bermanfaat ya!

Dengan diketahuinya apa saja subsektor ekonomi kreatif yang telah disebutkan di atas, semoga kamu bisa memilih yang sesuai dengan minatmu.

Subsektor Ekonomi Kreatif yang Berkaitan dengan Desain Pakaian


Subsektor ekonomi kreatif yang berkaitan dengan desain pakaian adalah apa lagi kalau bukan subsektor fashion. Kalau contohnya, kamu bisa bikin pabrik pakaian, bikin batik, pusat tenun, bikin aksesoris, bikin baju model baru, atau bahkan bisa loh kamu tingkatkan sampai jadi industri tekstil.

Subsektor Ekonomi Kreatif Craft atau Kerajinan

Kalau yang ini, biasanya diisi oleh mereka yang di daerahnya memiliki potensi khusus yang bernilai ekonomi. Misalnya deh, untuk orang-orang yang tinggal di sekitar pesisir. Di sana, ada potensi kulit kerang yang bisa dijadikan kerajinan dan bisa untuk dijual.

Selain itu, bisa juga kerajinan rotan, kayu, bambu, bulu ayam, dan apa saja asalkan bisa dibuat bernilai. Bisa juga kerajinan dari barang-barang bekas. Kalau kamu kelewat kreatif, sepertinya subsektor ini ada khusus untukmu.

Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia yang Paling Sering Menggunakan Perangkat Komputer

Secara umum, ke-17 sektor yang telah disebutkan di atas, seluruhnya bisa dan bahkan sangat sering menggunakan komputer. Apalagi sekarang komputasi sangat dibutuhkan dalam hal apapun.

Misalnya deh, dalam pakaian. Bagi mereka di bidang ini, biasanya untuk mendesain perlu bikin prototype baju, menyesuaikan ukuran baju, proses sablon atau merajutnya, dan beberapa proses lain itu sudah ada yang menggunakan sistem komputer.

Semua yang menjadi subsektor itu muncul, apa lagi kalau bukan sebab perkembangan perangkat komputer dan teknologi lain yang semakin canggih? Jadi, kamu tidak perlu membandingkan dan mengatakan bahwa yang keren adalah yang paling banyak menggunakan perangkat komputer.

Saat ini, semuanya sudah hampir menggunakan komputer dengan intensitas yang tinggi. Jadi tidak ada perbedaan. Kecuali kamu ingin seharian dan nggak keluar kamar dan pokoknya di depan komputer saja, bisa tuh jadi pengembang aplikasi dan permainan interaktif, DKV, desain produk, dan juga periklanan.

Itu sih selisih intensitas penggunaannya hanya sedikit. Namun, yang secara total menggunakan komputer sepertinya hanya bikin aplikasi dan pengembang permainan.

Itulah penjelasan tentang apa saja subsektor ekonomi kreatif, pengertian ekonomi kreatif, dan beberapa jawaban dari pertanyaan yang membuatmu gelisah. Semoga bermanfaat, ya!