Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips dan Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Investor untuk Pemula

Ketika kita memulai suatu usaha maka salah satu persiapannya adalah modal. Bagi para pebisnis pemula tentu modal adalah hal utama yang jadi permasalahan nya. Terkadang pelaku usaha mengeluh akan modal dan berfikir bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari para investor.

Masalah modal usaha sangat terasa juga menimpa pebisnis pemula. Ketika usaha belum berjalan, bantuan modal dari para investor bisa menjadi instrumen penting untuk merealisasikan bisnis yang sedang digeluti. Nah akan kita ulas topik khusus terkait masalah modal usaha ini.

Ada banyak sekali cara mendapatkan modal usaha. Misalnya anda bisa mulai dengan menabung, menjual aset, meminjam dari bank, atau bahkan mencari investor. Dari semua opsi untuk mendapatkan modal usaha, mungkin banyak yang beranggapan kalau mencari dan mendapatkan investor adalah yang paling sulit.

Hal tersebut bisa jadi benar untuk situasi tertentu. Tetapi pada kondisi yang lain, anda akan terkejut mengetahui betapa mudahnya mendapatkan investor. Bagaimana tips dan cara mendapatkan modal usaha dari investor? Setidaknya ada 8 Cara dan Tips Mendapatkan Investor untuk Usaha bagi pemula Berikut ini

Kuasai Usaha yang anda Tawarkan

Cari kelebihannya dan temukan juga bagaimana potensinya di masa yang akan datang.

Membuat proposal usaha yang detail dan menarik untuk meyakinkan para investor. 

Membuat rincian mengenai rencana keuangan dari usaha anda, seperti data mengenai rincian kebutuhan modal dan proyeksi mengenai keuntungan untuk masa yang akan datang.

Anda harus benar-benar yakin bahwa usaha yang anda bangun atau ide usaha anda adalah yang terbaik dan punya potensi yang sangat baik sehingga siapapun yang membantu usaha anda akan mendapatkan keuntungan.

Mendapatkan Investor Melalui Peer to Peer Lending (P2P lending)

Kita bisa mendapatkan pinjaman modal usaha melalui kumpulan investor yang ada di peer to peer lending (P2P lending). P2P lending adalah alternatif baru yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha, untuk mendapatkan pinjaman modal melalui sebuah platform yang mempertemukan antara pengusaha dan investor.

Cara ini banyak dipakai untuk membantu mengembangkan usaha kecil menengah (UKM). Jadi cara kerja P2P lending adalah pertama-tama para pengaju pinjaman (pelaku usaha) akan mengajukan pinjaman melalui sebauh platform situs online.

Setelah membuat form permohonan dan mengisi data, selanjutnya pihak plaform akan memeriksa data peminjam untuk kemudian diteruskan kepada pemberi pinjaman (investor).

Dana akan segera dicairkan dan diserahkan kepada pemohon pinjaman apabila pihak investor sudah menyetujui besarnya pinjaman beserta bunga dan semua persyaratannya. Cara mencari investor untuk usaha satu ini sangat cocok untuk para pelaku UMKM yang terhambat oleh kendala modal tetapi memiliki peluang untuk mengembangkan usaha mereka

Mencari Investor dengan Modal Ventura

Modal ventura adalah modal awal yang disediakan oleh investor swasta atau lembaga keuangan khusus untuk mendanai bisnis muda. Misalnya anda yang baru akan memulai bisnis startup.

Sumber keuangan dari perusahaan modal ventura ini biasanya didapat dari kumpulan dana pensiun, modal dari perusahaan asuransi, dana abadi, atau investor pribadi yang kaya raya.

Usaha yang mendapatkan suntikan modal ventura biasanya adalah usaha yang dianggap sangat pontensial dan bisa berkembang di masa yang akan datang. Atau ide-ide baru brilian yang suatu saat akan menjadi bisnis besar.

Oleh karenanya, perusahaan modal ventura biasanya akan sangat selektif dalam memilih usaha-usaha baru yang layak mendapatkan investasi dari mereka. Mereka akan meninjau apakah usaha yang akan dimodali tersebut memiliki potensi besar untuk berkembang di masa yang akan datang atau tidak.

Sistem kerja sama yang ditawakan dalam investor modal ventura adalah kemitraan berupa kepemilikan dari sejumlah saham perusahaan yang dibantunya.

Mendapatkan Investor dengan Equity 
Crowdfunding

Equity crowdfunding adalah proses penggalangan atau pengumpulan dana yang diperuntukkan untuk membiayai sebuah bisnis dari sejumlah investor dengan memanfaatkan platform online.

Jika dilihat sekilas, equity crowdfunding memang memiliki kesamaan dengan P2P lending. Yang membedakannya adalah jika P2P lending meminjamkan dana kepada pelaku usaha, maka equity crowdfunding adalah mendanai usaha dalam bentuk investasi saham (investor saham).

Secara sederhana, cara kerja equity crowdfunding adalah mempertemukan investor atau penanam modal dengan penerima modal (pelaku usaha yang membutuhkan modal). Nantinya, pihak investor ini akan menanamkan dananya ke dalam sebuah bisnis atau proyek dengan sistem bagi hasil tertentu.

Hingga saat ini, ada 3 startup yang telah mendapatkan ijin dari OJK untuk menjalankan equity crowdfunding, yaitu Santara, Bizhare, dan CrowdDana. aplikasi untuk mencari investor Cara mencari investor satu ini memiliki keuanggulan.

Jika usahanya ini mengalami pailit atau kebangkrutan, maka penerima dana tidak wajib mengembalikan dana yang mereka dapat. Karena dianggap sebagai kerugian investasi. Namun equity crowdfunding juga memiliki kelemahan yaitu hasil keuntungan perusahaan nantinya akan dibagi kepada para investor.

Mencari Modal Usaha dari Angel investor

Angel investor adalah salah satu cara mencari investor pribadi yang dilakukan oleh pengusaha startup atau usaha baru lain yang memiliki koneksi ke orang-orang yang memiliki kekayaan. Seperti namanya yang berarti investor malaikat, jadi para investor dari angel investor ini adalah keluarga, sanak saudara, teman, atau kerabat dari pengusaha yang kekurangan modal.

Untuk mendapatkan modal dari Angel Investor ini memang susah-susah gampang. Pertama anda harus memiliki proposal usaha yang baik. Selanjutnya, anda juga harus berhasil meyakinkan para investor ini bahwa keputusan untuk menanamkan modal untuk usaha anda memang terbaik. Karena anda akan memulai sebuah usaha yang menjanjikan di masa depan.