Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Keuntungan Investasi Saham untuk Jangka Panjang

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang tidak disarankan oleh pemula atau mereka yang buta dengan dunia saham. Meskipun untuk saat ini ada banyak cara bermain saham dengan modal kecil yang cocok untuk pemula.

Lantas seperti apa keuntungan dan kerugian dari investasi saham yang perlu kita ketahui?berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan ketika melakukan investasi saham.

1. Pembagian Laba atau Dividen

Keuntungan investasi saham jangka panjang karena Pembagian laba atau dividen adalah pembagian keuntungan dari perusahaan kepada para pemegang saham berdasarkan besarnya saham yang para investor investasikan.

Berapapun keuntungan investasi saham Dividen bisa dibagikan kepada para investor oleh perusahaan dengan syarat perusahaan tersebut tidak membutuhkan laba tersebut untuk pengembangan atau ekspansi usaha.

Tetapi jika perusahaan tersebut membutuhkan laba tersebut untuk mengembangkan usaha, dividen boleh tidak dibagikan. Adapun bentuk dividen dari perusahaan adalah bisa berupa uang tunai atau lembaran saham. Jika perusahaan memberikan dividen berupa saham, maka berarti jumlah saham anda akan bertambah.

2. Capital Gain
Keuntungan investasi saham jangka panjang adalah Capital gain yaitu keuntungan yang didapat oleh perusahaan dari selisih harga jual dengan harga beli saham. Misalnya ada saham yang harga per lembarnya Rp 5.000 kemudian terjual dengan harga Rp 6.000. Berarti ada capital gain sebesar Rp 1.000 per lembar saham.

Jadi capital gain ini terjadi karena ada aktivitas perdagangan saham di bursa efek yang mana harga jual saham lebih tinggi dari harga pada waktu pembelian.

3. Hak Ikut RUPS dan Mendapat Pengakuan Sebagai Bagian Pemilik Perusahaan

Keuntungan investasi saham berikutnya dari investasi saham adalah memiliki hak untuk ikut serta dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Kita akan diundang untuk ikut dalam RUPS karena sudah dianggap sebagai bagian dari pemilik perusahaan.

Degan mengikuti RUPS, kita akan mengetahui rencana dan misi perusahaan kedepannya untuk lebih maju dan berkembang. Tentu ini merupakan keuntungan investasi saham jangka panjang yang menyenangkan.

4. Laba Investasi yang Sangat Tinggi

Keuntungan investasi saham jangka panjang karena laba yan tinggi. Saham adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan laba atau keuntungan tunai yang sangat tinggi. Bahkan dari semua instrumen investasi yang ada, saham masih termasuk yang paling menguntungkan.

Jadi anda jangan heran atau kaget jika ada orang yang bisa mendapatkan banyak uang dalam waktu yang singkat karena sering trading saham.

5. Bisa Dimulai dengan Modal yang Kecil

Keuntungan investasi saham jangka panjang karena cukup modal kecil diawal. Saat ini untuk memulai investasi saham sudah tidaklah sesulit dulu. Karena modal untuk investasi saham sangat kecil dan terjangkau sesuai dengan kondisi kantong masing-masing.

Keuntungan investasi saham jangka panjang Anda bahkan bisa bermain saham dengan modal Rp 100 ribu saja asalkan paham bagaimana memaksimalkan keuntungan dari modal tersebut.

6. Pajak yang Relatif Sangat Kecil

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang dikenakan pajak yang sangat kecil. Besarnya persentase pajak untuk saham adalah 0,1% dari keuntungan akhir yang dimiliki oleh investor.

Pajak untuk saham ini juga bersifat final. Yang berarti seorang investor tidak perlu lagi membayar pajak pada saat pelaporan SPT tahunan. Karena sudah otomatis terpotong dari broker ketika pelunasan transaksi saham.

7. Termasuk Investasi yang Sangat Fleksibel

Saham adalah investasi yang sangat fleksibel. Anda tidak perlu sampai harus berhenti kerja atau pensiun hanya untuk bermain saham. Dengan teknologi yang semakin canggih, anda hanya menyediakan waktu tertentu saja untuk memantau aktivitas bursa efek dengan memanfaatkan smartphone atau layar laptop.

Keuntungan saham jangka panjang
Untung nya investasi saham untuk jangka panjang
Keuntungan bernivestasi saham jangka panjang
Keunggulan investasi Saham untuk Jangka Panjang