Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Blogger Terkaya di Indonesia dan Paling Terkenal

Sebelum membahas daftar Blogger terkaya dan terkenal di Indonesia, kita tentu ingat seorang blogger kaya dari Amerika Serikat. Ya dia bernama Pat Flynn? Pat, yang merupakan salah satu blogger sukses di Amerika dengan penghasilan dari blog yang cukup fantastis.

Fat menekuni dunia blog pasca ia di PHK dari dunia kerja nya yang saat itu bekerja dibidang Arsitektur. Semenjak di PHK itulah ide ngeblog ia tuangkan lewat situs ‘SmartPassiveIncome.com’

Dari blog nya tersebut, Pat berhasil mengantongi penghasilan yang mencapai 100 ribu dolar Amerika atau kurang lebih sekitar 1,5 miliar rupiah setiap bulannya. Wooww.. Luar biasa sekali ya penghasilan nya. 

Lalu bagaimana dengan para blogger Indonesia? Siapakah blogger terkaya dan terkenal di Indonesia? Ternyata di negara kita juga memiliki banyak blogger-blogger kaya lho. Deratan daftar dibawah ini tersaji sebagai Motivasi buat kita semua.

Daftar Blogger Terkaya dan Terkenal di Indonesia di bawah ini adalah mereka yang sudah merasakan kesuksesan dari ngeblog yang mendapat penghasilan fantastis. Mereka memiliki website yang mempunyai puluhan ribu hingga ratusan ribu pengunjung setiap harinya.

Nah, berikut ini 14 blogger terkenal dan terkaya di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi dalam dunia blogging khususnya para remaja di Indonesia. 

Blogger Gita Savitri Devi
Blogger keren Indonesia yang pertama adalah Gita Savitri Devi. Beberapa tahun ini nama Gita Savitri Devi santer diberitakan di Tanah Air sebagai mahasiswi asal Indonesia yang kuliah di Jerman.

Gita, sapaan akrabnya, telah menjadi inspirasi banyak kaum muda Indonesia. Meskipun lebih terkenal sebagai Youtuber, namun ternyata Gita juga memiliki blog yang kontennya tak kalah menarik dari konten-kontennya di Youtube.

Sebagai orang yang aktif mengampanyekan isu seputar perempuan, ada banyak tulisan di blognya A CUP OF TEA yang layak untuk dibaca. Bahkan tak hanya isu soal perempuan, Gita juga kerap menulis tentang kesehatan mental, pemerintahan, dan beragam hal lain yang meresahkan pikirannya. Meskipun konten dalam blognya terlihat serius, namun kalimat-kalimat yang dipilih oleh Gita sangat mudah dipahami siapa pun yang membacanya.
Yosef Ardi

Blogger Indah Julianti Sibarani
Nama Indah Julianti Sibarani sudah tak asing lagi di dunia per-blogging-an. Pasalnya, wanita yang akrab disapa IndJul ini merupakan salah satu pentolan komunitas blogger Emak2Blogger. Sebenarnya Indah Julia bisa dibilang dedengkot blogosphere (sebutan buat dunia per-blogging-an).

Indah pertama kali menulis blog di Geocities tahun 2003. Namun, pada saat itu ia masih bekerja sebagai Creative Content di salah satu televisi ternama di Indonesia. Saat itu, dia pun belum terpikir buat memonetasi blognya.

Yang unik kemudian adalah, Indah Julianti ternyata resign bukan karena ingin jadi full-time blogger. Justru awalnya dia memang hanya ingin break dari kerja kantoran dan fokus menulis buku. Namun, selama itu dia masih aktif menulis blog. Bahkan, di tahun 2010, dia sudah dapat beberapa job untuk dipublikasikan di blognya.

Akhirnya, Indah Julia memutuskan fokus pada niche parenting di blog www.indahjulianti.com. Indah menuturkan, para blogger buat menentukan niche blog mereka agar tak campur-aduk.

Bahkan, Indah rela menolak tawaran konten sponsor bila tidak sesuai dengan tema blognya. Indah Julia bisa memperoleh bayaran lebih dari Rp 3 juta dari satu tulisan aja pada tahun 2016, dan kini dipastikan terus bertambah setiap tahunnya.

Blogger Bobby Ertanto
Blogger keren Indonesia berikutnya adalah Bobby Ertanto yang terkenal memiliki beberapa blog yang dia kelola bersama teman blogger lainnya. Namun, beberapa blog miliknya yang paling dikenal adalah virustraveling.com yang dikelola sejak tahun 2008 dan liburmulu.com.

Sesuai dengan namanya, Bobby adalah travel blogger. Passionnya memang jalan-jalan. Namun, Bobby juga rupanya punya cara unik sebagai full-time blogger. Sebab, dia tak hanya mengandalkan konten sponsor sebagai penghasilan utama.

Selepas lulus dari S2, Bobby Ertanto mundur dari pekerjaan di salah satu perusahaan manufaktur ternama Indonesia. Dia mengelola blognya sembari mendirikan bisnis travel agent. Padahal dari blog saja, dia bisa dapat penghasilan sebesar Rp 6 juta sampai Rp 10 juta setiap bulannya.

Bobby ternyata punya tips buat kamu yang ingin mengembangkan blog agar makin ramai. Bobby tidak sekadar menampilkan konten yang ciamik tetapi juga mengandalkan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Teknik tersebut memungkinkan laman blog kamu bakal naik ke halaman satu mesin pencari seperti Google. Dengan demikian, orang-orang yang sebelumnya awam dengan dunia blogger sekali pun tetap bisa menikmati informasi yang kamu berikan.

Blogger Yosef Ardi

Yosef Ardi, salah satu blogger terkaya di negeri kita. Pria asal Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mengawali kariernya sebagai wartawan di harian Bisnis Indonesia. Saat itu, sembari menjadi wartawan, ia juga memulai bisnis online dari blogspot yang ia miliki. Ilmu yang ditimbanya selama berkuliah di California, ia gunakan untuk mengembangkan blog nya menjadi bertemakan politik dan bisnis.

Pada mulanya, Yosef mendirikan blog gratisan berbahasa Inggris. Blog itu dirintisnya sejak tahun 2005 hingga kini. Setelah blog gratisan itu memiliki banyak pengunjung, Yosef kemudian membuat blog nya berbayar per hari 1 dollar Amerika.

Semakin hari semakin banyak yang berlangganan untuk membaca artikel di blog nya. Mantan wartawan ini berhasil mendapat penghasilan sekitar 560 ribu hingga 600 ribu dollar Amerika. Blog miliknya kini telah berkembang sampai ke 23 negara seperti New York, Tokyo, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, Sydney, dan lainnya.

Blogger Assri Tadda

Assri Tadda, pria asal Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu blogger terkaya di Indonesia. Ia memulai blogging sejak tahun 2005. Pemilik website Asritadda.com ini sebenarnya berlatar belakang kedokteran dan memulai konten blog nya dari bidang tersebut. Tak hanya itu, Ia juga mengelola banyak blog dan berhasil mendapat penghasilan sekitar 200 juta per bulan. Kini Asri Tadda mendirikan AstaMedia Blogging School.

Blogger Joko Susilo

Joko Susilo ialah seorang pebisnis online Indonesia. Melalui blog pribadinya yakni ‘JokoSusilo.com’ ia menuangkan pengalaman dan ide-ide kreatifnya seputar bisnis online dan internet marketing. Nama Joko Susilo sangat populer di dunia blogging.

Blog milik Joko Susilo ini memiliki trafik yang luar biasa tinggi, dan postingannya selalu mendapat banyak tanggapan berupa komentar pengunjung. Sebagai pebisnis online, ia sudah terbukti menjadi milyuner sejak bertahun-tahun lalu. Dari hasil tulisannya, Joko Susilo bisa menghasilkan uang sekitar 75 juta per bulan.
Raditya Dika

Tidak banyak yang tahu, komika sekaligus Youtuber ini memulai kariernya sebagai penulis blog. Radit menggunakan blog sebagai portofolio dari karya-karya nya. Melalui blog yang bertajuk ‘Radityadika.com’, ia menuangkan kisah pribadinya lewat tulisan bergaya kocak namun inspiratif. Bahkan, tulisan di blog milik alumni Universitas Indonesia ini berhasil dibuat menjadi buku yang best seller hingga difilm-kan dan membuatnya terkenal seperti saat ini

Blogger Agnes Danovar

Blogger yang satu ini benar-benar sukses sebagai penulis favorit banyak orang. Ia telah menghasilkan ratusan cerita pendek dan 18 novel best seller. Sejumlah rumah produksi pun tertarik mengadaptasi karyanya menjadi sinetron dan film.

Salah satu novel best seller karya Agnes yang diangkat menjadi film, salah satunya ‘Surat kecil untuk Tuhan,’ yang tayang pada tahun 2011 dan ‘My Idiot Brother’ serta beberapa film lainnya.

Ia memulai blogging dari tahun 2008. Awalnya, Agnes sekedar menuangkan hobi menulisnya di blog pribadi. Ia akhirnya mencoba merilis novel dari kumpulan tulisannya. Semula tulisannya tidak mudah diterima penerbit hingga akhirnya ia menerbitkan secara indie.

Perjuangan Agnes pun membuahkan hasil dan membuatnya terkenal seperti sekarang ini. Bahkan kini blog nya sudah diakuisisi garuda food dengan nilai 500 juta pertahun.

Blogger Mehdi Hidayat

Mehdy Hidayat atau yang juga sering dipanggil Mehdy Aginta ini juga merupakan blogger sukses Indonesia. Dalam blog nya ia membahas tentang bagaimana menghasilkan uang dari blog. Pemilik ‘blogguebo.com’ ini juga sudah berhasil menerbitkan dua buku, yaitu buku Blogging For Money dan Pro Blogger. Melalui tulisan menariknya di blog, pria ini berhasil mendapat uang sekitar 4 digit dolar Amerika per bulan.

Blogger Herman Yudiono
Pria asal Sumedang ini memilki gaya dan ciri Khas tersendiri dalam menulis artikel menarik dengan gaya yang blak-blakan. Pemilik website Blogdolar.com ini berhasil mendapat penghasilan mencapai 4 digit dollar Amerika per bulannya.

Blogger Cosa Aranda

Cosa Aranda ialah blogger yang berasal dari Surabaya. Ia juga pemain di Google Adsense dan bisnis Online PTC (bisnis yang ngeklik iklan dapat duit). Pendapatan Cosa pertama kali dari Google Adsense sebesar $1.000 dari website ‘Panduandasar.com’ yang dikelolanya.

Blogger Agus Ramandhani

Pemilik website ‘oom.com’ ini merupakan salah satu blogger yang aktif di dunia blogging sejak tahun 2007. Oom bisa menghasilkan ribuan dollar per bulan hanya dengan blogging saja. Kutipan terkenal dari Oom Agus yakni,” Jadi blogger tidak harus pintar, cukup memiliki imajinasi, ide kreatif, up to date dan mencari semua jawaban di Google,”. Papar Agus dalam blog pribadinya.

Nah banyak sekali ilmu dan pengalaman menarik yang bisa didapat dari kisah para blogger sukses di atas.

Blogging saat ini bisa dijadikan sumber penghasilan utama. Para Blogger terbaik ini berhasil membuktikannya. Dunia blogging bisa membawa menuju kesuksesan di bidang finansial tetapi juga ajang prestasi dalam berkarya. Kamu pun bisa menjadi seperti mereka. Yuk mulai menulis di blog sendiri..