Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Tanaman Yang Cocok Di Musim Kemarau

Berbicara mengenai tanaman, pikiran kita biasanya membayangkan berbagai jenis bunga, pohon, dan sayuran. Hijau tanaman menciptakan rasa segar dan nyaman. Udara disekitar kita pun bersih. Bunga-bunga yang bermekaran bisa membuat suasana yang ceria. Tanaman apapun bentuknya akan menghasilkan keindahan.

Kebanyakan tanaman memerlukan tanah yang subur dan kebutuhan air yang tercukupi. Biasanya tanaman akan layu bahkan mati jika kedua unsur tersebut tidak terpenuhi. Dan ada tanaman yang tidak menyukai sinar matahari yang menyengat. Daun-daunnya akan menguning dan layu.

Itulah perlunya ketelitian dan ketekunan dalam mengurus koleksi tanaman yang dimiliki. Merawat, menyiram dan memberi pupuk perlu di perhatikan dengan tepat. Tidak berlebih tetapi tidak boleh kurang. Tanaman tidak akan tumbuh subur jika ada hal yang kurang tepat.

Tanaman biasanya tumbuh subur dan segar di musim hujan. Tunas-tunas baru bermunculan, dan bakal buah juga mulai keluar. Bunga-bunga yang merupakan komoditi dekorasi ruangan juga biasanya tumbuh di daerah dingin seperti mawar, airbrush.
Berbagai jenis sayuran pun banyak dihasilkan daerah dataran tinggi yang sejuk. Seperti kol, buncis dan wortel dan buah strawberry.

Usaha tanaman memang tidak mengenal musim. Karena karakteristik tanaman berbeda-beda. Jadi ada tanaman yang bisa dijual di musim hujan dan ada tanaman yang bisa jadi peluang usaha di musim kemarau. Kali ini kita akan membahas usaha tanaman yang cocok di musim kemarau. Apa saja, bisa dilihat pada penjelasan selanjutnya. Yuk kepoin.

Jenis Tanaman yang Cocok saat Musim Kemarau

Ada jenis tanaman yang cocok tumbuh di daerah kering dan panas. Tanaman yang menyukai sinar matahari dan kadar air yang sedikit. Sehingga pada musim kemarau pun masih bisa dibudidayakan. Dapat menjadi peluang usaha tanaman yang cocok di musim kemarau.

Jenis Bunga

Untuk jenis bunga yang sangat suka dengan cuaca panas dan sangat terkenal adalah kaktus. Jenis tanaman yang kebanyakan memiliki duri tapi berbentuk unik dan ada juga yang berbunga. Dibudidayakan sebagai hiasan dekorasi ruangan.

Kaktus di padukan dengan vas atau pot yang cocok bisa membuat suasana lain di ruangan. Ada berbagai jenis kaktus, ada yang bentuknya kecil sampai yang tinggi, dan ada kaktus impor dan lokal.

Tanaman ini tidak memerlukan air yang banyak dan merawatnya pun tidak banyak memakan waktu. Oleh karena itu cukup banyak penggemar jenis tanaman ini. Anda bisa menjadikan tanaman kaktus sebagai salah satu usaha yang cocok di musim kemarau.

Jenis Sayuran yang Cocok musim Panas

Selanjutnya ada jenis tanaman sayuran dan buah-buahan yang cocok di tanam pada lahan kering atau pada musim kemarau. Seperti tomat, cabe, timun, semangka, melon, dan jagung.

Jenis sayuran ini tidak memerlukan pasokan air yang banyak. Di musim kemarau justru berbuah lebat dan kualitasnya bagus. Buah tomat akan terasa lebih manis, timun lebih renyah dan cabe berbuah subur. Demikian juga buah semangka dan melon, lebih terasa manisnya.

Walau tidak memerlukan pasokan air yang banyak namun harus tetap diperhatikan kebutuhannya. Jangan sampai kekeringan. Demikian juga kebutuhan pupuk dan pembasmi hama. Anda bisa mencari info tentang pupuk dan pembasmi hama yang sesuai dengan tanaman. Tingkatkan pengetahuan tentang cara merawat tanaman. Pahami karakteristik tanaman dan kebutuhannya.

Nah, begitulah usaha tanaman yang cocok di musim kemarau sudah dijabarkan di atas. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin membuka usaha tanaman di musim kemarau.