Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modal Usaha Pakan Ternak pemula Cukup 6 Juta

Kebutuhan akan pakan ternak yang kian tinggi setiap harinya, ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk membuka toko pakan ternak. Sama halnya seperti manusia yang membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup.

Hewan pun juga membutuhkan pakan ternak buatan atau bukan pakan alami untuk dapat bertahan hidup. Bayangkan apabila seseorang yang memiliki ternak di rumah atau berbudidaya ternak lantas tidak diberi pakan, pasti hewan ternaknya akan mati dan orang tersebut mengalami kerugian.

Selain itu, di era bisnis yang semakin berkembang ini menjadikan banyak orang mulai tertarik untuk terjun di dunia bisnis termasuk di bidang peternakan.

Adapun contoh bisnis peternakan yang bisa dijalani seperti misalnya ayam, kambing, sapi, burung atau ikan. Maka tak heran apabila kita banyak melihat orang memanfaatkan peluang yang positif ini dengan membuka usaha pakan ternak. Di pedesaan sekalipun kita juga bisa melihat banyak toko pakan ternak yang berjualan secara berjejer.

Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Ternak
Adapun untuk memulai sebuah usaha pakan ternak kita tentunya membutuhkan modal untuk usaha pakan ternak tersebut. Berikut ini adalah contoh rincian biaya modal usaha pakan ternak:

1. Belanja bahan baku awal Rp 4 juta.
2. Sewa lokasi usaha Rp 500 ribu.
3. Biaya telepon dan listrik Rp 100 ribu.
4. Gaji karyawan Rp 1 juta (opsional).
5. Biaya tak terduga lainnya Rp 400 ribu.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa total modal usaha pakan ternak sekitar Rp 6 juta. Dengan keuntungan apabila kita mendapatkan omset kotor pakan ternak harga eceran sebesar Rp 200 ribu dalam sebulan maka hasilnya adalah Rp 6 juta.

Sementara itu untuk omset partai besar per bulan semisal Rp 5 juta. Maka laba kotor yang bisa kita dapatkan sekitar Rp 11 juta dan laba bersihnya menjadi Rp 5 juta.

Dalam memulai usaha pakan ternak ini bisa dilakukan dari skala kecil atau rumahan apabila kita mungkin belum mempunyai banyak modal. Yang terpenting adalah sebisa mungkin kita menyediakan pakan ternak secara lengkap untuk memudahkan para pembeli.

Di samping itu, harga pakan ternak yang lebih murah dibandingkan penjual lainnya akan membuat para pembeli memilih untuk membeli pakan ternak di toko kita. Oleh karena itu, apabila tertarik untuk membuka usaha pakan ternak di bawah ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Pasokan Pakan Ternak

Hal utama apabila kita membuka usaha pakan ternak tentunya pakan ternak menjadi sesuatu yang harus ada. Maka dari itu usahakan untuk mendapat pasokan pakan ternak yang langsung dari distributor pusat.

Pasalnya apabila kita membelinya langsung dari distributor harganya akan lebih murah. Seperti misalnya harga per kg leci dari distributornya langsung hanya Rp 4000 hingga Rp 7000.

2. Harga Pakan Ternak yang Terjangkau

Berikan harga pakan ternak yang lebih murah atau terjangkau dari kompetitor, apalagi manusia adalah makhluk yang ekonomis. Ini artinya mereka akan memilih dan membeli barang dengan jenis yang sama di tempat yang lebih murah.

Oleh karena itu sebaiknya kita juga perlu memeriksa harga pakan ternak yang dijual oleh kompetitor kita. Ini berguna agar kita dapat mematok harga jual yang tidak terlalu mahal dari harga pasaran.

3. Pakan Ternak Harus Berkualitas

Dalam membuka usaha pakan ternak, tentunya kita harus menyediakan pakan yang berkualitas. Semisal pakan ternak tidak boleh dalam kondisi yang tidak bagus atau kadaluarsa. Pasalnya kualitas pakan yang buruk dapat merugikan konsumen dan toko usaha pakan ternak yang kita jalankan.

Usahakan juga penjualan pakan ternak dimulai dari partai kecil eceran hingga partai besar yaitu perkarung atau per sak dengan isi sekitar 25 kg.