Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ide Bisnis Menggiurkan Saat Libur Sekolah

Saat libur sekolah tiba biasanya waktunya sangat panjang. Bahkan bisa mencapai waktu 3 minggu hingga satu bulan lamanya. Saat sedang tidak ada pandemi Corona seperti sekarang ini. Biasanya banyak orang yang berencana untuk mengisi waktu kosong tersebut.

Hal yang paling menyenangkan saat libur sekolah yang panjang, tentunya adalah dengan liburan. Orang-orang akan menghabiskan waktu liburan sekolah dengan berlibur bersama keluarga.

Namun adapula yang memilih untuk beristirahat di rumah alias family time. Apalagi jika sedang ada pandemi COVID 19 ini yang mengharuskan orang untuk stay di rumah.

Mungkin saat liburan sekolah ada yang lebih memanfaatkan momen ini dengan kegiatan yang produktif. Produktif dalam artian untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Meski waktunya terbatas, penghasilan yang akan didapatkan cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan. Seperti di bawah ini 7 ide bisnis yang menggiurkan saat libur sekolah.

1. Menawarkan Jasa Antar-Jemput untuk Wisatawan

Bagi kalian yang mempunyai kendaraan tidak terpakai alias menganggur. Mungkin bisa dimanfaatkan sebagai jasa antar-jemput ke tempat-tempat wisata.

Caranya bisa dengan menawarkan jasa tersebut ke tetangga sekitar atau menawarkannya lewat media sosial dan bisa juga ke tempat wisatanya langsung. Untuk tarif yang ditetapkan bisa diukur dengan berapa jarak perjalanan yang ditempuh.

2. Menjual Merchandise di Tempat Wisata

Tempat wisata saat liburan sekolah pastinya akan menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Sehingga tempat seperti ini sangat potensial untuk dipilih jadi tempat usaha.

Kemudian, apa saja produk yang akan laku dijual di tempat wisata? Banyak sekali misalnya souvenir yang identik dengan tempat wisata tersebut bisa berupa boneka, kaos, topi atau miniature lainnya.

3. Menjadi Vendor Wisata

Cobalah menjajal peruntungan untuk menjadi seorang vendor wisata. Meskipun vendor wisata dadakan cukup beresiko. Setidaknya kalian harus memiliki pengalaman dan kenalan di tempat wisata tersebut. Hal ini untuk mengurangi terjadinya kesalahan saat mengatur perjalanan wisata.

4. Bisnis Mainan Anak-Anak

Ide bisnis menggiurkan saat liburan sekolah mungkin kalian bisa menjual mainan anak-anak. Kita dapat menjajakan mainan tersebut di tempat yang ramai seperti tempat perbelanjaan, wisata atau taman hiburan.

Sesuaikan modal dengan jenis mainan anak-anak yang akan kalian jual. Seperti misalnya menjual mainan anak-anak tradisional yang tidak memerlukan modal lebih seperti layangan, perahu dari aluminium atau baling-baling dari bambu.

5. Buka Tempat Makan Dadakan

Cukup hanya memanfaatkan teras depan rumah dan skill memasak. Kita bisa memulai usaha dadakan menjelang liburan sekolah dengan membuka tempat makan.

Bisnis makanan merupakan salah satu peluang usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Oleh karena itu usahakan tempat kalian ini ramai agar diserbu para pengunjung yang datang.

6. Menawarkan Jasa Servis dan Bengkel Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan orang-orang ini pasti terlebih dahulu mempersiapkan kendaraan mereka. Ini dilakukan agar kondisi kendaran tetap ready menempuh perjalanan panjang.
Untuk itulah diperlukan jasa montir guna mengecek mesin kendaraan tetap oke saat dibawa berkilo-kilometer. Nah, ini bisa jadi ide bisnis yang menggiurkan saat liburan sekolah berlangsung.

7. Menjadi Fotografer dan Menjual Dokumentasi Berlibur

Saat liburan sekolah tiba banyak orang yang berlibur dan ingin mendokumentasikan momen liburan mereka. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan menawarkan jasa fotografer di berbagai tempat wisata.

Untuk tarif, kita bisa menetapkan paket dokumentasi mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 800.000. Paket dokumentasi tersebut meliputi softcopy foto-foto dokumentasi (tak terbatas), 1 album kolase yang berisi sampai 100 foto dan juga softcopy video acara.