Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mencari Mitra Usaha Paling Efektif

Menyoal tentang mencari mitra usaha dalam menjalankan bisnis, tentunya hal utama yang ada dalam otak kita adalah bagaimana cara memilih mitra usaha yang tepat?

Pasalnya ternyata tidak mudah dalam hal mencari mitra usaha yang tepat. Kemudian, dalam melakukan hal ini pun banyak hal yang harus dipertimbangkan. Seperti misalnya apa guna mencari mitra usaha dan apa keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Dalam mencari mitra usaha tidak hanya menyangkut persoalan apa yang akan kita cari dari mitra usaha tersebut. Namun kita juga harus memikirkan apa yang bisa
kita berikan kepada mitra usaha kita tersebut. 
 
Nah untuk menjawab dua hal ini kita membutuhkan yang namanya strategi partnership. Hal ini sangat dibutuhkan agar keselarasan dalam menjalin bisnis menguntungkan untuk keduanya.

Perlu diingat juga bahwa dalam bermitra usaha ada perjanjian yang mengikat diantara kedua belah pihak. Hal ini menjadi patokan agar kita tidak boleh sembarangan dalam mengambil tindakan, sebaliknya juga dengan calon mitra usaha kita.

Meskipun tidak mudah dalam mencari mitra usaha yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan agar menemukan mitra usaha yang tepat.
1. Carilah Mitra Usaha dari Lingkungan Sekitar

Pertama yang harus dilakukan dalam mencari mitra usaha adalah melalui koneksi yang kita kenal. Dengan ini kita memiliki kepercayaan lebih untuk mendapatkan mitra bisnis yang potensial.

Kemudian, mitra bisnis yang kita dapatkan melalui jalan atau jalur koneksi ini adalah cara yang paling sering ditemukan dalam menemukan partnership. Maka ini bisa diterapkan dengan mudah tanpa perlu bingung lagi.

2. Cari Mitra yang Memahami Kekuatan dan Kelemahan

Apabila kita memahami kekuatan dan kelemahan mitra bisnis serta tindakan mereka. Hal ini agar kerjasama yang dilakukan dapat terus berjalan.

Pasalnya banyak mitra bisnis yang sudah berjalan dalam waktu yang lama dan saling menjatuhkan karena mengetahui kelemahan masing-masing.

Ada baiknya lakukan analisa secara bersama, ketahui kekurangan dan kelebihannya bersama agar dapat menutupi kelemahan satu sama lain.

3. Mitra yang Kredibel

Apa itu kredibel atau kredibilitas adalah dapat dipercaya dan bertanggung jawab setiap tindakan yang dilakukan. Dalam menjalankan mitra bisnis merupakan proyek jangka panjang yang bertujuan untuk saling membantu dan mengembangkan perusahaan satu sama lain. 

Oleh karena itu, sifat kredibilitas pada satu perusahaan mitra sangatlah penting. Dengan mempunyai mitra bisnis yang kredibel tentu kita akan saling mempercayai satu sama lain dan akan membuat keuntungan yang tidak terbatas.

4. Memahami Bisnis yang Akan Dijalankan

Cara mencari mitra usaha lainnya adalah mereka yang dapat memahami bisnis yang sedang kita jalankan. Sebaiknya jangan mencari mitra usaha yang hanya karena modalnya saja, karena ini sangat merepotkan.

Namun bukankah bisnis erat hubungannya dengan kecepatan dan efisiensi. Jadi baiknya kita tidak perlu menghabiskan waktu dengan partner yang masih newbie.