Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Wisata Air Terjun Di Muara Enim

Berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan jangan lupa untuk mampir di kabupaten yang satu ini, Kabupaten Muara Enim tepatnya. Kabupaten ini memiliki letak geografis yang berbatasan langsung dengan kota Palembang disebelah utara, Ogan Komering Ulu disebelah timur, provinsi Bengkulu di selatan dan kabupaten Lahat di sebelah barat.

Karena memiliki lokasi yang strategis, kabupaten muara enim memiliki topografi di dataran tinggi yang tentunya memiliki banyak lokasi wisata yang unik. Yang menjadi suguhan utama di kabupaten ini yakni wisata air terjun yang sangat indah. Penasaran air terjun apa saja yang ada di muara enim Palembang Sumatra Selatan? Berikut ulasannya …

1. Air Terjun Bedegung
Air terjun Begedung merupakan tempat wisata yang ada di Muara Enim yang berlokasi di kecamatan Tanjung Agung. Air terjun ini juga memiliki nama lain, warga sekitar menyebut air terjun ini dengan nama Curup Tenang Bedegung.

Untuk menuju ke lokasi Anda perlu waktu tempuh 30 menit dari desa yang terdekat dengan lokasi air terjun 99 meter ini. Disekitar air terjun terdapat banyak spot berendam yang airnya sangat segar.

Air terjun Bedegung salah satu destinasi wisata yang ada di Muara Enim berlokasi di kecamatan Tanjung Agung. Masyarakat di sekitar mengenalnya dengan Curup tenang Bedegung yang terkenal dengan panorama yang sangat indah.

2. Air Terjun bemban

Selain air terjun Bedegung, Muara Enim juga memiliki air terjun Bemban yang sama-sama berada di kawasan kecamatan Tanjung Agung. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, Bemban merupakan air terjun yang cukup unik dengan adanya undakan bebatuan alami yang membuatnya semakin terlihat eksotis.

3. Air Terjun Jernihan

Air terjun Jernihan menjadi favorit bagi para petualang. Pasalnya untuk sampai di air terjun, Anda diharuskan melalui lebatnya hutan dan butuh waktu tempuh yang cukup lama sekitar 1 jam. Belum lagi medannya yang sangat berat. Yang menarik dari air terjun Jernihan adalah pemandangan sekitar yang cukup asri dan masih alami serta ada spot beberapa kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

4. Curung Selingsinh

Curup Selingsing terletak di desa Tanjung Agung kecamatan Tanjung Agung, lebih kurang 40 km atau sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor dari Muara Enim. Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter dan lebar 10 meter di kelilingi hutan yang cukup rindang.

Untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus mengeluarkan tenaga ekstra, karena harus melewati perkebunan dan jalan yang cukup sulit, tetapi rasa lelah perjalanan akan terbayar lunas setelah sampai di lokasi air terjun. Uniknya dasar sungai air terjun merupakan batubara, jadi tidak licin saat di injak, sehingga pengunjung dapat leluasa untuk berfoto dan mandi di air yang sangat jernih.

5. Curup Napal Lintang

Curup Napal Lintang terletak di desa Lubuk Nipis Kecamatan Tanjung Agung dari kota Muara Enim lebih kurang 40 km atau butuh waktu sekitar satu setengah jam untuk dapat mencapai lokasi. Tak kalah menariknya dari air terjun lain, keindahan alam di air terjun ini masih sedemikian asri dengan bebatuan besar dan udara yang sedemikian sejuk.

6. Air Terjun Curup Bali

Bagi Anda yang ingin tantangan yang sedikit ekstrim maka berkunjung ke air terjun Curup Bali perlu dicoba. Pasalnya air terjun yang berada di Desa Lebak Budi ini untuk menempuhnya harus melalui medan yang cukup ekstrim sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar sudah tatkala melihat air terjun setinggi 20 meter ini. Debit airnya yang cukup besar ditambah dengan lingkungan sekitar air terjun yang masih alami semakin membuat decak kagum siapapun yang melihat.