Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Pekerjaan Freelance Untuk Anak SMA

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Hal ini tak ayal membuat anak milenial, termasuk pelajar SMA mencari peruntungan di dunia online.

Lewat online/ internet bukan hal yang tidak mungkin mereka bisa bekerja sampingan atau freelance. Salah satu keuntungan dari kerja online atau freelance ini adalah efisiensi waktu dan tempat yang bisa dilakukan di rumah saja.

Meskipun demikian, freelance atau pekerjaan sampingan ini apabila ditekuni dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang melimpah. Mungkin hanya dari freelance, seorang anak SMA pun bisa meraih kesuksesan dengan hasil yang fantastis melebihi dari gaji seorang karyawan.
Bekerja freelance juga menjadikan anak muda lebih mandiri dan dapat mengatur waktu lebih baik. Di dunia ini ada banyak pekerjaan sampingan secara online yang terbuka lebar untuk anak SMA.

Seperti misalnya bidang fotografi, videografi, desain grafis hingga musik, dan content writing. Dengan menekuni bidang tersebut apalagi bagi yang sudah mempunyai dasar, maka akan lebih mudah dan tinggal diasah lagi agar lebih profesional. Setelah itu jangan lupa untuk menawarkan diri atau personal banding yang baik agar banyak klien yang merekut nantinya. Seperti beberapa freelance online dibawah ini yang cocok dijalani untuk anak SMA:

1. Penerjemah Bahasa Online

Bagi yang menguasai bahasa Asing baik bahasa Inggris ataupun bahasa asing lainnya. Ini adalah peluang besar untuk kalian menjadi seorang penerjemah bahasa di berbagai situs freelance. Hanya dengan menggunakan fasilitas laptop atau HP. Kemudian apabila jasa menjadi penerjemah bahasa Asing tersebut ada klien yang merekrut, maka dipastikan kalian akan mendapatkan sejumlah pundi-pundi uang.

2. Jasa Fotografi Online

Apakah kalian termasuk orang yang hobi fotografi? Jika iya maka hobi fotografi kalian akan menghasilkan dollar dari internet. Apalagi jika ditambah dengan skill fotografi dan editing yang bagus, maka hasil jepretan mu dapat dijual di beberapa situs seperti situs shutterstock.com, adobe stock dan IStock. 

Nantinya setiap ada klien yang membeli hasil karya kalian dalam bentuk foto itu uang akan segera mengalir. Kemudian, semakin banyak karya kalian dibeli maka semakin banyak pula penghasilan yang didapatkan.

3. Jasa Content Writing

Jaman dulu orang hobi menulis hanya bisa dituangkan ke dalam buku diary, namun di era serba digital ini kegiatan menulis bisa dilakukan secara online dan bahkan bisa menghasilkan banyak uang. Di internet ada banyak tawaran job untuk menjadi seorang penulis artikel baik dari situs dalam negeri ataupun dari situs luar negeri.

Agar klien dapat merekrut kalian buatlah sample tulisan terbaik dan menarik tentunya. Kemudian jangan lupa untuk selalu mengasah skill atau kemampuan menulis agar semakin banyak peluang kesempatan mendapatkan uang yang lebih banyak bisa didapatkan dari menulis ini.