Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Perusahaan Startup paling Populer di Indonesia

Di negara Indonesia banyak perusahaan startup atau perusahaan perintisan. Meskipun awalnya startup identik dengan kaum milenial, sekarang ini mulai menjamah ke berbagai generasi termasuk generasi Z.

Memang tidak bisa dipungkiri mendirikan perusahaan startup dinilai dapat mendatangkan keuntungan. Sehingga banyak orang yang tergiur dan saling berlomba-lomba ingin mendirikan perusahaan startup ini.

Selain itu, dengan banyaknya daftar perusahaan startup di Indonesia ini dapat menyokong perekonomian negara kita. Definisi perusahaan startup sendiri yakni sebuah perusahaan yang baru dirintis dan usianya dibawah 5 tahun. 
Namun rupanya pengertian ini kini sudah tidak relevan lagi. Pasalnya, ada banyak perusahaan startup di Indonesia yang beroperasi lebih dari 5 tahun, tetapi masih tergolong ke dalam startup.

Sehingga definisi perusahaan startup lebih kepada sebuah perusahaan yang menggabungkan unsur sosial dengan ekonomi. Kemudian startup adalah perusahaan yang mempunyai ciri adanya inovasi teknologi dengan sifat disruptif.

Selain itu, mereka mempunyai atmosfer lingkungan kerja yang lebih sehat dan anti perbudakan. Maka tidak heran banyak anak muda yang ingin bekerja di perusahaan startup tersebut.

Berikut ini adalah 4 daftar perusahaan startup di Indonesia dalam berbagai bidang.

1. Perusahaan Tokopedia

Daftar perusahaan startup di Infonesia yang sangat populer dan terpercaya yaitu Tokopedia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2009 dan masih eksis hingga saat ini.

Kini Tokopedia bertansformasi menjadi perusahaan besar atau unicorn yang memiliki nilai kapitalisasi lebih dari 1 miliar dollar. Tidak hanya sukses beroperasi di Indonesia saja, Tokopedia juga telah memperluas jaringan hingga ke negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

2. Perusahaan Gojek

Perusahaan startup di Indonesia dalam transportasi online atau Gojek ini berdiri pada tahun 2010. Dalam kurun waktu 10 tahun, Gojek dapat diterima baik oleh masyarakat dan mulai merambah ke negara lain seperti Thailand, Vietnam dan Singapura.

Pemilik perusahaan Gojek ini tidak lain adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Makarim. Guna mendukung tren keuangan global, Gojek menyediakan layanan berupa uang elektronik bernama Gopay.

3. Perusahaan Ruangguru

Untuk daftar perusahaan startup di Indonesia dalam bidang edukasi adalah PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru. Pemilik dari perusahaan Ruangguru ini masih tergolong muda atau dari kalangan generasi milenial bernama Adamas Belva Syah Devara.

Ruangguru berdiri pada tahun 2014 dan banyak digunakan sebagai media edukasi online oleh pelajar di Indonesia. Ruangguru adalah solusi untuk menjawab permasalahan pendidikan di Indonesia yang mungkin banyak yang mengalami keterbatasan di luar sana.

4. Perusahaan Shopee

Salah satu daftar perusahaan startup E-commerce berwarna oranye ini pasti tidak asing lagi buat kita yang gemar belanja online.

Shopee berdiri pada tahun 2009 dibawah naungan SEA Group atau sebelumnya dikenal dengan nam Garen. Kemudian, perusahaan startup ini juga mempunyai kantor pusat di Singapura. Sehingga tidak heran jika peluncuran aplikasi Shopee pertama kali pada tahun 2015 dilakukan di negara ini.

Selain 4 daftar perusahaan startup di Indonesia yang disebutkan di atas tadi. Masih banyak perusahaan startup lainnya di Indonesia seperti misalnya Lazada, blibli, Olx, grab, tiket, traveloka dan masih banyak lagi.

Manakah diantara perusahaan-perusahaan startup di atas yang pernah kalian pakai? Pastinya semuanya tidak asing ditelinga bukan.