Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Usaha Ternak yang Cocok Di Lahan Sempit

Anda ingin membuka usaha ternak yang menjanjikan? Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka usaha ternak. Mulai dari biaya, ide, modal, sampai dengan niat yang sungguh-sungguh.

Membuka usaha ternak juga bisa dibilang gampang-gampang susah, hal ini dikarenakan modal yang terlalu besar, peluang usaha kurang bagus sampai dengan kekurangan lahan.

Banyak yang beranggapan, untuk membuka usaha ternak harus memiliki lahan yang luas. Padahal terdapat usaha ternak yang bisa di kembangkan di lahan sempit. Berikut ini kami berikan beberapa jenis usaha ternak yang cocok di lahan sempit. Check this out!
Ternak Ayam Hias

Bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas maka usaha ternak ayam hias bisa menjadi solusi untuk memulai bisnis Anda. Tingginya angka permintaan untuk ayam hias begitu banyak sehingga usaha ini perlu anda pertimbangkan.

Jenis ayam yang banyak peminatnya, yaitu Ayam Serama, Ayam Ketawa, Ayam Batik, Ayam Cemani, serta berbagai jenis ras ayam luar negeri.

Ternak Ikan Hias

Dengan melejitnya pamor ikan hias, membuat bisnis ini menjadi sebuh tren bisnis yang cukup menjanjikan. Usaha ikan hias ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas. terdapat banyak ikan hias yang bisa Anda budidayakan, contohnya Ikan Koi, Ikan Arwana, Ikan Cupang, Ikan Guppy dan lain sebagainya.

Ternak Burung Puyuh

Burung ternak memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita. Telur burung puruh memiliki kandungan yang baik untuk pertumbuhan anak-anak. Selain telur, daging burung ini juga memilki rasa yang gurih. Tak heran, jika banyak orang yang mencari usaha ternak burung puyuh untuk membeli telur juga burungnya untuk dikonsumsi.

Usaha ternak burung puyuh juga tidak membutuhkan lahan yang luas. anda bisa membudidayakan ternak burung puyuh ini di halaman belakang rumah Anda. Anda hanya perlu mempersiapkan kandangnya. Mudah bukan?

Ternak Kucing Ras

Kucing merupakan salah satu binatang yang dianggap paling ramah dengan kehidupan sehari-hari, karena kita dapat menemuinya diberbagai tempat.

Terdapat banyak jenis kucing ras yang populer di dunia, diantaranya adalah kucing anggora dan persia. Banyak orang yang mencari jenis kucing ras untuk menjadi binatang peliharaan mereka di rumah.

Nah, dengan fakta ini, peluang bisnis ini sangat bagus sekali mengingat banyak orang yang menyukai binatang imut yang satu ini.

Ternak Ikan Lele

Budidaya ikan lele tidak harus dilakukan di kolam tanah. Saat ini Anda bisa membuat kolam dengan menggunakan terpal. Teknik ini menguntungkan bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas.

Ikan lele merupakan jenis ikan yang tahan dalam berbagai lingkungan dan kondisi air. Dengan luas lahan 20X20 meter, Anda sudah bisa membuat beberapa kolam ikan lele dari terpal.

Ternak Kelinci

Kelinci memang hewan yang lucu tingkah lakunya itu membuat banyak orang yang gemas dan ingin memelihara hewan ini. Selain untuk peliharaan binatang yang satu ini juga bisa diambil dagingnya.

Manfaat mengkonsumsi kelinci juga banyak bagi kesehatan. Kelinci sendiri memiliki umur hingga 10 tahun, jika Anda merawatnya dengan baik.

Ada dua jenis kelinci yang biasanya dibudidayakan, yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa, kelinci pedaging diambil dagingnya sedangkan kelinci hias dijadikan sebagai binatang peliharaan saja.

Untuk membuka usaha ternak kelinci juga tidak membutuhkan banyak waktu dan usaha. Apalagi saat ini di pasar sudah tersedia banyak makanan kelinci dan Anda juga bisa memberikan makanan berupa pelet ke kelinci.

Ternak Lebah Madu

Siapa yang tidak menyukai madu. Selain rasanya yang manis, madu juga memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan.

Ide usaha ini menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin menghasilkan, menjual, dan juga menikmati manisnya penghasilan dari madu. Tekstur yang kental dan manis ini merupakan produk unggulan dari lebah. Selain itu, ruang untuk sarang lebah juga tak perlu begitu luas.

Usaha satu ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memilki lahan yang luas. Selamat mencoba!

Peternakan Udang/ Lobster Air Tawar

Udang dan Lobster sering kali dicari oleh para pelaku bisnis di bidang kuliner. Banyak diantara mereka yang mencari udang atau lobster dengan kualitas yang bagus dan tentu saja segar.

Dalam mengelola usaha ini, ketepatan dalam perawatan menjadi kunci kesuksesan Anda. Udang termasuk binatang yang rentan stres. 

Pastikan Anda sudah menguasai pengetahuan tentang perawatan udang dan lobster sebelum mulai membuka usaha ini. Pangsa pasar udang dan lobster juga sangat luas, baik dari dalam dan juga luar negeri.

Budidaya Ulat Hongkong / Mealworm

Ulat Hongkong biasanya digunakan untuk pakan burung, ikan, laba-laba, binatang pegerat, reptil, dan lain-lain. Budidaya Ulat Hongkong belakangan mengalami peningkatan. Dengan menjamurnya pencinta burung, ikan, reptil, dan peternak kroto, maka reputasi ulat Hongkong pun terdongkrak.

Ulat ini memang menjadi salah-satu pakan yang difavoritkan. Tak heran jika harganya terus meroket. Namun jika Anda masih pemula, tentu anda memerlukan kesabaran dan ketelatenan.

Ternak Siput / Bekicot

Terdapat peternakan siput/bekicot Kabupaten Kediri di Jawa Timur, yang mengekspor hasil budidayanya ke negara Eropa. Pasalnya, siput/ bekicot ini merupakan makanan khas Eropa.

Usaha satu ini juga terbilang anti-mainstream dan tidak mudah. Namun, usaha ini bisa menjadi sumber rezeki besar, karena dagingnya berpotensi diekspor ke luar negeri.

Sebelum membuka bisnis ini pastikan Anda untuk memperkaya pengetahuan dan skill dalam memelihara siput/bekicot.

Lahan yang diperlukan juga tidak terlalu besar, untuk ukuran kandang 1 meter persegi berisi kurang lebih 60 ekor induk.

Nah, itulah 10 jenis usaha ternak yang cocok Anda buka di lahan sempit. Jadikan artikel ini sebagai referensi sebelum Anda menentukan membuka usaha Anda.