Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Kambang Iwak yang Populer dan Bersejarah di Kota Palembang

Taman Wisata Kambang Iwak Besak. Ini salah satu jejak peninggalan Belanda di Kota Palembang yang asri dan sejuk karena ditumbuhi pepohonan.

Tidak diketahui secara persis apa nama taman ini pada zaman Belanda yang hingga kini jadi ikon Kota Palembang. Bentuk danau (kambang) yang menyerupai iwak (ikan), kini populer disebut kambang Iwak.
Taman ini dibuat saat jaman Belanda diperuntukkan untuk warga Belanda yang bermukim disekitaran taman tersebut sebagai saranan rekreasi keluarga.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya permukiman warga Belanda disekitaran Taman Wisata Kambang Iwak yang sekarang nama daerah tersebut adalah kawasan Talang Semut.

Salah satu bukti lagi, kawasan Talang Semut dahulu adalah permukiman elit warga Belanda. Bangunan mewah yang sekarang menjadi rumah dinas Walikota Palembang, hingga sekarang masih kokoh berdiri.

Kambang Iwak juga dikelilingi pohon-pohon tua yang saat ini masih ada. Di era saat ini satu sudut Kota Palembang ini menjadi tempat favorit keluarga untuk olahraga. Artikel ini telah terbit di laman Times Indonesia edisi 18 april 2021