Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alat yang Dibutuhkan untuk buka Bengkel Las

Membuka usaha bengkel las wajib memiliki peralatan yang lengkap. Setidaknya ada beberapa alat wajib bengkel las yang harus ada sebagai alat kerja kita.

Seiring waktu, kehadiran bengkel las memiliki peran penting dalam kehidupan karena produk bengkel las dibutuhkan oleh semua rumah tangga. Untuk itulah bagi kamu yang berencana buka usaha bengkel las harus membeli peralatan yang lengkap. 

Peralatan bengkel las tidak terlalu banyak setidaknya kamu cukup menyiapkan 7 alat wajib untuk bengkel las kamu. Berikut daftar alat bengkel las yang wajib kamu beli.

Mesin Las Listrik
Jelas ini menjadi hal wajib ada, kalau gak ada alat ini tentu usaha bengkel mu tidak bisa melakukan pengelasan produk. Kecuali kalau memang bukan menggunakan mesin las jenis listrik, atau mesin las jenis tabung gas, namun karena pembahasan kali ini adalah tentang las listrik maka jenis Las Trafo maupun Las Inverter wajib ada.

Harap diperhatikan sebelum kamu membeli mesin las listrik, alangkah baiknya anda mengetahui tentang jenis-jenis Mesin Las Listrik yang Bagus. Kisaran harga mesin las listrik ini mulai 1 jutaan ke atas untuk jenis mini inverter.

Gerinda Tangan

Alat ini Gunanya untuk pemotongan maupun grinder penghalusan hasil pengelasan, harganya mulai 200ribuan. Cukup terjangkau harga nya. 

Mesin Potong Besi / Cutting Off

Fungsinya jelas untuk memotong material besi, karena usaha las listrik sangat berkaitan erat dengan bahan besi. harga mulai 2 jutaan 

Kompressor

Untuk pengecatan hasil pekerjaan agar hasilnya lebih halus dibanding dengan kuas. Untuk jenis kompressor bisa pilih yang menggunakan listrik saja lebih murah dibanding kompressor dengan mesin bensin.

Harga kompressor listrik sekarang ini juga mulai 900 ribuan. Dan jangan lupa untuk Spray Gun sekalian, harga spray gun untuk ngecat mulai 180ribuan

Bor Listrik

Ada dua jenis bor yang perlu dibutuhkan, yakni jenis bor khusus beton dan juga bor biasa, alangkah baiknya untuk jenis bor biasa bersistem bolak-balik (Variabel Speed).

Harga bor Beton kualitas baik mulai 850ribu keatas, untuk bor listrik biasa mulai 200 ribuan

Genset

Untuk genset sebenarnya hanya untuk antisipasi saja, alias saat listrik dari PLN mati dan pekerjaan mesti diselesaikan hari itu juga, atau saat pemasangan di perumahan yang biasanya memiliki listrik rumahan berdaya 450 watt jelas tidak kuat. 

Untuk menghidupkan mesin inverter 900 watt, maka fungsi dari Generator Set amat berguna. Namun harganya paling mahal diantara alat diatas, mulai 7 jutaan versi standar.

Ini bisa diakali kalau didaerah anda ada penyewaan GenSet, di kota kami saat ini biaya sewa untuk alat genset mulai 35ribu per hari, dengan bensinnya mengisi sendiri.

Kurang lebih hanya itu beberapa peralatan penting wajib ada dalam usaha bengkel las listrik, untuk alat-alat kecil lainnya seperti Tang, Obeng, dan lain-lain tidak kami bahas karena jelas anda tahu sendiri berapa harganya. semoga catatan ini dapat memberikan pemahaman baru bagi anda yang besok mau membuka bengkel las listrik, selamat semoga lancar jaya,