Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

26 Usaha Ternak yang Cepat Panen dan paling Menguntungkan

Berbicara usaha Ternak memang tidak ada habisnya karena jika dikupas banyak sekali jenisnya hewan ternak yang cepat panen seperti unggas, mamalia dan lain sebagainya.

Untuk menjalankan usaha Ternak memang tidak memerlukan keahlian yang khusus tetapi anda harus memiliki ketekunan dalam menjalankannya.

Usaha ternak memang salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan karena pasar dan peluangnya masih terbuka. Peluang ini bisa anda lihat dari banyaknya rumah makan dan pasar yang membutuhkan yang namanya bahan masakan yang berasal dari Ternak.

Usaha ternak yang Cepat Panen

Nah, apakah anda salah satu orang yang ingin menjadi sukses dari usaha ternak dalam waktu singkat? Jawabannya adalah anda harus menjalankan usaha ternak yang cepat panen. Berikut adalah ide usahanya.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 1. Ternak Jangkrik
Contoh usaha ternak cepat panen (Foto sinautami.com) 
Usaha ternak jangkrik tidak bisa diremehkan karena usaha ini salah jenis budidaya yang cepat panen. Usaha ternak jangkrik banyak sekali yang membutuhkan hewan malam satu ini, ditambah lagi harganya yang cukup mahal.

Saat ini jangkrik menjadi kebutuhan khusus bagi para peternak burung atau ikan. Dan bahkan jangkrik dapat dijadikan olahan makanan khas di suatu daerah seperti di Yogyakarta.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 2. Ternak Kelinci
Usaha kelinci tidak dapat diremehkan juga karena hewan mungil ini salah satu usaha ternak yang cepat panen. Hanya dengan beberapa induk saja bisa menjadi puluhan sehingga usaha ini cukup menjanjikan.

Banyak sekali orang yang menyukai hewan yang satu ini karena terlihat lucu. Peminat dari hewan satu ini bisa berasal dari pelaku usaha kuliner karena dijadikan sebagai bahan masakan atau para pencinta hewan karena untuk dipelihara.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 3. Ternak Ikan Hias
Ada yang minat untuk memulai usaha ikan hias? Maka pilihan anda sudah tepat karena usaha ini sangat menjanjikan karena banyak sekali peminatnya baik sebagai hiasan di aquarium maupun digunakan untuk mengikuti kompetisi.

Masalah harga dari ikan hias ini tergantung pada jenisnya, semakin bagus ikan hias tersebut maka harganya akan semakin mahal. Sehingga tidak jarang orang rela merogoh kocek yang lumayan agar bisa memiliki ikan hias yang diinginkan.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 4. Ternak Lele
Berbicara soal usaha ternak yang paling cepat panen maka usaha ternak lele tidak boleh anda lewatkan. Ternak lele tidak begitu rumit karena ikan ini mudah bertahan hidup dan yang penting adalah cepat panen. Masalah modal sudah pasti modal minim.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 5. Ternak Belut
Usaha ternak belut ini sangat potensial karena banyak sekali olahan yang berbahan dasar belut, misalnya keripik belut, sambal belut dan lain sebagai nya.

Belut masuk ke jenis ikan, namun sangat mirip sekali dengan ular. Jadi mungkin orang ketika melihat belut takut untuk memakannya, namun jika sudah di olah belut ini memiliki protein yang tinggi.

Untuk budidaya ternak belut tidak harus dilakukan di sawah karena sekarang sudah banyak sekali inovasi dalam hal ternak sehingga lebih mudah dan cepat panen.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 6. Ternak Ayam Petelur

Usaha ternak unggas yang satu ini tidak perlu diragukan lagi baik ayam petelur maupun ayam daging. Sudah banyak pelaku usaha satu ini yang sukses karena meraup keuntungan yang cukup besar.

Ternak ayam ini bisa dimanfaatkan telur dan dagingnya sehingga jika ayam anda tidak produktif lagi maka anda bisa menjual ayam tersebut kepada penjual daging. Sehingga anda memiliki keuntungan yang berlipat.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 7. Ternak Ikan Cupang

Ikan cupang terkenal dengan keindahannya sebagai ikan hias. Sekarang ini sangat banyak orang yang berminat untuk memelihara ikan mungil yang cantik ini.

Dari segi bisnis, ternak ikan cupang terbilang cepat panen karena Indukan ikan cupang jantan bisa mulai di budidayakan pada usia 4-8 bulan, sedangkan betina 3-4 bulan. 

Perlu diketahui bahwa sekali kawin, ikan cupang bisa menetaskan 1000 telur. Telur tersebut akan menetas dalam 24 jam. Dan dari 1000 telur hanya 30-50 ikan yang berhasil bertahan hidup. Induk jantan ikan cupang bisa dikawinkan sebanyak 8 kali dalam waktu 2-3 minggu.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 8. Ternak Ikan Mas

Usaha ternak yang cepat panen selanjutnya yaitu ternak ikan mas. Caranya kita hanya membeli bibit yang sudah lumayan besar. Rata-rata ikan mas akan dipanen dari bibit itu 2 sampai 4 bulan. 

Agar ikan Mas tumbuh besar dengan cepat maka pelet bisa anda kombinasikan dengan cacing tanah atau ulat daun pisang. Caranya jangan memberikan makanan bersamaan, misal pelet dengan cacing tanah. Tapi berikan, misal pelet pagi hari, cacing tanah pada sore hari, atau bisa juga sebaliknya

Usaha Ternak yang Cepat Panen 9. Ternak Puyuh
Usaha ternak yang cepat panen selanjutnya yaitu ternak puyuh. Budidaya puyuh ini sangat menjanjikan selain singkat masa panen, produksi nya terbilang menguntungkan.

Bayangkan saja, dalam 41 hari, puyuh sudah mampu berproduksi dan dalam satu tahun dapat menghasilkan 3-4 keturunan. Selain itu, puyuh memiliki hasil produksi yang lebih banyak dibanding hewan unggas lainnya. Produksi telur puyuh mencapai 250-300 butir per tahun selama 9 - 12 bulan dalam masa bertelur.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 10. Ternak Ayam Bangkok

Usaha ternak ayam bangkok merupakan salah pilihan yang cepat panen. Bayangkan anakan ayam Bangkok harga nya cukup tinggi. 

Saat anakan sudah berumur satu bulan saja sudah bisa anda jual ke pecinta ayam bangkok. Dengan demikian dapat menutup biaya operasional anda. Sebaiknya jual secara borongan agar dapat langsung terasa uang masuk di kas anda.

Usaha Ternak yang Cepat Panen 11. Ternak Murai

Usaha Ternak yang Cepat Panen 12. Ternak Kambing

Usaha Ternak yang Cepat Panen 13. Ternak Kucing 

Usaha Ternak yang Cepat Panen 14. Ternak Bebek

Usaha Ternak yang Cepat Panen 15. Ternak Cacing

Usaha Ternak yang Cepat Panen 16. Ternak Emu
Usaha Ternak yang Cepat Panen 25. Ternak Anjing
Usaha Ternak yang Cepat Panen 26. Ternak Babi