Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Mondok Anti Gagal, Tips orang tua

 "Ayok mondok"

Kalimat tersebut sempat booming beberapa waktu lalu ya, banyak remaja yang masih anti dengan kalimat ini jangankan untuk mendengarnya untuk mondok saja terkadang masih ogah ogahan.

Pondok pesantren adalah sarana pendidikan pesantren modern yang mewajibkan santrinya untuk bermukim di pondok.

Pondok pesantren dikenal dengan asrama pendidikan tradisional yang dipimpin oleh seorang kiyai, pondok pesantren sebagai lembaga keislaman, biasanya pondok pesantren memiliki moto "mencetak generasi yang berkarakter dan religi"
Tips mondok anti gagal (Kontributor : Fida Al-Hikmah)
Tentu menjadi harapan semua orang tua dan anak anak yang memiliki jiwa mondok ya. Akan tetapi tidak sedikit kita dapati banyak santri yang gagal mondok, entah itu kabur lah, hafalan tidak bertambah, baca Al-Qur'an Tidak ada peningkatan, dll.

Terkadang para orang tua ragu mendaftarkan anak ke pondok takut gagal sedangkan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Btw saya nyantri dari RA sampe MA alias dari TK sampe SMA,, hitung sendiri ya berapa tahun..

Baik saya akan membagikan tips mondok anti gagal ala penulis hehe yuk disimak ah

1. Susun Tujuan Hidup

Menyusun tujuan hidup merupakan dasar dari hidup ya, tujuannya mau kemana nih mau Bandung? Ke Jakarta? Atau Surabaya? Jangan salah naik mobilnya...

Tujuan ingin menjadi ustad ya kuasai ilmu dan strategi para kiyai, mau jadi ahli nahwu shorof ya perdalam nahwu shorofnya.

2. Luruskan niat dan bulatkan tekat

Inget gak sama mahfudhot yang artinya "setiap perbuatan tergantung dari niat" ini bener adanya ya, semua hal itu harus diniatkan dengan baik ingin menjadi baik, ingin mudah memahami pelajaran maka diniatkan, karena Allah itu tergantung dari perasangka hambaNya, setelah niatnya mateng bentuk tekat yang bulat ya, apapun yang terjadi harus selesai mondoknya, jangan neko neko tetep fokus pada tujuan.

3. Sholat tepat waktu dan sholat sunnah

Ini merupakan ibadah wajib setiap muslim nya tapi sebenernya disinilah rahasianya, ketika kita berbisik ke bumi dan diaminkan semesta. Ea

Minta sama Allah sang pemilik alam semesta setelah kita beribadah masa iya Allah gak ngabulin doa hambanya,,

Dalam Q.S Albaqoroh ayat 156 Yang artinya

"Dan apabila hamba hambaKu bertanya kepada mu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat, aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada Ku... " (Q.S. Al Baqoroh: 186).

Dalam firman Allah tersebut Allah menegaskan bahwa setiap doa yang dipanjatkan oleh hambaNya maka akan dikabulkan.

4. Menulis hal hal yang ingin dicapai

Ini akan membuat kita fokus dengan tujuan, kita susun semua hal yang ingin dicapai dan bisa kita Ceklis jika sudah tercapai, misalnya nih kita tulis daftarnya dari no 1 sampai 100 setelah satu bulan kita cek mana saja yang sudah tercapai dan mana yang belum berarti harus segera dicapai.

5. Memanfaatkan waktu istirahat dengan mengerjakan hal yang bermanfaat

Kebanyakan dari para santri bersantai santai jika telah memasuki waktu istirahat ini salah besar ya, apa yang kita lakukan hari ini suatu hari nanti akan kita tuai.

Belajarlah ketika orang lain tertidur dengan begitu kita akan berbesar hati menatap masa depan bahwa masa depan akan kita raih.

6. Jaga mata, jaga hati, jaga lisan

Fokus dengan tujuan yang akan dituju, inget Allah bersama dengan prasangka hambaNya jangan sampai kita melakukan hal yang dibenci Allah termasuk zina mata,

jangan mudah tergoda oleh lawan jenis sehingga bisa menggoyahkan iman dan tujuan, kemudian jaga lisan, usahakan sebisa mungkin berteman dengan siapapun jangan melakui teman dengan lisan kita karena bisa jadi kita kehilangan orang orang yang menyemangati kita, because mondok itu jauh dari orang tua, penyemangat terdekat adalah teman.

Demikian tips mondok anti gagal dari saya.