Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Oleh-oleh khas Palembang Paling Terkenal dikunjungi Wisatawan

Kota Palembang terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam dan unik. Sebut saja, sambal tempoyak, sambal buah nanas dan mangga, sampai dengan pindang.

Selain itu, oleh-oleh khas palembang tidak melulu soal pempek saja lho, Ada berbagai macam oleh-oleh khas Palembang yang bisa kamu pinang saat berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini.

Nah, jika kamu bingung oleh-oleh apa yang ingin kamu beli. Berikut rekomendasi tempat oleh-oleh khas Palembang yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke sana.

Pasar 16 Ilir Barat Permai
Tempat oleh-oleh Khas Palembang: Pasar 16 ilir Barat
Pasar Ilir berada di kawasan 16 Ilir, Palembang, tepatnya berada di belakang Ramayana. Pasar 16 Ilir Barat Permai merupakan tempat berburu oleh-oleh khas Palembang yang bisa dengan mudah dijangkau oleh transportasi pribadi maupun umum

Terdapat banyak barang-barang khas Palembang yang dijual di tempat ini. Mulai dari, baju, aksesoris, souvenir, kerajinan tangan, pempek, kemplang, hingga sarung khas Palembang dan tentu saja kain songket dengan kualitas yang bagus. Anda tak perlu takut soal harga, karena hampir semua barang di sini dijual grosir.

Biasanya pasar mulai beroperasi pukul 9 pagi dan mulai sepi pada pukul 5 sore. Pasar ini sangat luas juga ramai.

Pempek Candy Oleh Oleh khas Palembang

Pempek Candy merupakan satu yang paling terkenal di Palembang dengan rasa autentiknya. Tokonya sendiri terletak di Jalan Jenderal Sudirman no. 21

Banyak para turis mengatakan, tidak lengkap rasanya jika ke Palembang tetapi tidak membeli pempek Candy satu ini.

Selain aneka macam pempek dengan bahan ikan tengiri yang dijual dengan harga cukup terjangkau, toko ini juga menjadi tempat aneka macam produk oleh-oleh khas Palembang lainnya, misalnya pindang-pindangan, tekwan dan model.

Jenis pempeknya pun banyak, mulai dari pempek adaan, isi telur kecil, telur besar, pempek kapal selam, ada lenjer panjang dan juga kulit.

Harga dimulai dari Rp 3.000/buah, tekwan dan model Rp 12.000/mangkuk, dan pindang-pindangan Rp 25.000-32.500/buah.

Pempek Candy ini bisa bertahan hingga 1 minggu di dalam freezer. Jika tidak berada di freezer, pempek ini bisa bertahan sampai 2 hari. Pempek Candy buka dari pukul 07.30 pagi sampai pukul 09.30 malam dan buka setiap hari.

Toko Kerupuk Kemplang 601

Toko kerupuk Kemplang 601 merupakan toko khas oleh-oleh kemplang paling terkenal di Palembang.

Tempat ini tidak hanya menjual kemplang saja, tetapi juga menjual berbagai macam kerupuk, pempek (telur, kates, keriting, lenjer, kapal selam, adaan bahkan Pempek Krispi pun ada), cuka, Kopi, Lempok, abon, sambel ingkung, dan lain sebagainya.

Buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB, kecuali di hari minggu pukul 07.00-16.00 WIB.

Lenggok Pasar Oleh-oleh Khas Palembang

Lenggok Pasar Oleh-oleh atau biasa dikenal dengan cafe Lenggok. Terletak di JL. Tasik No.5 Talang Semut Bukit Kecil, Kota Palembang Sumatera Selatan 30121, depan taman kota.

Tempatnya juga sangat nyaman. Terdapat dua lantai, lantai dasar berisi beragam oleh-oleh seperti kerupuk, kemplang dan lain-lain.

Sedangkan di lantai dua, terdapat resto makanan khas Palembang juga aneka macam souvenir yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Suasananya nyaman dan terbuka.

Dilantai ini juga cocok sekali untuk berkumpul bersama keluarga, sahabat, partner, rekan bisnis. Lenggang Pasar Oleh-oleh ini, buka setiap hari pukul 10.00 dan tuutup apda pukul 21.00 WIB.

Kaos nyenyes Palembang

Outlet Kaos Nyenyes ini sekarang sudah ada 4 di Palembang. Kaos ini terkenal dengan desain baju bergambar dengan kata-kata kelakar berbahasa Palembang. Toko ini berlokasi di Jl.Kapten A.Rivai No.28E, 26 Ilir D, I. Kec. Ilir Barat I, kota Palembang. Kaus Nyenyes sendiri jika diartikan kurang lebih adalah kaus bawel.

Tak hanya menjual kaus saja, outlet ini juga menjual berbagai macam barang, dari mulai, sandal japit, aksesoris-aksesoris seperti topi, belt dan gelang. Juga ada stiker, atau gantungan kunci yang pastinya semuanya dibuat dengan nuansa khas Palembang. Toko buka setiap hari pukul 07.00-22.00 WIB.

Bagaimana? Masih bingung ingin mengunjungi toko yang mana? Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menentukan pilihan, ya!