Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Museum Terbaik di Palembang paling Tersohor Hingga ke Mancanegara

Ada 5 Museum terbaik di Kota Palembang yang tersohor hingga ke mancanegara. Mungkin dari deretan Museum di Palembang ini bisa jadi referensi buat tujuan wisata anda.

Beberapa museum yang ada di Kota Palembang ini sangat menarik dan bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke kota Bumi Sriwijaya.

Disini ada banyak koleksi warisan peradaban zaman dahulu yang sangat penting untuk anda ketahui. Berikut 5 Wisata Museum Palembang paling tersohor: 

1. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II menggunakan nama pahlawan nasional yang dulunya juga merupakan sultan dari Kesultanan Palembang Darussalam.

Museum ini berlokasi di tengah kota yaitu di tepi Sungai Musi dan dekat dengan Jembatan Ampera serta pasar 16 ilir yang senantiasa ramai, membuat museum ini selalu berada dalam daftar tur wisawatan ke Palembang.

Alamat : Jl. Sultan Mahmud Badarudin, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Jam Buka : 09.00-17.00 WIB

2. Museum Balaputra Dewa
Museum Negeri Sumatera Selatan atau yang juga dikenal dengan nama Museum Balaputra Dewa ini diresmikan pada 05 November 1984, berlokasi di Jalan Srijaya I, Palembang dengan luas tanah lebih dari 2,3 hektar. Museum ini terdiri dari beberapa bagian yaitu:
  • Taman Megalith yang menampilkan arca perwujudan nenek moyang
  • Gedung Pameran I yang menampilkan kehidupan pra sejarah dari masa berburu hingga masa perundagian
  • Gedung pameran II yang menampilkan koleksi Kerajaan Sriwijaya
  • Kesultanan Palembang
  • Masa penjajahan Kolonial Belanda
  • Masa penjajahan Jepang
  • Masa revolusi kemerdekaan Indonesia.
Alamat musei ini di Sukaramai, Jalan Sriijaya I KM.5,5 No.288, Srijaya, Alang Alang Lebar, Palembang
Jam Buka : 09.00-16.00 WIB

3. Museum Sriwijaya

 
Museum Sriwijaya merupakan wadah peninggalan kerajaan maritim terbesar di Dunia. Berlokasi di dekat pertemuan Sungai Musi dengan Sungai Ogan dan Sungai Keramasan, di daerah ini ditemukan banyak sekali peninggalan purbakala yang menandakan adanya aktivitas masyarakat zaman dahulu terutama saat Kerajaan Sriwijaya masih berkuasa.

Pada masa Kejayaannya, kerajaan Sriwijaya mampu menguasai perdagangan yang wilayah kekuasaan nya meliputi:
  • Sumatra
  • Jawa
  • Pesisir Kalimantan
  • Semenanjung Malaya (Malaysia)
  • Thailand dan Kamboja.
Maka dari itu, Sriwijaya merupakan kerajaan di Sumatra Selatan yang mempunyai pengaruh terbesar di wilayah nusantara.

Terdapat berbagai benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya berupa artefak, seperti prasasti, arca, manik-manik, keramik, hingga pecahan kapal juga kemudinya.

Jumlah koleksi yang dipamerkan di Museum ini mencapai 500 artefak. Jumlah tersebut belum termasuk berbagai pecahan artefak yang belum terdata karena jumlahnya yang begitu banyak.

Alamat : Jl. Syakirti Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Jam Buka : 08.00-18.00 WIB

4. Monumen Perjuangan Rakyat
Sama seperti beberapa daerah di Indonesia yang memiliki monumen nasional, Palembang juga memiliki Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat). Lokasinya dekat dengan jembatan Ampera. 

Monpera dan Ampera menjadi simbol perjuangan rakyat Palembang dalam mengusir penjajah.

Monpera sendiri memiliki makna akan perjuangan kemerdekaan Indonesia, yakni dilambangkan dengan bangunannya yang terdiri dari 8 lantai dengan ketinggian 17 meter dan 45 bidang atau jalur yang melambangkan hari lahir bangsa Indonesia.

Di dalam monumen ini tersimpan koleksi layaknya museum, seperti mata uang yang berlaku di NKRI dari masa ke masa, foto dokumentasi pakaian, senjata, buku yang digunakan para pejuang, foto para pejuang, dan petuah-petuah para sesepuh bangsa ditampilkan di sini.

Dari puncak lantai Monpera kita dapat menyaksikan keindahan Kota Palembang dari atas pusat kota. Lokasinya di Jl. 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB

5. Museum Dr. A. K. Gani
Museum ini awalnya adalah properti pribadi milik Dr. A. K. Gani yang merupakan salah satu kapten dari pasukan militer Indonesia yang berada di Palembang. Beliau tergabung di Jong Sumatranen Bond yang ikut andil pada peristiwa sumpah pemuda yang dilaksanakan di Stovia pada tahun 1928.

Koleksi museum ini terdiri dari barang-barang pribadi milik Dr. A.K Gani berupa piagam, surat, foto, hingga benda benda unik seperti peralatan kantor hingga peralatan rumah tangga.

Benda-benda tersebut tentunya akan jarang sekali Anda temukan jika berkunjung ke museum nasional. Uniknya, di museum ini Anda juga dapat melihat mobil jeep hingga koleksi referensi buku pribadi milik Dr. A.K. Gani.

Di museum ini Anda juga dapat mengunjungi perpustakaan yang berisi buku-buku yang terkait dengan perjuangan pemuda bagi kemerdekaan Indonesia.

Alamat: Jl. MP. Mangkunegara No.1F, Suka Maju, Kec. Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Jam Buka : 09.00-17.00 WIB

Itulah 5 museum di Palembang yang sangat tersohor hingga ke luar negeri. Kita patut berbangga dan mari kita kenalkan Asset sejarah yang tak terkandung di museum kebanggan kita. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1995 : dalam Pedoman Museum Indonesia, 2008. Museum memiliki tugas menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.

Museum dibangun dengan tujuan untuk mempertahankan jati diri agar tidak hilang tergerus masa oleh derasnya budaya-budaya asing yang mulai merajalela. Juga, untuk menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya daerah masing-masing.

Demikian itulah beberapa museum yang berada di Palembang. Dengan mengunjungi museum-museum tersebut, Anda akan mendapatkan wawasan tentang sejarah manusia sampai sejarah Indonesia. Anda berniat mengunjunginya?