Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Tempat Wisata di Lahat Yang Paling Ramai dikunjungi Travelers

Lahat adalah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Selatan yang umumnya tergolong kedalam dataran tinggi, termasuk pada alur Bukit Barisan dengan puncaknya yang tertinggi yaitu Bukit Serelo dengan ketinggian lebih kurang 600 meter dpl dan Gunung Dempo dengan ketinggian lebih kurang 3.159 meter dpl.

Destinasi wisata di kota ini juga berbanding lurus dengan kondisi topografinya. Dengan bentang alam berupa pegunungan dan bukit barisan yang indah, membuat kota ini kaya akan destinasi wisata alamnya, mulai dari air terjun sampai dengan perbukitan.

Marilah kita simak tempat wisata di Lahat yang bisa Anda jadikan referensi sebelum bertolak ke kota tersebut.

Bukit Besar Lahat
Bukit besar Lahat
Bukit besar Lahat merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi primadona banyak wisatawan.

Dengan pemandangan hijau nan luas, serta angin semilir membuat tempat ini menjadi tujuan paling utama bagi para wisatawan yang suka ketinggian.

Bukit Besak ini memiliki ketinggian 1.700 mdpl. Bagi Anda yang belum terbiasa mendaki, jangan khawatir. Track menuju puncak bukit ini terbilang cukup mudah. Kemiringan track-nya sekitar 45 derajat. 

Setelah mencapai puncak, anda akan disuguhkan dengan pemandangan luas nan hijau sepanjang mata memandang. Dari kejauhan, terlihat pula Bukit Selero menjadikan pemandangan di tempat ini semakin mengagumkan.

Alamat : Lubuk Pedara, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatra Selatan
Jam Buka : 24 Jam

Bukit Serelo
Bukit selero Lahat Sumatra Selatan
Bukit Selero juga dikenal dengan sebutan Bukit Jempol karena bentuk puncaknya yang menyerupai jempol.

Bukit ini berada di ketinggian 900 mdpl. Dengan track yang cukup sulit, disarankan Anda membawa seseorang yang sudah berpengalaman untuk menemani Anda menuju puncak bukit ini.

Bukit ini terletak di Desa Perangai yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Lahat.

Alamat: Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatra Selatan.
Jam Buka : 24 Jam

Air Terjun Water Blue
Water blue Lahat, Sumatra Selatan
Air terjun Water Blue merupakan air terjun baru yang masih sangat asri dan belum banyak yang mengetahuinya.

Air terjun Water Blue yang terletak di Desa Serambi Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat memang patut dikunjungi.

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Water Blue terlihat berwarna biru muda. Karena air terjun ini terletak di kaki Gunung Dompo, airnya terasa sangat dingin bagaikan es.

Akses jalan menuju lokasi cukup susah, kondisi tanah yang basah dan licin, berbatu juga curam, mengharuskan Anda menggunakan jasa ojek dari warga sekitar desa Serambi.

Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Namun, jika Anda enggan menggunakan jasa ojek, Anda bisa memilih berjalan kaki menuju lokasi yang kira-kira memakan waktu sekitar 1 jam.

Air Terjun Buluh
Air Terjun Buluh, Lahat, Palembang Sumatra Selatan
Keindahan air terjun memanglah tidak dapat ditolak. Lahat memiliki cukup banyak destinasi wisata air terjun, salah satunya yaitu Air Terjun Buluh satu ini. Air terjun ini terletak di Lubuk Selo, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatera selatan.

Air terjun satu ini memiliki keistimewaan sendiri, yaitu jumlah tingkatnya yang berjumlah 7 tingkat. Ditambah dengan pepohonan yang tumbuh sekelilingnya, membuat keindahan di tempat ini semakin sempurna.

Dengan udara yang segar dan pemandangan yang masih asri, tempat ini menjadi tempat yang paling cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan penat. Alamat: Lubuk Selo, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatra selatan.

Air Terjun Gunung Nyawe
Air terjun Gunung Nyawe Lahat Sumatra Selatan
Jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi Lahat, maka Anda harus mengunjungi air terjun satu ini. Dengan ketinggian sekitar 90 meter dan debit air yang sangat besar, Anda tidak akan dibuat kedip dengan pemandangan indah ini.

Ditambah dengan suara gerojok air yang jatuh diiringi dengan angin yang menghembus bersama dengan cipratan air lembut ke tubuh Anda, membuat kenangan yang tidak akan pernah Anda lupakan sepanjang hidup Anda.

Air terjun ini berlokasi di Talang Sejemput, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatra Selatan atau sekitar 40 menit dari Kota Lahat ditempuh dengan kendaraan dan akses menuju lokasi sangat baik.

Green Canyon Pulau Pinang
Green Canyon Pulau Pinang, Lahat Sumatra Selatan
Pesona keindahan alam Kota Lahat memang tidak ada duanya. Salah satu keindahan tersebut adalah, Green Canyon Pulau Pinang yang berada di desa Pulau Pinang , Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatra Selatan.

Sesuai dnegan namanya, tempat ini menyerupai Green Canyon di Arizona, Amerika, mulai dari warna airnya dan struktur bebatuannya.

Pemandangan di sekitarnya juga sangat indah dan asri. Hawa sejuk langsung terasa saat Anda sampai di tempat ini. Air yang mengalir di sungai ini terlihat sangat jernih. Selain itu, Anda juga bisa berenang dan menikmati segarnya air Green Canyon Pulau Pinang ini.

Air Terjun Panjang
Air Terjun Panjang, Lahat Sumatra Selatan
Air Terjun Panjang ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan debit air yang cukup besar. Warna airnya hijau dengan ukuran kolam yang cukup luas.

Curup ini berada di Desa Tinggi Hari, Kecamatan Gumay Ulu Lahat. Pepohonan rimbun dan tebing yang eksotis membuat pemandangan semakin luar biasa.

Sepanjang perjalanan, Anda akan bertemu dengan hewan-hewan yang ada di sana, karena hutan yang ada di sekitar air terjun menjadi tempat bagi flora dan fauna untuk hidup dan berkembang biak di sana.

Tempat ini masih menjadi tempat alami yang belum pernah terjamah oleh tangan manusia, jadi, jika Anda berkunjung kesini, sangat disarankan untuk menjaga kelestariannya.
Alamat: Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatra Selatan.

Air Terjun Maung
Air Terjun Maung, Lahat Sumatra Selatan
Penggemar berat air terjun sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini. Air Terjun Maung, memiliki pesona yang tidak dimiliki oleh Air terjun mana pun di Kota Lahat. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 mdpl, dengan tumbuhan hijau menutupi tebing di sekitarnya. Air yang mengalir pun masih sangat bersih dan jernih hingga terlihat kehijauan.

Air terjun ini membentang panjang yang terbagi-bagi oleh tebing jurang dan rerumputan hijau. Bagian bawah air terjun ini, dijadikan tempat mandi atau berenang bagi para wisatawan yang berkunjung.

Anda bisa menuju Curup Maung dengan sepeda motor maupun mobil selama 45 menit sampai 70 menit dari pusat kota. Setibanya di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, Anda harus memarkir kendaraan yang Anda bawa ke parkiran yang sudah disediakan oleh warga setempat.

Alamat : Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan
Harga Tiket : Rp. 5.000,-
Jam Buka : 07.00-18.00 WIB

Telaga Bukit Serelo
Telaga bukit selero Lahat
Bukan hanya bukitnya saja yang dijadikan tepat wisata, telaga Bukit Selero juga dibuka untuk wisatawan yang ingin berkunjung. Air yang mengalir di telaga ini pun masih bersih dan jernih. Sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas bebatuan yang indah di dalamnya.

Dengan pemandangan bukit selero sebagai latar belakangnya, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berfoto dengan nuansa alam. Terdapat juga jembatan gantung yang bisa Anda lihat dari bawah.

Alamat: Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatra Selatan.
Harga Tiket: -;

Air Terjun Tembok
Curug Tembok Lahat
Tempat wisata ini terletak di desa Tanjung Raja, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, dengan ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini memiliki keunikan yang berbeda dari tempat wisata lain, yaitu air yang mengalir berasal dari bebatuan yang menyerupai sebuah tembok. Alasan inilah yang membuat tempat ini dinamai air terjun tembok.

Jika dilihat dari jarak agak jauh, air yang mengalir tersebut seolah tidak berasal dari ketinggian, melainkan keluar dari dinding tebing, sehingga tampak sangat mempesona. Keindahan tersebut semakin bertambah dengan rimbunnya pepohonan hijau dan semak belukar serta suasana sekeliling yang masih alami.

Air terjun ini dapat ditempuh dari Kota Lahat sekitar 30 menit dengan kendaraan bermotor, ditambah 15 menit dengan berjalan kaki. Meskipun tracking yang harus dilakukan tidak begitu lama, namun cukup menguras tenaga karena medan yang dilalui cukup berat.

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun ini, Anda harus melintasi jalan setapak yang menanjak dan menurun serta menembus semak belukar. Tidak hanya itu, di sepanjang perjalanan tanah yang diinjak adalah tanah merah yang licin meski musim kemarau, terlebih jika pada musim hujan. Jadi, siapkan energi saat akan mengunjungi tempat ini, ya!

Alamat: Desa Tanjung Raja, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatra Selatan
Harga Tiket: Rp 5.000;

Air Terjun Goa Mata
Air Terjun Goa Mata
Anda akan berdecak kagum saat mengunjungi tempat ini. Dengan air yang sangat jernih, Anda dapat melihat dasar kolam yang jernih berwarna hijau kebiruan. Di sekitar kolam, terlihat bebatuan karang yang membentuk menyerupai Goa.

Biasanya para pengunjung mengambil gambar dari bawah air. Hasilnya pun cukup jernih. Hal ini menjadi daya tarik untuk membuat para wisatawan datang ke tempat ini.

Para pengunjung biasanya meluncur dari atas tebing batu yang menyerupai perosotan, berenang, berfoto di bawah air dan duduk-duduk santai di gua yang terdapat di pinggir kolam air terjun. Air Terjun Goa Mata ini terletak di desa Serambi Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. 

Itulah 11 tempat wisata di Lahat yang bisa Anda kunjungi. Selamat berlibur dan hati-hati di jalan.
Semoga artikel ini bermanfaat, ya!