Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Keuntungan Bisnis Kelinci Hias selain Mudah, Modal Murah Tapi Hasil Wah

Bisa dibilang penyuka hewan piaraan itu tidak ada habisnya apalagi kategori pembeli hewan hias seperti kelinci adalah mereka yang hobi memelihara atau koleksi di rumah.

Jika kita lihat pecinta kelinci hias itu tak ada batasan usia, dari anak kecil hingga orang dewasa semua suka hewan mungil nan indah ini.

Nah, dari analisa tersebut maka timbul peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis kelinci hias seperti nya cukup bagus, apalagi trend hobi hewan ini semakin melejit seiring dengan style masyarakat modern saat ini.
Foto lafeber.com
Keuntungan Bisnis Kelinci Hias

Jika kamu penghobi hewan tak ada salahnya mempelajari prospek bisnis usaha kelinci hias ini. Yuk simak beberapa keuntungan bisnis kelinci hias berikut ini.

1. Ternak Kelinci Hias Lebih Menguntungkan

Berbisnis Kelinci hias termasuk pilihan usaha yang lebih menguntungkan dibanding ternak binatang-binatang hias lain seperi ayam, kambing burung yang sangat merepotkan.

2. Mudah Berkembang

Keuntungan bisnis ini adalah Kelinci hias memiliki siklus reproduksi yang mirip dengan kucing. Rutinnya perkembangbiakan kelinci ini juga membuat peternakan kelinci lebih untung.

Kelinci dewasa bisa tembus ratusan ribu hingga jutaan rupiah per ekor, dan jika Anda ingin mengirit biaya pemeliharaan, Anda bisa menjual kelinci-kelinci kecil dengan harga puluhan hingga ratusan ribu. Harga jual kelinci juga seimbang dan persaingan pasar tidak terlalu kompetitif.

3. Kelinci Hias Mudah Dipelihara

Keuntungan usaha kelinci hias selanjutnya adalah mudah dipelihara. Dibandingkan dengan hewan-hewan ternak lainnya, memelihara kelinci terhitung lebih mudah karena kotorannya tidak sebasah atau sebau hewan ternak lainnya.

Kondisikan agar kandang mudah dibersihkan. Pilihlah kandang dengan jeruji jarang supaya kotoran dan sisa makanan bisa jatuh ke alas di dasar kandang dan lebih mudah di bersihkan.

Selain itu, rutinlah membersihkan kelinci-kelinci Anda agar tetap terawat dan menarik minat mereka yang ingin membeli.

4. Kelinci Hias Mudah Beradaptasi

Keuntungan selanjutnya usaha kelinci hias adalah mudah beradaptasi. Kelinci bukan binatang yang bersuara nyaring dan bisa hidup dengan damai di area kandang yang sempit. 

Tidak seperti ayam yang kadang-kadang berkokok atau dilepas dari kandang dan hidup dengan mencari-cari makanan dari tanah, kelinci cukup rutin diberikan makan dan minum, rutin dibersihkan, serta sesekali diajak bermain.

Kemudahan kelinci beradaptasi ini merupakan nilai tambah. Anda tidak akan mengganggu tetangga Anda dengan beragam polusi yang bisa dihasilkan dari peternakan, semisal polusi suara maupun polusi bau asalkan Anda rutin membersihkan kandang dan kelinci-kelinci Anda.

5. Biaya Operasional Ternak Kelinci Hias Murah

Biaya operasional peternakan kelinci hias cukup murah. Biayanya hanya berkutat pada vaksin, pakan, dan vitamin, dan untuk 4 pasang indukan, sekitar 200 ribuan per bulannya.

Biaya lainnya yang cukup menguras kantong adalah biaya awal pembuatan kandang, perjodohan kelinci, serta pembesaran.

Semua biaya tersebut terbayar dengan penghasilan yang lumayan. Harga kelinci hias dewasa satuannya sekitar 200ribu hingga 4 juta-an per ekor, tergantung rasnya. Asalkan kelinci terawat dan sehat, harga jual kelinci Anda juga akan tinggi.

6. Penjualan yang Mudah

Anda bisa menawarkan kelinci-kelinci Anda pada retailer kelinci hias, atau menjual kelinci peliharaan Anda melalui e-commerce seperti shopee dan tokopedia. Cukup banyak mereka yang tertarik dengan kelinci hias menjadikan peluang bisnis kelinci hias cukup tinggi

Usaha ternak kelinci hias bisa Anda mulai dengan modal minim dan Anda bisa menjalankan peternakan ini di pekarangan di sekitar rumah Anda. Selain itu, tidak seperti ayam atau kambing yang cukup berisik, kelinci hias tidak berisik dan tidak akan mengganggu tetangga di sekitar rumah Anda. Anda juga bisa menjalankan bisnis ini meskipun lahannya cukup sempit.