Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Peluang Usaha di Daerah Industri yang bisa Cuan Tiap Hari

Kali ini akan diulas ragam pilihan peluang usaha di daerah industri atau contoh usaha yang bagus untuk pemukiman industri atau pabrik. Pada hakikatnya semua pilihan usaha dibawah ini sebagai referensi untuk anda yang memerlukan. 

Pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin meningkat dengan banyaknya kawasan industri pabrik atau kawasan pabrik baru, ini langkah positif pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan harapan semakin banyak pula terciptanya lapangan pekerjaan untuk lapisan masyarakat dengan adanya perusahaan tersebut.

Tapi sebagian masyarakat khususnya petani merasakan efek negatif dari adanya kawasan industri yang sudah ada. Sebagian masyarakat merasa tersingkir dan kehilangan mata pencaharian, tentu kita harus peka terhadap peluang usaha.

Kawasan pabrik industri pada dasarnya memberikan dampak positif terutama bagi yang ingin buka usaha atau bisnis. Berikut beberapa pilihan peluang usaha yang cocok di daerah industri. 
Contoh peluang usaha menjanjikan di kawasan industri pabrik (foto bisnis.com) 
Inilah contoh peluang usaha menguntungkan di kawasan industri pabrik dan kita harus jeli dalam menyikapi antara positif dan negatif adanya industri dan perumahan masuk ke daerah-daerah.

Solusinya Mencari Ide Bisnis Menjanjikan di Kawasan Industri Sebagai warga setempat seharusnya dituntut lebih kreatif dalam membuat usaha sendiri untuk melihat industri dan perumahan itu di baca sebagai potensi bisnis menjanjikan, semisal dengan membuka usaha mandiri seperti warung kuliner di pinggiran jalan, bengkel atau pompa bensin mini (pom mini) yang banyak diperlukan oleh masyarakat banyak.

10 Contoh Usaha yang Cocok di Daerah Pabrik Industri

Jika harus mendirikan Usaha Kecil Menengah (UKM) kita harus memiliki kemampuan dan modal besar untuk membangun dengan memiliki banyak karyawan, karena hal utama dalam bisnis adalah bagaimana modal kecil tapi mendapatkan pendapatan (income) yang bisa mencukupi dan terus berkembang.

Nah berikut ini saya akan memberikan contoh peluang usaha menjanjikan di tengah pesatnya industri yang bisa Anda coba pelajari, diantaranya jenis usaha yang tidak perlu modal besar dan tempat luas.

Membuka Kuliner & Kedai kopi

Seiring dengan banyaknya pendatang kebutuhan akan makanan sangat banyak peminatnya, nah bisnis kuliner merupakan salah satu peluang bisnis menguntungkan untuk dipilih oleh Anda. 

Banyak sekali cabang bisnis kuliner yang bisa Anda pilih dari mulai masakan penyediaan makanan untuk sarapan, makan siang dan makan malam, jajanan khas sampai kedai kopi semuanya sering diserbu oleh para karyawan. 

Membuka usaha warung makan dan jajanan merupakan bisnis tidak perlu pendidikan formal atau modal besar, hanya Anda harus pintar memilih lokasi dengan tepat, pilih akses ramai dalam lingkungan industri atau komplek perumahan, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh penghasilan bisnis kuliner melebihi gaji karyawan lho.

Membuka Bengkel Service & Suku cadang plus Tambal ban

Dengan banyaknya jumlah orang di wilayah industri semakin meningkatnya kendaraan untuk pulang pergi kerja yang perlu perbaikan dan perawatan, membuka bengkel merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk Anda pilih.

Saat berniat membuka bengkel setidaknya Anda perhatikan beberapa hal diantaranya sedikit memiliki pengalaman sedikit tentang otomotif (motor) dan selebihnya bisa sambil belajar, kemudian cari dimana lokasi jalur ramai yang potensial untuk dilalui kendaraan buka tuh bengkel dan tambal ban.

Selain keahlian, modal utama membuka bengkel termasuk kategori sangat awet seperti perlengkapan utamanya kunci pas, Compressor dan lainnya, kemudian bisa di sambil dengan menyediakan suku cadang kendaraan perlengkapan yang dibutuhkan lainnya.

Jika dilihat sekilas membuka bengkel merupakan usaha sulit dan kasar yang kurang di minati, tapi sebenarnya penghasilannya tidak kalah dengan karyawan pabrik.

Membuka POM Mini

Masih berhubungan dengan kebutuhan kendaraan menyediakan penjualan bensin eceran juga sangat banyak pembelinya ini perlu Anda manfaatkan.

Menjual bensin eceran juga sangat potensial di daerah industri coba saja pikir banyak kendaraan tentunya banyak juga yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) untuk dipakai, nah jika kebetulan Anda memiliki toko dan bengkel dipinggir jalan bisa sekalian membuka POM Mini bisa menjadi usaha sampingan menjanjikan.

Bisnis Kontrakan

Bisnis kontrakan merupakan investasi menguntungkan dan menjanjikan karena properti awet bermodal satu kali dan puluhan tahun mendapatkan penghasilan mengalir, bisnis ini pula yang sekarang dikelola oleh Mas Tukul Arwana.

Sudah menjadi bagian hidup bahwa menjamurnya perumahan dan perindustrian merupakan ladang usaha potensial untuk bisnis kontrakan.

Membuat kontrakan termasuk dalam kategori usaha tabungan. Untuk memulai bisnis kontrakan caranya bisa memanfaatkan rumah petak yang sudah ada atau membangun properti baru khusus dan layak untuk di kontrakan. 

Selain itu dengan mempunyai kontrakan pemilik bukan sekedar mendapatkan uang hasil sewa rumah saja karena dalam lingkungan kontrakan bisa sekalian membuat toko atau warung nasi rames dan kebutuhan penghuni kontrakan lainnya.

Usaha Catering

Usaha Catering merupakan bisnis penyediaan makanan favorit yang banyak dibutuhkan di daerah industri perumahan dan perkantoran. Untuk memulai bisnis katering pelaku biasanya sedikit memiliki modal agak gedean tapi tidak sampai puluhan juta rupiah kecuali sudah memiliki pemesanan secara partai besar seperti mengisi satu pabrik.

Cara memulai bisnis katering Anda membuat dapur untuk memasak dan jangan lupa memakai koki spesial berpengalaman dan memiliki izin usaha katering agar jika Anda menawarkan proposal nya mudah di terima oleh perusahaan maupun perkantoran.

Bisnis Laundry / Cuci kiloan

Inilah peluang usaha di kawasan pabrik selanjutnya membuka pencucian (laundry) kini semakin berkembang di kota maupun di lingkungan industri dan perumahan karena orang lebih memilih menggunakan jasa Laundry daripada mencuci sendiri.

Usaha laundry bisa kerjasama dengan pihak agen yang menyediakan paket peralatan laundry lengkap jadi tidak perlu membeli perangkat cuci, kita hanya menyediakan tempat strategis pinggir jalan atau tempat keramaian, sistem ini Anda bisa sewa atau kerjasama bagi penghasilan di tahap awal.

Selanjutnya Anda bisa membeli peralatan dengan cicilan Keuntungan usaha laundry sangat menjanjikan, tapi jika Anda berminat menjalankan usaha ini harus belajar mencuci dan berikan pelayanan ramah kepada pelanggan agar terus mendapatkan pelanggan. 

Membuka Depot Air isi Ulang

Semakin banyak orang semakin banyak pula konsumsi air, jadi bisnis Depot Air isi Ulang Galon adalah bisnis yang paling menguntungkan di kawasan industri dan perumahan.

Modal dalam membuka depot isi ulang air galon memang tidak kecil sedikitnya keharusan di atas 10 juta tapi modal segitu bisa di minimalkan jika dilakukan bekerjasama dengan perusahaan Air air minum yang memerlukan agen, Anda sebagai penyuplai ke konsumen dengan peralatan pinjaman dari perusahaan. Cara penjualan bisa secara di pajang atau Anda mengirimkan melalui pemesanan.

Menyediakan Saran Hiburan Fasilitas Hobi 

Seiring dengan perkembangan zaman industri dan perdagangan menyediakan sarana tempat hiburan refreshing juga berpotensi menguntungkan.

Sarana tersebut bisa membuat kolam pemancingan, hiburan keluarga dan lainnya yang bersifat hiburan pelepasan lelah, bisa juga membuat fasilitas pelepas penat Play Statsion (PS) main game atau warnet maupun sewa tempat Futsal.

Jual beli Barang Bekas

Keberadaan banyak pabrik dan bangunan tempat industri mendorong semakin banyak barang limbah yang perlu di kelola secara baik. Membuka usaha jual beli barang rongsokan adalah peluang usaha menjanjikan didaerah industri.

Banyak orang yang memandang sebelah mata usaha ini tapi beberapa orang yang menggeluti usah limbah banyak sekali yang sukses. Itulah beberapa pilihan bisnis ditengah sulitnya kerja di industri mungkin masih banyak lagi peluang usaha potensial lainnya lain kesempatan saya ulas kembali