Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Tempat Wisata Banyuasin Palembang paling Mantap

Ada banyak sekali tempat wisata Banyuasin Palembang, Sumatra Selatan yang dapat dijadikan tujuan liburan kamu. Destinasi Wisata Banyuasin Palembang ini terdapat spot wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Terkenal sebagai penghasil sumber daya alam minyak bumi, gas, batubara dan mineral, Banyuasin Palembang juga dikenal memiliki tempat wisata yang menarik dan sangat populer. 

Banyuasin menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia khususnya di Sumatra Selatan yang mempesona dan patut dipertimbangkan untuk wisata di liburan Anda kali ini! Inilah 11 tempat wisata di Banyuasin Palembang yang populer dikunjungi wisatawan.

Danau Air Batu
Danau Air Batu Palembang Banyuasin
Salah satu danau indah lain yang dimiliki oleh Banyuasin. Bahkan danau ini pernah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh danau terindah di Indonesia.

Danau ini sebenarnya adalah tanah bekas tambang yang digenangi air. Perpaduan antara bekas galian alat berat yang membentuk dinding-dinding indah dengan air yang sangat jernih berwarna biru membuat danau ini wajib menjadi salah satu destinasi Anda. Lokasi: Air Batu, Kec. Talang Kelapa, Kab. Banyuasin.

Taman Nasional Sembilang
Taman Nasional Sembilang
Taman Nasional (TN) Sembilang merupakan salah satu tempat wisata dengan kekayaan dan keindahan alam yang wajib dikunjungi. Agar dapat menuju ke lokasi ini, Anda perlu menggunakan kendaraan air sebab lokasi kawasan berada perairan.

Umumnya akses bisa menggunakan speedboat. Taman Nasional Sembilang memiliki luas sebesar 2.051 kilometer persegi. Terdiri dari hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, dan hutan riparian.

Berbagai habitat hewan dan tanaman bisa Anda temui di sini, dari mulai harimau Sumatra, tapir Asia, rusa Sambar, siamang, kucing emas, buaya muara, ikan sembilang, penyu, lumba-lumba, dan berbagai jenis burung.

Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini diantaranya adalah jelajah sungai dan hutan mangrove menggunakan perahu, bertemu dengan hewan yang jarang ditemui seperti burung migran dari siberia dan atraksi lumba-lumba. Anda juga bisa mengunjungi semenanjung Banyu Asin, Benawan Bay, Teluk Sekanak, atau ke Pulau Betet.

Taman Agrowisata Sekayu
Taman Agrowisata Sekayu Palembang
Taman Pertanian Sekayu, destinasi wisata yang mengusung konsep agrowisata ini memiliki luas sekitar 93 hektar. Taman ini terbagi menjadi empat yaitu taman orkid untuk bunga-bungaan, taman eksotika atau taman buah-buahan, taman rekreasi, dan taman permainan anak-anak.

Anda dapat menemui bermacam jenis buah dan bunga-bungaan yang ada di Indonesia di taman pertanian Sekayu. Buah yang sudah matang di pohon juga bisa dipetik langsung dan dimakan atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Anda tinggal membayar berat buah yang dipetik. Lokasi: Jl. Praja Mukti, Serasan Jaya, Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

Sekayu Waterfront dan Taman Kirab Sekayu 
Wisata Sekayu Waterfront Palembang
Sekayu waterfront dan taman kirab adalah salah satu ikon wisata taman yang dibangun oleh pemerintah Banyuasin dengan konsep modern. Banyak sekali fasilitas yang disediakan diarea ini dari mulai area bermain, taman dengan bangku-bangku, jogging track.

Taman Kirab dan Sekayu Waterfront ini terletak di jantung kota Sekayu dan dihubungkan dengan jembatan melengkung yang cantik sebagai alat penyebrangan nya.

Anda bisa mengabadikan momen matahari tenggelam dari tepi sungai Musi ketika mengunjungi Sekayu Water Front. Untuk dapat masuk ke taman ini Anda tidak akan dipungut biaya retribusi, biasanya hanya bayar untuk parkir kendaraan saja. Lokasi: Serasan Jaya, Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

Danau Biru Banyuasin
Wisata Danau biru Banyuasin Palembang
Danau biru seperti namanya merupakan salah satu tempat wisata dengan panorama alam danau berwarna biru bersih dengan dikelilingi pohon-pohon rindang.

Bukit-bukit batu kapur di sekeliling danau dan tanah bertekstur karena galian membuat keindahan yang khas tempat ini.

Pulau Ekor Tikus
Pulau ekor tikus
Pulau ekor tikus terletak di kawasan wilayah Desa Sungsang 2 Banyuasin. Penamaan pulau ini muncul karena bentuknya yang mirip dengan ekor hewan tikus.

Warga sekitar juga biasa menyebut sebagai Alangan Tikus, karena dulu lokasi ini merupakan habitat udang dan ikan yang sangat banyak. Keindahan yang dimiliki oleh pulau ini juga tidak main-main. Anda akan layaknya berkunjung ke Raja Ampat, Papua.

Salah satu destinasi ekowisata di Banyuasin yang terus dikembangkan oleh pemerintah daerah saat ini. Selain terkenal sebagai tempat habitat udang dan ikan, pengunjung juga bisa menikmati hutan bakau, dan pemandangan alam yang sangat indah.

Akses ke lokasi sendiri cukup mudah, hanya sekitar 20 menit dari pelabuhan. Lokasi: Kec. Banyuasin II, Kab. Banyuasin.


Kampung Nelayan Sungsang
Wisata Kampung Nelayan Sungsang (foto tribunnews)
Ingin merasakan langsung bagaimana kehidupan warga, Anda bisa berkunjung ke kampung nelayan Sungsang.

Anda akan menemukan hiruk-pikuk warga tiap pagi menjajakan dan lelang ikan, udang dan hasil laut. Selain itu Anda juga bisa menikmati sunrise, sunset, serta memancing. Lokasi: Desa Sungsang, Kec. Banyuasin II, Kab. Banyuasin.

Pantai Bongen
Pantai Bongen Muba Palembang
Meskipun terletak di dataran rendah, Banyuasin juga memiliki "Pantai". Istilah pantai ini adalah kawasan pinggiran sungai Musi yang saat kemarau menyusut dan berubah menjadi seperti pantai.

Masyarakat sekitar menyebutnya Pantai Bongen atau pantai pasir. Anda dapat menikmati pemandangan dan sensasi seperti di pantai, misalnya bermain pasir atau menikmati indahnya matahari terbenam.

Pada bulan Agustus biasanya juga diadakan berbagai festival seperti voli pantai, futsal, tari-tarian, musik, dan fashion show tradisional Gambo. Anda tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke daerah ini, namun wajib dan penting untuk selalu menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama. Lokasi: Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

Kampung Suku Kubu Kandang

Cukup dengan wisata alam dengan pemandangan yang indah, Anda juga dapat menikmati wisata budaya di Banyuasin.

Salah satu wisata budaya yang menarik dan perlu Anda kunjungi adalah wisata ke Kampung Suku Kubu Kandang yang berada dibeberapa tempat seperti di Desa Muara Bahar, Teluk Beringin, Bungkai, dan Telapan.

Jika Anda ingin berkunjung ke perkampungan yang masih kental dengan budayanya dan masih menggunakan pakaian adat, silakan pilih yang berada di Bungkai dan Telapan.

Untuk berkunjung ke area perkampungan, Anda dapat menyewa speedboat. Jangan khawatir, meskipun orang-orang dari Suku Kubu Kandang masih menerapkan pola hidup nenek moyang, namun mereka sudah sangat terbuka dengan hadirnya wisatawan.

Anda akan tetap disambut hangat dan ramah bahkan diajak turut beraktifitas sehari-hari bersama warga serta disuguhi penampilan tarian tradisional Suku Kubu Kandang, Besalek. Lokasi: Desa Muara Bahar, Kec. Bayung Lencir, Kab. Musi Banyuasin.

Danau Ulak Lia
Danau Ulak Lia memiliki luas sekitar 74 ha dengan memiliki bentuk seperti tapal kuda. Danau Ulak Lia menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk keluarga dengan pemandangan asri dan rindang.

Tersedia banyak pondokan atau gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan. Lokasi: Desa Soak Baru, Kec. Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

Itulah tempat wisata Banyuasin Palet yang dapat Anda kunjungi. Dari mulai keindahan alam, taman-taman buatan, wisata agrowisata, dan wisata budayanya semua perlu Anda pertimbangkan menjadi tujuan liburan selanjutnya.