Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

All Of 70 Destinasi Wisata di Palembang

Destinasi wisata di Kota Palembang, tak kalah dengan Bali dan Lombok, ada deretan wisata Palembang yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Kota ini memiliki wisata lengkap yang mampu memanjakan wisatawan, mulai dari wisata sejarah, wisata religi, alam, waterpark, hingga kuliner juga merupakan daya tarik dari Kota Palembang.

Kekayaan ragam budaya dan wisata di kota ini lah yang membuat Palembang menjadi salah satu lokasi digelarnya Pesta Olah Raga terbesar di ASIA, yaitu ASIAN GAMES 2018 lalu. Yuk, lihat ada wisata Palembang yang keren-keren. Ini daftarnya:

1. Jembatan Ampera

Wisata Palembang tak lengkap rasanya jika belum mampir ke landmarknya, yaitu Jembatan Ampera. Apalagi ditambah dengan keindahan Sungai Musi. Kamu bisa menikmati pemandangan indah dari tempat ini.

2. Masjid Agung Palembang

Wisata religi juga ada, yaitu masjid Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I yang sangat megah. Keunikan tempat ibadah ini berada pada arsitekturnya yang dipengaruhi oleh 3 budaya, yaitu Indonesia, Cina dan Eropa.

3. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Palembang berlokasi di Jakabaring dan bisa menampung sekitar 600 jamaah.

Dari namanya, jelas arsitektur rumah ibadah ini berarsitektur Cina. Tak hanya itu, Masjid Cheng Ho Palembang dengan dua lantai ini juga dipadukan dengan unsur Arab dan budaya lokal Palembang.

4. Masjid Lawang Kidul

Sekitar Sungai Musi memiliki banyak tempat bersejarah yang masih terjaga. Termasuk Masjid Lawang Kidul yang menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Palembang. Tempat ibadah ini berusia lebih dari dua abad, dibangun pada tahun 1310 H (1890 M).

5. Museum Al-Quran Palembang

Wisata Palembang terkenal lainnya adalah Museum Alquran Raksasa. Berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, Gandus, Palembang.

Destinasi wisata religi ini menawarkan Al-Quran raksasa yang terletak di permukaan kayu tembesu. Ukuran panjangnya sekitar 177 cm dan lebar 140 cm. Sementara ketebalannya mencapai 2,5 cm.

6. Pagoda Pulau Kemaro
Wisata Palembang tidak hanya memiliki masjid, tapi juga pagoda yang terletak di Pulau Kemaro. Pagoda ini memiliki 9 lantai yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.

Tidak hanya menjadi tempat ibadah Buddha, bangunan yang dibangun tahun 2006 ini juga sering dijadikan destinasi wisata Palembang kekinian.

7. Benteng Kuto Besak

Selain Jogja dan Solo, bangunan keraton juga bisa ditemukan di Palembang. Namanya Benteng Kuto Besak yang kini menjadi destinasi wisata bersejarah di Sumatra Selatan.

Bagian pelataran benteng ini ditata rapi dan dijadikan alun-alun oleh Pemerintah setempat. Tujuannya untuk menjadi tempat singgah baik penduduk lokal maupun wisatawan. Wisata Palembang memang kaya, ya.

8. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Tak jauh dari Sungai Musi dan Benteng Kuto Besak terdapat museum yang menyimpan banyak peninggalan sejarah. Namanya Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang menyimpan sekitar 669 buah benda bersejarah.

Ada arkeologika, biologi, etnografika, seni rupa, keramologika hingga numismatika. Di sini, Teman Traveler juga dapat melihat koin yang dulunya jadi alat tukar di masa Kesultanan Palembang. Destinasi ini terawat hingga sekarang jadi andalan wisata Palembang 2018.

9. Museum Negeri Balaputra Dewa

Masih ingat dengan uang Rp10.000 dengan gambar Rumah Limas? Nah, gambar di alat tukar ini dapat Teman Traveler temukan saat liburan ke Palembang.

Wisata Palembang satu ini terbuat dari kayu dan terletak di Museum Negeri Sumatra atau Museum Balaputra Dewa. Rumah tersebut disebut dibangun pada tahun 1830 dan beberapa kali berpindah tempat.

10. Kampung Arab Palembang

Palembang punya kampung unik yang terdiri dari bangunan rumah tempo dulu. Konon, usia bangunan tersebut sudah lebih dari 200 tahun.

Yap, namanya Kampung Al Munawwar, kampung arabnya Palembang yang berlokasi di daerah 13 Ulu. Saat menulusuri kampung ini, suasana ala Timur Tengah dapat Teman Traveler temukan.

11. Hutan Punti Kayu

Taman Wisata Punti Kayu adalah satu-satunya hutan yang berada di jantung kota Palembang, ibu kota provinsi Sumatra Selatan.

Bayangkan diri Anda melangkah keluar dari kehidupan yang penuh dengan lalu lintas untuk menikmati diri Anda selama satu hari di alam yang menenangkan di antara pohon pinus yang tenang. Hanya sekitar 7 km dari pusat kota, hutan membentang seluas 50 hektar tanaman hijau.

12. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak di sebuah delta di tengah Sungai Musi yang membelah Kota Palembang. Untuk mencapai tempat ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar lima kilometer ke arah hulu dari Jembatan Ampera.

Pulau seluas lima hektar ini menyimpan legenda tentang kisah cinta antara Siti Fatimah, putri Raja Palembang, yang dilamar oleh anak Raja China, Tan Bun An. Tepiannya yang indah sudah seperti wisata pantai di Palembang.

13. Air Terjun Lematang Indah

Untuk dapat sampai ke air terjun ini, Teman Traveler harus menyebrangi sungai. Tapi tanpa melalui jembatan, namun menggunakan ban. Untuk bisa menggunakan ban tersebut hanya perlu menyewa saja disekitar lokasi. 

Meskipun ketinggiannya hanya mencapai 40 meter, Air Terjun Lematang Indah masih dikelilingi oleh alam yang hijau dan asri.

14. Tangga 2001

Inilah tempat wisata di Palembang 2018. Tangga 2001 berada di sekitar lereng Gunung Dempo. Penggunaan nama tersebut hanya sebuah julukan, padahal tangganya hanya berkisar ratusan saja.

Terdapat jajaran anak tangga yang membelah kebun teh hingga mencapai ketinggian. Keindahan Gunung Dempo dapat terlihat dari puncak. Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati wahana sepeda gantung di tempat ini.

15. Tugu Belido

Berada di tepi Sungai Musi dan menghadap Jembatan Ampera, Tugu Ikan Belido adalah ikon baru untuk Wisata Palembang. Ikan belido sendiri adalah hewan yang hidup di Sungai Musi dan saat ini semakin langka. Sebelum beralih menggunakan tenggiri, ikan belido adalah bahan dasar untuk pembuatan pempek.

16. Air Terjun Bidadari

Wisata Palembang juga menyuguhkan keindahan alam sepertu Air Terjun Bidadari. Jalan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Bidadari sudah cukup bagus dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil ataupun motor dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Tingginya sekitar 30 meter, lebarnya hingga 10 meter.

17. Kebun Teh Dempo

Kebun teh memang memiliki suasana yang khas dan alami. Udara sejuk dan hamparan hijau daun teh menjadi penyegar mata yang ampuh. Dengan ketinggian 1520 mdpl di kaki Gunung Dempo, kebun yang dikelola oleh PTPN ini menjadi destinasi wisata dengan cuaca yang begitu sejuk.

18. Danau Ranau

Danau ini merupakan danau terbesar kedua yang ada di pulau Sumatra, danau yang memiliki luas 125,9 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata 174 meter dan 229 meter untuk kedalaman maksimal.

Lokasinya berada pada kawasan perbukitan. Karenanya Danau Ranau tidak hanya memiliki pemandangan indah, tapi juga udara yang segar.

19. Air Terjun Maung

Curup Maung memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir menyamai tingginya. Tingkatannya mendekati vertikal dan curam.

Pecahan jalur air terjun ini juga muncul dari sela-sela tanaman yang tumbuh di batu. Karena tergolong baru, pemandangan di sekitar air terjun masih sangat hijau dan alami.

20. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak adalah salah satu peninggalan Belanda yang ada di Kota Palembang. Taman kota ini telah ada semenjak tahun 1900-an dan dibangun sebagai tempat olahraga untuk keturunan Belanda.

Taman dengan luas total 5 hektare ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap seperti taman bermain anak hingga hotspot wi-fi gratis.

21. Riverside Restaurant

Palembang terkenal dengan Jembatan Ampera-nya. Nah, tempat makan satu ini menawarkan panorama Jembatan Ampera yang gagah dan cantik.

Para pengunjung bisa memilih tempat duduk di rooftop untuk bisa menikmati berbagai pemandangan kota. Untuk menu yang ditawarkan di sini ada kuliner khas Palembang, dimsum, cah kangkung, brengkes, menu seafood dan lain-lain.

22. Kedai Tiga Nyonya

Wisata Palembang tak lepas dari kulinernya, salah satunya adalah Kedai Tiga Nyonya. Lokasinya berada di Jl. Kartini No. 6A Palembang. Konsep dari tempat makan ini adalah tempo dulu dan merupakan perpaduan tiga budaya berbeda, ada Indonesia, Belanda, dan juga Tionghoa.

Menu yang ditawarkan di sini sangat beragam dan kaya akan rempah, misalnya saja papeda, asam-asam iga, laksa dan beberapa pilihan lain.

23. Rumah Makan Sri Melayu

Tempat lain yang bisa jadi rujukan saat perut keroncongan adalah Rumah Makan Sri Melayu. Lokasinya berada di Jl. Demang Lebar Daun No. 1, Palembang.

Menu utama yang ditawarkan di sini adalah sop pindang udang sungai. Untuk menu lainnya antara lain pindang udang, pindang ikan, pindang tulang dan masih banyak yang lainnya.

24. Pempek Lince

Siapa yang tidak kenal dengan pempek, kuliner khas Palembang yang sudah sangat populer di Indonesia. Di Palembang sendiri ada banyak lokasi yang begitu populer untuk menyantap pempek, salah satunya adalah Rumah Makan Pempek Lince. Lokasinya berada di Jl. Tugu Mulyo No. 2398, 20 D. I, Ilir Timur Palembang.

25. Sate Wak Din

Sate Wak Din merupakan salah satu legenda kuliner di Palembang. Pasalnya, tempat kuliner ini telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Lokasinya berada d Jl. Azhari 7 Ulu, Palembang. Sate di sini terbuat dari daging sapi dan menggunakan bumbu kecap saja.

Ukurannya yang cukup besar membuat para penikmatnya kegirangan. Hanya makan beberapa tusuk saja sudah kekenyangan.

26. Mie Celor 26 Ilir

Buat Teman Traveler yang ingin menyantap seporsi mie celor dengan rasa mantap, Mie Celor 26 Ilir bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Lokasinya berada di Jl. K.H Ahmad Dahlan, dekat Pasar 26 Ilir. Mie celor di sini memiliki ciri khas kuah kentalnya yang memiliki aroma udang yang sangat kuat.

27. Martabak HAR

Martabak HAR merupakan singkatan dari Haji Abdul Rozak yang merupakan saudagar keturunan India yang telah meninggal pada 2001 yang lalu.

Namun Rumah Makan Martabak HAR masih bertebaran di Palembang. Ini merupakan kuliner yang begitu legendaris di Palembang. Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi adalah yang terdapat di Jl. Jenderal Sudirman, 18 Ilir, Palembang.

28. Pindang Sophia Kertapati

Pindang merupakan kuliner yang banyak tersebar di Palembang. Banyak rumah makan yang menawarkannya. Salah satunya adalah Pindang Sophia yang berlokasi di Kertapati, tepatnya berada di Jl. KH M Asyik Palembang. 

Tempat makan satu ini populer dengan udang galah berukuran jumbo. Selain udangnya, menu lain yang turut digemari para pengunjung yang datang adalah pindang baung, pindang patin, dan aneka sambal.

29. Rumah Makan H. Abuk

Jika Teman Traveler merasa bosan menyantap nasi pindang di Palembang, ada alternatif lain yang bisa dicicipi kelezatannya. Tempatnya adalah Rumah Makan H. Abuk yang menawarkan menu utama nasi minyak.

Perpaduan antara nasi dan minyak samin benar-benar memanjakan lidah. Nah, lokasi tempat kuliner satu ini berada di Jl. Dr. M Isa, 8 Ilir, berdekatan dengan Pasar Kuto Palembang

30. Warung Kopi H. Madina Kuto

Tempat lainnya yang menyuguhkan ragam kuliner khas Palembang dengan rasa yang juara adalah Warung Kopi H. Madina Kuto. Lokasinya berada di Jl. Dr M Isa, juga di sekitaran Pasar Kuto Palembang.

Menu yang ditawarkan sangatlah beragam, namun kebanyakan kuliner khas Palembang. Sebut saja seperti halnya laksa, celimpungan, burgo, nasi uduk dan lain-lain.

31. Arung Jeram Sungai Manna

Sebelum sampai di rute arung jeram, teman traveler akan melakukan trekking dengan melewati kawasan perkebunan warga dengan pemandangan Gunung Dempo. Arung jeram di Sungai Manna membutuhkan waktu 2 jam dari titik awal hingga akhir.

32. Rumah Rakit Sungai Musi

Rumah rakit merupakan jenis bangunan tertua di Palembang, bentuknya seperti rakit dan berada di tepian Sungai Musi. Bangunan dengan atap berbentuk menyerupai pelana ini mengapung selayaknya rakit.

33. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Kota Palembang. Tempat yang dianggap sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini merupakan tempat ibadah dan tempat untuk bertapa keluarga kerajaan.

34. Sungai Gerong

Sungai Gerong merupakan kawasan wisata keluarga yang berada di tepi Sungai Musi. Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas olahraga, taman olahraga, dan penangkaran rusa serta kupu-kupu. Piknik sambil makan siang di sini seru juga, ya.

35. The Amanzi Water park Citra Grand City

Taman wisata air yang telah dibuka semenjak Agustus 2011 ini memiliki berbagai macam wahana. Terdapat 7 wahana air yang menantang namun tetap seru untuk dicoba. Salah satunya adalah seluncur air dengan ketinggian 14 meter serta panjang 90 meter.

36. Waterboom OPI Jakabaring

Taman wisata air dengan luas lahan sebesar 3 hektar ini memiliki berbagai macam wahana air yang seru. Salah satunya adalah smash down, wahana berupa slide 3 lintasan dengan ketinggian 12,5 meter dan panjang lintasan 45 meter.

37. Fantasy Island

Fantasy Island dilengkapi dengan berbagai wahana permainan. Ada banyak wahana yang digemari oleh pengunjung yaitu Play Pool, Sky, Tsunami River, Water Boom, Dragon Tower, Bun Slide, Go Kart, kereta gantung, arena bermain anak, hingga sepeda air.

38. Goa Putri

Gua Putri ini memiliki panjang lebih dari 150 meter ini telah berumur sekitar 350 tahun. Pada tempat ini terdapat sebuah batu yang dinamakan dengan Batu Putri yang konon merupakan jelmaan dari Putri Balian akibat sumpah dari Si Pahit Lidah

39. Gunung Dempo

Gunung Dempo merupakan puncak tertinggi di Sumatra Selatan, tingginya mencapai 3.195 mdpl. Pemandangan yang indah di sekitarnya menjadikan tempat ini sebagai destinasi andalan saat akhir pekan tiba. Ditambah lagi dengan berbagai macam wahana wisata di sekitar lerengnya.

40. Danau OPI

Danau OPI dapat menjadi penyejuk pikiran di tengah panasnya cuaca Palembang. Danau OPI ini khusus dibuat oleh pemerintah Kota Palembang untuk PON cabang olah raga dayung. Namun pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam kegiatan air seperti sepeda bebek dan banana boat.

41. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya tidak hanya memiliki keraton, tapi juga berupa taman cantik di masa lalu. Namanya Taman Sriksetra yang kini disebut Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Selain bangunan kuno, di sini juga ada bendungan serta kolam.

42. Museum Tekstil Palembang

Destinasi wisata berikutnya yang bisa teman traveler kunjungi adalah Museum Tekstil di Jalan Merdeka No. 9, Bukit Kecil, Palembang. Bangunannya boleh tua, tapi arsitektur unik bergaya Eropa masih terjaga dengan baik.

43. Monumen Perjuangan Rakyat

Sebagai simbol peringatan perjuangan pejuang saat perang 5 hari 5 malam di Palembang, dibangunlah Monumen Perjuangan Rakyat atau Monpera. Bentuknya menyerupai bungai melati dengan 5 kelopak. Letaknya dekat dengan Masjid Agung dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

44. Tugu Belido

Jika Singapura terkenal dengan Patung Merlion, Palembang punya Tugu Belido yang jadi ikon baru di kota ini. Bentuknya serupa dengan ikan belido berukuran raksasa yang menyemburkan air dari mulutnya.

45. Klenteng Chandra Nadi

Tempat ibadah yang berusia ratusan tahun tidak hanya masjid, tapi juga klenteng. Salah satunya Klenteng Tri Dharma Chanda Nadi yang berdiri tahun 1733. Tempatnya eksotis dengan dominasi warna merah di setiap sudutnya.

46. Masjid H. Bayumi Wahab
Tempat ibadah umat Islam yang megah di Palembang tidak hanya Masjid Agung saja. Teman traveler juga bisa mampir ke Masjid H. Bayumi Wahab yang arsitekturnya menakjubkan. Lokasinya memang di Kabupaten Ogan Ilir, tapi tak jauh dari pusat Kota Palembang.

47. G Art Studio

Hobi berswafoto? G Art Studio yang berlokasi di lantai dua gedung Gramedia World Palembang bisa jadi rekomendasi untuk Teman Traveler. Museum kekinian ini menawarkan spot foto tricky eyes tiga dimensi yang menakjubkan. Yakin, bakalan betah.

48. Kopi Roda

Bangunan tua yang masih terjaga ini terletak di Jalan Segara 14 Ilir Palembang. Kopi Roda yang berdiri sejak tahun 1930 tersebut, dulunya merupakan tempat penggilingan kopi. Sayangnya, bangunan berarsitektur Belanda ini tak lagi beroperasi.

49. Taman Kambang Iwak Besak

Rencana liburan ke Palembang jangan hanya jadi wacana. Banyak tempat menarik yang bikin betah. Termasuk taman Kambang Iwak Besak di Jalan Tasik, Talang Semut yang sudah didekorasi untuk menyambut Asian Games 2018.

50. Sekanak Sidewalk

Selain Taman Kambang Iwak Besak, ada juga Sekanak Side Walk yang menarik dengan jalanan bercat warna-warni. Tembok di kawasan Sungai Sekanak ini juga dilukis mural.

51. Pempek Saga Sudi Mampir

Pempek Saga Sudi Mampir juga salah satu lokasi berburu pempek yang layak dicoba. Lokasinya berada di Jl. Merdeka, No. 22, Ilir, Bukir Kecil, tepatnya di seberang Kantor Walikota Palembang. Seperti namanya, tempat makan ini menyediakan menu utama pempek, tapi es kacang merahnya perlu dicoba juga.

52. Es Kacang Merah Mamat

Ini termasuk salah satu kuliner legendaris di Palembang karena sudah berjualan sejak tahun 1984. Lokasinya berada di Jl. Kebon Manggis, Kepandean Baru, Ilir Tim. I, Palembang. Seporsi es kacang merah yang menyegarkan. Boleh dicoba saat jelajah di Palembang.

53. Pindang Patin Ibu Ucha

Lokasi lain yang bisa dicoba untuk dicicipi kenikmatan kulinernya adalah Pindang Patin Ibu Ucha. Lokasinya berada di Jl. Demang Lebar Daun, No. 14, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang. Menu utama di sini adalah pindang patin yang sangat kaya rempat dengan citarasa yang begitu istimewa. Kuah kaya rempahnya bikin nafsu makan meningkat hebat.

54. Pempek Candy

Lokasi lain menyantap pempek adalah di Pempek Candy. Lokasi ini terkenal menyuguhkan pempek yang garing di luar dan empuk di dalalam. Outletnya banyak tersebar di penjuru kota Palembang. Namun salah satu lokasi yang cukup populer adalah yang berada di Jl. Letjen Harun Sohar, Kebun Bunga, Sukarami, Palembang.

55. Serendipity Cafe

Jika sebelum-sebelumnya disuguhkan banyak tempat kuliner khas, ini ada tempat hangout yang menyuguhkan banyak menu yang enak. Lokasinya bernuansa outdoor yang menyatu dengan alam. Menunya antara lain baked pasta, chicken wings, dan lain-lain. Alamatnya berada di Jl. AKBP Cek Agus, No. 284, Ilir Timur II.

56. B777 Sky Kitchen

Ini merupakan restoran yang memiliki konsep yang begitu unik. Desain interiornya disulap menjadi kabin pesawat. Menu yang ditawarkan antara lain spicy noodle, ufo tom yum, seafood noodle, mie ayam kuah cha cha, dan lain-lain. Lokasinya berada di Komplek Palembang Square yang ada di Jl. Angkatan 45, Lorok Pakjo.

57. Seoul Restaurant

Buat generasi muda yang gemar kuliner khas Negeri Gingseng tak perlu khawatir, Palembang juga menyuguhkan tempat makan dengan konsep Korea. Nama tempatnya adalah Seoul Restaurant yang berada di Jl. Mayor Santoso No. 1540 C/D, Ilir Timur 1. Menunya berbagai kuliner khas Korea, mulai dari bibimbab, daging BBQ, dan lain-lain.

58. Rumah Makan Musi Rawas

Tempoyak merupakan salah satu kuliner hasil fermentasi yang juga terkenal di Palembang. Rumah Makan Pindang Musi Rawas dikenal memiliki tempoyak paling enak. Lokasinya berada di Jl. Angkatan 45, No. 18, Lorok Pakjo, Ilir Barat, Palembang. Seperti namanya, selain tempoyak, tempat kuliner satu ini juga menawarkan pindang yang lezat.

59. Chicken Story

Ini merupakan restoran bergaya kafe yang berlokasi di Palembang Icon, yang berada di Jl. POM IX, Ilir Barat I. Menu-menu yang ditawarkan antara lain ayam goreng, ayam bakar, nasi goreng, lele, bahkan roti bakar juga ada.

Bisa delivery jika Teman Traveler tak sempat berkunjung. Kuliner Palembang yang ada di sini termasuk juara deh.

60. Sushi So

Di Palembang juga ada tempat makan yang menawarkan kuliner ala Jepang, namanya adalah Sushi So. Lokasinya berada di Palembang Trade Center yang berada di Jl. Rajawali No. 1174, Ilir Timur II. Di sini menyediakan sushi, bento dan beberapa makanan khas Jepang.

Wah, ternyata ada banyak banget pilihan wisata Palembang yang bisa kunjungi. Wisata Palembang memang juaranya bikin senang, ya. Mana nih yang sudah pernah kamu kunjungi?