Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkunjung ke Palembang? 7 Tempat Bersejarah ini Wajib anda Kunjungi

Tempat wisata di Palembang yang terkenal bukan hanya Jembatan Ampera, ada banyak juga lho lokasi wisata yang bisa dikunjungi.

Kota ini menyimpan berbagai macam destinasi wisata yang tidak kalah cantiknya dengan lokasi wisata di pulau-pulau timur Sumatra. Selain punya wisata jembatan Ampera yang menjadi ikon kota, ada juga restoran Apung di Benteng Kuto Besak. Unik bukan?

Berikut 7 tempat wisata di Palembang yang bisa menjadi rekomendasi traveler kalau lagi berlibur ke sana:

1. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera Kota Palembang
Ikon Palembang yang satu ini dahulu dinamakan Jembatan Musi karena terletak di Sungai Musi, maka kurang afdol kalau Traveler datang ke Palembang, tapi tidak ke Jembatan Ampera.

Sungai Musi yang menyaksikan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dibangun jembatan untuk menyambungkan dua sisi Palembang.

Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera, memancing di Sungai Musi, sampai menyantap makanan khas Palembang di sekitar situs sungai

2. Benteng Kuto Besak

Nah, destinasi wisata di Palembang ini letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera. Jadi Travelers bisa mengunjungi jembatan ikonik tersebut dan singgah ke lokasi wisata selanjutnya, Benteng Kuto Besak.

Dahulu menjadi bukti sejarah Kesultanan Palembang, kini Benteng Kuto Besak dijadikan markas militer oleh pemerintah dan pengunjung tidak dapat memasuki area utama benteng. Namun, jangan sedih! Pengunjung masih bisa melihat lokasi wisata di plaza Benteng Kuto Besak yang terletak di depan bangunan.

Sisi belakang benteng ini juga menyimpan restoran tepi sungai dan juga warung terapung untuk memberi pengunjungnya pengalaman unik yang tak terlupakan. Ketika malam hari, lokasi ini juga dipenuhi oleh pedagang makanan lainnya.

3. Gunung Dempo
Gunung Dempo di Pagaralam Foto: (Rian Pratama/d'Traveler)
Untuk Traveler yang suka mendaki gunung, destinasi ini menjadi tempat yang pas untuk berlibur, bertualang, sekaligus berolahraga.

Gunung Dempo yang memiliki ketinggian 3.159 mdpl dan menduduki posisi 3 besar gunung tertinggi di daerah pulau Sumatra.

4. Sekanak Sidewalk

Lagi-lagi Sungai Musi mampu memberikan destinasi wisata baru bagi Palembang. Sekanak Sidewalk adalah lokasi wisata baru Palembang yang berdampingan dengan Sungai Musi.

Kalau ingat Palembang sebagai salah satu kota dilaksanakannya Asian Games 2018, Sekanak Sidewalk adalah salah satu tempat wisatawan yang diresmikan untuk menyambut pertandingan olahraga Asia tersebut.

Memiliki khas cat yang berwarna-warni, tempat ini cocok untuk kalian yang ingin berswafoto estetik dan instagrammable di Palembang.

5. Kampung Arab Palembang, Al-Munawar

Kampung Arab Palembang yang bernama Al-Munawar juga merupakan salah satu tempat wisata Palembang yang dipersiapkan untuk Asian Games dan siap dikunjungi pada tahun 2017.

Rumah tua di daerah kampung ini menjadi sorotan utama wisatawan yang berkunjung. Memiliki panorama rumah klasik dengan bahan bangunan asal Eropa, Travelers bisa mengambil foto dengan bangunan bersejarah yang masih dihuni oleh warga Indonesia keturunan Arab.

6. Danau Ranau
Lokasi ini memang memiliki akses masuk yang sangat mudah bagi pengunjungnya, anda akan merasakan keindahan Danau Ranau yang mempesona. 

7. Amanzi Waterpark

Berbeda dari 6 rekomendasi sebelumnya yang memiliki unsur alam dan sejarah, Amanzi Waterpark cocok untuk liburan keluarga karena menyediakan kolam renang dengan wahana slide besar melingkar untuk Travelers yang menyukai wisata air dan tantangannya.

Tersedia wahana River Nile, The Velocity, The Raft, Zimba and Cora Pool, Zimba Zone, The Falls, dan Cyclone..