Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Air Terjun di Palembang Paling Mempesona

Palembang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan. Kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera nya yang ikonik ini menyimpan banyak tempat wisata eksotis yang sayang banget untuk dilewatkan.

Diantara banyaknya spot wisata yang, ternyata ada spot Air Terjun yang jadi destinasi favorit para wisatawan, yaitu air terjun yang eksotis.

Keindahan Air Terjun di Palembang ini mampu Menyejukkan anda. Jadi jangan sampai terlewat kan spot air terjun ini ketika Anda berkunjung ke Palembang. Penasaran ada apa aja?

1. Air Terjun Temam / Niagara Mini Lubuk Linggau
Pernah dengar soal air terjun Niagara nggak nih? Air terjun Temam ini memiliki visual dan pemandangan yang mirip dengan air terjun legendaris tersebut.

Meski hanya memiliki tinggi sekitar 12 meter dan lebar 26 meter, kecantikan air terjun ini akan mencuri hati kamu. Di bawah air terjun, terdapat kolam alami dengan kedalaman 4 meter.

Kolam ini biasanya digunakan anak-anak yang tinggal di sekitar sana untuk loncat dari atas jembatan. Air terjun ini juga berada di aliran sungai Temam. Di atasnya terdapat sebuah jembatan gantung yang melintang 100 meter, jadi para pengunjung bisa melihat air terjun dari sini. Tentunya dengan sudut pandang yang mengagumkan

2. Air Terjun Cughup Embun
Cughup embun ini lokasinya nggak jauh dari Kota Pagaralam. Kesejukannya akan makin terasa karena berada tepat di kaki gunung dempo, lho. Lokasi tepatnya, berada di Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara.

Saat mengunjungi wisata air terjun ini, kamu akan disambut dengan indahnya panorama perkebunan teh yang berpadu sempurna dengan eksotisme air terjun.

Kecantikan Cughup Embun makin paripurna dengan rimbun pepohonan tinggi kehijauan yang menambah suasana makin asri.

3. Cughup Maung 
Cughup Maung menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang memiliki keunikan.

Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini memiliki aliran air yang terbagi-bagi oleh dinding jurang dan rerumputan hijau. Hal ini yang menjadikan Cughup Maung terlihat indah dengan deras aliran air yang berbeda dari air terjun kebanyakan.

Nggak heran, air terjun ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Cughup Maung sendiri berlokasi di Kabupaten Lahat, Kecamatan Gumay Ulu.

4. Cughup Tujuh Kenangan 
Cughup Tujuh Kenangan terdapat kolam berair jernih dan perosotan dari batuan alam yang selalu dialiri air. Oh iya, kamu juga bisa menikmati kecantikan kupu-kupu kuning yang beterbangan di sekitar air terjun.

Cughup Tujuh Kenangan berlokasi di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam. Nantinya, kamu harus jalan sejauh 500 meter dan melewati area perkebunan kopi agar sampai di air terjun ini.

5. Cughup Panjang
Masih berlokasi di Kabupaten Lahat, kali ini ada Cughup Panjang yang juga menarik buat dikunjungi.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50-60 meter. Kecantikannya makin memesona dengan pepohonan rimbun dan besar yang mengelilingi aliran air terjun.

Menariknya, di sini kamu bisa menemui berbagai hewan langka seperti siamang, kalong, simpai, burung Enggang yang jadi penghuni hutan yang mengelilingi air terjun ini.

Kalau tertarik ke sini, Cughup Panjang berlokasi di Kabupaten Lahar, berjarak 2 kilometer dari Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang.

6. Cughup Buloh

Cughup Buloh jadi destinasi air terjun berikutnya yang juga nggak boleh dilewatkan. Jika biasanya air terjun hanya memiliki satu atau dua aliran air, Cughup Buloh memiliki perbedaan.

Aliran airnya mengalir deras pada undakan-undakan batu. Hal ini membuatnya terlihat sangat indah, lho. Suasana asri dari pepohonan rindang di sekelilingnya juga menambah keindahan makin sempurna.

Air terjun ini berlokasi di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kota Lahat. Waktu tempuh dari Kota Lahat ke Desa Lubuk Selo sendiri sekitar 50 menit.

Kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan motor atau mobil pribadi. Setelah sampai di desa, kamu bakal membutuhkan waktu 20 – 25 menit menelusuri kebun warga dan trekking mencapai air terjun

7. Air Terjun Bedugung

Air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 99 meter, lho.

Pemandangan alamnya yang ditawarkan air terjun Bedugung ini juga begitu memukau. Keunikan dari air terjun ini adalah aliran airnya yang berasal dari celah bukit yang nggak pernah kering.

Di bagian bawah, aliran air ini membentuk sungai kecil yang diselingi batuan besar. Air Terjun Bedegung berlokasi di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Kamu akan menempuh 1,5 - 2 jam perjalanan dengan jarak 177 km menuju lokasi ini dari Palembang. Jalan darat menuju obyek wisata ini bisa dilewati bus ataupun kendaraan pribadi.

8. Cughup Lematang Indah

Destinasi Populer di Kalangan Wisatawan yang mempesona. Cughup Lematang Indah merupakan salah satu destinasi air terjun yang populer di kalangan masyarakat sekitar dan wisatawan.

Air terjun ini sudah dikelola menjadi objek wisata dengan fasilitas cukup lengkap. Keindahan air terjun dengan ketinggian 100 meter ini nggak perlu diragukan lagi deh! Berada di Kelurahan Perahudipo, Lokasinya juga sangat strategis, sekitar 200 meter dari jalan raya Pagaralam-Lahat.

Menariknya, aliran air terjun yang cukup deras di Cughup Lematang Indah seringali dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram, lho.

9. Cughup Selingsing

Cughup selingsing juga memiliki bentuk air terjun melintang, mirip dengan Niagara. Bedanya dengan air terjun Temam, air terjun ini terlihat lebih pendek. Air terjun ini juga jadi favorit wisatawan.

Nama Selingsing ini diambil dari perkebunan karet yang ada di wilayah Sungai Selingsing. Sumber air dari cughup ini juga berasal dari sungai tersebut.

Air terjun ini berlokasi di Dusun III, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim. Akses menuju air terjun ini juga nggak susah kok, sobat tiket! Menjelajahi Wisata Air Terjun di Palembang Ternyata Seru! Terkenal akan keindahan pesona alamnya, air terjun di Palembang jadi wisata primadona yang digemari.

Ada banyak deretan air terjun indah yang harus dikunjungi. Selain wisata alam seperti air terjun, kamu juga bisa mengunjungi wisata budaya Palembang ini, lho!.